Perpindahan beberapa rute penerbangan dari bandara Husein siap dipindahkan ke bandara Kertajati pada 1 Juli 2019.

Agar lebih jelas, Mari simak artikel berikut ini. selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Bandara Kertajati Mulai Beroperasi

Bandara Kertajati sudah mulai melayani penerbangan domestik dengan pesawat jet pada Minggu, 30 Juni 2019. Penerbangan AirAsia Indonesia dan Garuda Indonesia memulai debut pertamanya di bandara ini.

Penerbangan ini akan menjadi pembuka aktivitas di bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati setelah pengalihan rute penerbangan dari bandara Husein Sastranegara Bandung.

Untuk penerbangan Bali-Kertajati bernomor QZ 720 yang berangkat pada pukul 07.10 WIB dan tiba pada 08.00 WIT.

Sedangkan sebaliknya, Kertajati-Denpasar bernomor QZ 721 berangkat pukul 8:25 WIT dan tiba pukul 11.15 WIB setiap harinya. Angkasa Pura II dalam keterangannya menjelaskan:

“Adapun seluruh penerbangan domestik dengan pesawat jet akan pindah dari Husein Sastranegara ke Kertajati paling lambat 1 Juli 2019.”

Penerbangan di Husein Dipindah ke Bandara Kertajati 1 Juli 2019 02 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Bandara Terbaik di Dunia Tahun 2019. Bandara Soekarno-Hatta Diurutan Berapa Ya?]

 

Pada penerbangan itu tercatat ada sebanyak 133 penumpang yang mendarat. Rinciannya, 110 penumpang dewasa, 20 penumpang anak-anak, dan 3 penumpang infant (hamil).

Sedangkan yang berangkat menuju Bali ada sebanyak 143 orang. Rinciannya 124 penumpang dewasa, 17 penumpang anak-anak,dan 2 infant (hamil).

Ada lima pergerakan pesawat yang melakukan pendaratan dan terbang dari bandara Kertajati, yaitu AirAsia dengan tujuan Bali-Kertajati dan Kertajati-Bali, Garuda Indonesia tujuan Bali-Kertajati (hanya mendarat).

Lion Air tujuan Pontianak-Kertajati (hanya mendarat) dan Lion Air tujuan Lombok Praya-Kertajati.

Bandara Kertajati saat ini memiliki kapasitas 5 juta penumpang per tahun dan nantinya dilakukan pengembangan hingga kapasitas meningkat menjadi sekitar 29,3 juta penumpang  per tahun.

Menurut Direktur PT BIJB, Muhammad Singgih menilai pengalihan rute yang berbarengan dengan musim liburan sekolah ini berdampak pada peningkatan jumlah penumpang pesawat.

Ia menjelaskan jika load factor dari Husein ke bandara Kertajati mulai menunjukan peningkatan seiring dimulainya penerbangan pesawat bermesin jet dan rute luar Jawa dari bandara tersebut. Singgih mengatakan:

“Kondisi yang ada membuktikan konsumen tetap terbang dari Kertajati, jadi peralihan dari Bandung ini tidak menjadi masalah.”

 

Penerbangan Kertajati-Denpasar memang menjadi penerbangan favorit di bandara Kertajati setelah pemindahan penerbangan dari bandara Husein Sastranegara Bandung.

Hampir semua maskapai akan membuka penerbangan di bandara Kabupaten Majalengka tersebut dengan penerbangan ke Denpasar dan rute sebaliknya mulai 1 Juli 2019.

Selain tiga penerbangan Denpasar, Lion Air akan melayani penerbangan dari Kertajati ke Makassar, Pekanbaru, Balikpapan, Banjarmasin, Medan, Batam, Surabaya, Lombok dan Pontianak.

Sales District Manager Citilink, Ariwibowo Setio pun berharap semua penerbangan di Kertajati ini berlangsung lancar sesuai jadwal setelah pemindahan sejumlah penerbangannya dari bandara Husein Sastranegara.

Setelah perpindahan penerbangan domestik dengan tipe pesawat jet ke BIJB Kertajati, rata-rata jumlah penumpang bandara Husein Sastranegara adalah 1.440 Pax domestik dan 810 Pax internasional, dengan total 3.060 Pax.

Jangan sampai ketinggalan, Anda bisa tonton video fakta-fakta bandara Kertajati melalui channel Youtube Finansialku berikut ini:

 

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel di atas? Berikan tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah ini.

 Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Muhammad Choirul Anwar. 30 Juni 2019. Mulai Minggu, Pindah Terbang Husein-Kertajati Terakhir 1 Juli. Cnbcindonesia.com – http://bit.ly/326utBZ
  • Eko Sutriyanto. 29 Juni 2019. Sejumlah Penerbangan di Bandara Husein Dipindah ke Kertajati. Tribunnews.com – http://bit.ly/3067xkp

 

Sumber Gambar:

  • Kertajati 1 – http://bit.ly/2LqxNlc
  • Kertajati 2 – http://bit.ly/2FGzLKE