Pernah berkunjung atau ingin ke Australia? Jika ya, maka pastikan tahu sejarah Australia yang jarang diketahui orang ini.

Ikuti artikel Finansialku berikut ini tentang fakta menariknya, yuk.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Australia, Destinasi Wisata yang Unik dan Menarik

Berada di sebelah selatan Indonesia, laut Australia berbatasan secara langsung dengan Indonesia. Negara yang sekaligus merangkap menjadi salah satu benua di dunia ini memiliki berbagai fakta unik dan menarik.

Termasuk dengan adanya Kanguru merah, yang merupakan hewan endemik negara ini. Bahkan, barisan terumbu karang terbesar di dunia, Great Barrier Reef, juga bisa ditemukan di benua yang satu ini.

 

Informasi Lengkap Seputar Sejarah Australia

Meskipun disebut sebagai benua yang terisolasi, benua Australia mampu berkembang dengan pesat, tidak stagnan pada kondisi. Apabila ditinjau dari segi historisnya pun akan didapatkan beragam fakta yang sangat menarik.

Di bawah ini akan diulas lengkap mengenai sejarah dari negara yang ada di sebelah Indonesia ini, sejak awal ditemukannya hingga keadaannya sekarang.

 

#1 Pertama Kali Ditemukan oleh Pemimpin Belanda

Sejarah yang melingkupinya diawali dengan proses penemuannya pertama kali oleh sebuah kapal yang dipimpin oleh kapten dari Belanda, Kapten Willem Janszoon. Penemuan ini terjadi pada abad ke-17, tepatnya pada tahun 1606.

Setelah ditemukan, para imigran dari Eropa berbondong-bondong untuk melakukan eksplorasi terhadap negeri kanguru, tetangga Indonesia. Hingga akhirnya keberadaan mereka mendominasi penduduk asal.

KEREN! Ternyata Ini Sejarah Australia yang Jarang Diketahui Orang! 01 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Tempat Bersejarah di Indonesia Untuk Wisata Edukasi]

 

#2 Inggris Datang Untuk Mengambil Alih

Pada tahun 1770, di bawah pimpinan Kapten James Cook, Inggris datang untuk melakukan penguasaan terhadap negeri sebelah benua Asia ini.

Tidak hanya itu, mereka juga mengklaim bahwa daerah bagian timur wilayah tersebut merupakan wilayah kekuasaannya. Dengan kata lain, menjadi koloni Inggris.

Ditambah lagi dengan adanya revolusi Inggris yang menyebabkan peningkatan kriminalitas dalam kota-kota Inggris, sehingga para napi diasingkan ke daerah koloninya.

Seiring berjalannya waktu, para napi yang dibawa oleh Inggris bebas dan melakukan eksploitasi terhadap tanah yang ditempatinya itu. Sampai pada tahun 1868, kebijakan untuk mengasingkan narapidana dihentikan oleh Inggris.

 

#3 Terbagi Menjadi Enam Koloni

Lambat laun, penduduk aslinya, yaitu suku Aborigin mulai tergeser dengan terus bertambahnya imigran yang datang. Para orang-orang Eropa yang telah menyinggahi pulau tersebut lantas menciptakan koloni-koloni baru.

Hingga terbentuklah enam koloni dalam satu benua sebelum tahun 1900, yaitu Tasmania, New South Wales, Australia Barat, Australia Selatan, Queensland, dan Victoria.

Kemudian, muncul ide yang menjelma menjadi sebuah tuntutan untuk membentuk negara federasi. Dengan alasan, agar sistem pemerintahan berjalan secara sistematis.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

15 Ebook Perencanaan Keuangan 20an

 

#4 Melakukan Revolusi Bercorak Federasi

Pada tanggal 29 Januari sampai 3 Februari tahun 1899, digelar sebuah pertemuan tertutup yang dihadiri oleh perwakilan dari setiap koloni. Rapat ini ditujukan untuk menyelesaikan pertentangan karena perbedaan kepentingan.

Seluruh koloni sepakat untuk mengadakan sebuah referendum terhadap rancangan konstitusi federasi. Hasilnya, mayoritas suara menyatakan setuju. Maka dari itu, pada tanggal 1901 negara federasi persemakmuran resmi terbentuk.

 

#5 Lahirnya Negara Persemakmuran Mandiri

Tahun 1931, Inggris menerbitkan Statuta Westminster, yang menyatakan bahwa negara persemakmuran Inggris telah dinyatakan merdeka dan berdaulat. Artinya, seluruh negara persemakmuran berhak mengambil kebijakan dan mengelola negaranya sendiri.

Australia tetap mengakui ratu Inggris, yang diwakilkan oleh gubernur jenderal yang menjabat sebagai kepala negara. Namun, dalam praktiknya, gubernur jenderal hanya sebagai simbol.

 

Keadaan Geografis dan Kondisi Penduduk Australia Kini

Menilik dari keadaan geografisnya, iklim di Australia terbagi ke dalam tiga jenis. Bagian utara negara ini beriklim tropis, daerah selatan beriklim sedang, dan sebelah barat wilayah ini memiliki iklim gurun.

Mengenai komposisi penduduknya, saat ini, penduduk di dalamnya didominasi oleh bangsa Inggris. Kini, banyak orang yang merupakan penduduk pendatang dari berbagai penjuru dunia.

KEREN! Ternyata Ini Sejarah Australia yang Jarang Diketahui Orang! 02 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Tempat Bersejarah di Indonesia Untuk Wisata Budaya]

 

Itulah sejarah negeri kanguru yang jarang diketahui. Apakah kamu berencana mengunjungi negara ini? Ayo, rencanakan liburan kamu dengan fitur Rencana Keuangan Dana Liburan dalam aplikasi Finansialku.

Dengan fitur ini, kamu bisa mengetahui berapa dana yang harus kamu siapkan untuk liburan kamu sesuai dengan keuangan kamu, lho.

Yuk, download aplikasinya dan rencanakan liburan kamu sekarang.

playstore icon
appstore icon

 

Wah, ternyata fakta unik di atas sangat menarik bukan? Ya, karena itulah jangan lupa untuk berbagi informasi bermanfaat tersebut pada orang terdekat, terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Sejarah Berdirinya Negara Persemakmuran Australia. Re-tawon.com – https://bit.ly/31c9ZbU
  • Admin. Sejarah Berdirinya Negara Persemakmuran Australia. Australia.com – https://bit.ly/3o0t5vi
  • Dita Feby Indriani. Sejarah Kemerdekaan Australia Singkat dan Lengkap. Sejarahlengkap.com – https://bit.ly/3k3QF8k

 

Sumber Gambar:

  • Australia 1 – https://bit.ly/344zwpt
  • Australia 2 – https://bit.ly/3k6iPzx