Bagaimana cara belajar keuangan keluarga? Perencana keuangan independen Finansialku akan berbagi tips mengenai bagaimana cara belajar keuangan keluarga dari yang paling sederhana hingga sampai yang paling menyenangkan.

 

Rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 Bagaimana Cara Belajar Keuangan Keluarga

Finansialku pernah beberapa kali membagikan pentingnya pendidikan keuangan keluarga dan piramida pembelajaran (cone of learning) versi Edgar Gale. Berikut ini gambar piramida pembelajaran?

 

Piramida Pembelajaran - Perencana Keuangan Independen Finansialku - Belajar Keuangan Keluarga

Berdasarkan gambar di atas, pemahaman seseorang akan meningkat dari mulai membaca, mendengarkan, melihat hingga praktek langsung. Nah bagaimana dengan cara belajar keuangan keluarga?

Finansialku merasa cara belajar keuangan keluarga dilakukan dengan cara yang sama. Pendekatan awal dilakukan dengan pendekatan pembelajaran pasif, kemudian dilanjutkan dengan pendekatan pembelajaran aktif.

Pertama-tama seseorang harus belajar mulai dari pembelajaran pasif, dengan cara membaca buku atau artikel. Kemudian pembelajaran dilanjutkan dengan mengikuti kelas, mendengarkan seminar mengenai keuangan keluarga. Tahap ketiga cara belajar keuangan keluarga adalah melihat gambar. Finansialku sebagai perancana keuangan independen dan tim kreatif akan membuat gambar-gambar (infographic) yang memberikan gambar-gambar  lucu mengenai keuangan keluarga.

Setelah melihat gambar, tahapan selanjutnya adalah mendengar dan melihat, contoh melalui menonton film, melihat pameran produk-produk keuangan, melihat demonstrasi cara perdagangan saham atau cara membeli reksadana online dan melihat prakteknya langsung.

Tahapan kedua adalah pembelajaran dengan pendekatan aktif, melalui diskusi. Menjadi pembicara di grup kecil (paling tidak membicarakan topik keuangan keluarga bersama teman), membuat presentasi, simulasi dan praktek langsung. Finansialku akan membahas lebih dalam mengenai simulasi.

 

Belajar Keuangan Keluarga melalui Seminar

Belajar keuangan keluarga melalui seminar adalah cara yang paling mudah dan cepat untuk mendapatkan gambaran mengenai keuangan keluarga. Finansialku sebagai salah satu perusahaan perencana keuangan independen di Indonesia juga mengadakan seminar-seminar keuangan keluarga. Untuk informasi lebih lengkap, teman-teman dapat melihat brosur topik-topik keuangan keluarga.

Speak at Your Event Seminar Pelatihan Arisan Perencanaan Keuangan Hubungi Finansialku sebagai Pembicara di Event Anda

 

Belajar Keuangan Keluarga melalui Simulasi

Pembelajaran melalui membaca, mendengar dan seminar harus ditindaklanjuti dengan pembelajaran aktif. Salah satu bentuknya adalah pembelajaran dengan simulasi. Finansialku juga pernah membahas permainan CashFlow sebagai salah satu cara belajar keuangan keluarga. Permainan ini dibuat dan dijual oleh RichDad company. Finansialku tidak menjual permainan cashflow, tetapi kami menggunakan permainan ini sebagai salah satu cara belajar keuangan keluarga.

 

Berikut ini tampilan permainan cashflow:

 

Pertama-tama Anda akan diminta untuk menentukan tujuan keuangan Anda. Nah Anda akan diberi sebuah profesi lengkap dengan penghasilan, pengeluaran dan cicilan utang. Di papan cashflow terdapat dua jalur yaitu jalur lambat yang berbentuk lingkaran di tengah dan jalur cepat yang mengelilingi papan.

Setelah Anda menentukan tujuan keuangan, Anda akan memulai permainan dari jalur lambat. Tujuan pertama adalah Anda harus mendapatkan pendapatan pasif sebesar pengeluaran tahunan Anda atau lebih. Jika Anda berhasil keluar dari jalur lambat, Anda akan masuk ke jalur cepat untuk memenuhi tujuan keuangan Anda.

 

 

Finansialku akan berbagi beberapa pelajaran dari permainan cashflow. Untuk pelajaran lebih lengkapnya silahkan Anda coba beli permainan CashFlow dan mainkan.

  1. Gunakan utang produktif untuk membeli asset.
  2. Lunasi utang konsumtif.
  3. Memiliki dana darurat sebesar 1 tahun.
  4. Jangan memiliki terlalu banyak anak.
  5. Hati-hati dengan pengeluaran yang sifatnya WOW atau tidak perlu.
  6. Silahkan Anda isikan … (silahkan tulis di comment).

 

Kesimpulan

Cara belajar keuangan keluarga terdiri dari banyak cara, baik pendekatan yang pasif maupun aktif. Finansialku menyarankan Anda untuk melakukan pembelajaran secara pasif terlebih dahulu, melalui membaca buku, artikel, mengikuti seminar keuangan keluarga. Setelah itu lakukan juga dengan simulasi permainan CashFlow. Semoga teman-teman dapat menguasai keuangan keluarga dengan lebih cepat dan menyenangkan.

 

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan

dan ayo mulai menetapkan tujuan keuangan Anda! 

Ebook Perencanaan Keuangan (Menetapkan Tujuan dan Mewujudkannya)

Download Sekarang

 

Baca E-Magazines #IndonesianDreams

Edisi Febuari 2015

Baca E Magazine Sekarang!