Selain suku bunga acuan, tingkat suku bunga deposit facility dan bunga lending facility masing-masing juga tetap di 2,75 persen dan 4,25 persen

Ketahui selengkapnya dalam artikel Finansialku berikut ini!

 

Suku Bunga Acuan Maret 2021

Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan alias BI 7 days reverse repo rate sebesar 3,5 persen pada Maret 2021.

Keputusan ini terjadi dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia yang diselenggarakan pada 17-18 Maret 2021 lalu.

Selain suku bunga acuan, tingkat suku bunga deposit facility dan bunga lending facility masing-masing juga tetap di 2,75 persen dan 4,25 persen.

Gubernur BI Perry Warjiyo memaparkan keputusan penurunan suku bunga acuan pada bulan ini mempertimbangkan kondisi ekonomi dan keuangan global dan nasional.

Dari global, ia mengatakan laju pertumbuhan ekonominya berpotensi lebih tinggi, khususnya di negara-negara yang mampu mengakselerasi vaksinasi Covid-19 dan memberi stimulus fiskal yang besar.

Proyeksinya, ekonomi global akan lebih tinggi dari asumsi awal sebesar 5,1 persen. Perbaikan ditopang oleh ekonomi Amerika Serikat, China, hingga India. Salah satunya karena persetujuan stimulus fiskal AS mencapai US$1,9 triliun dari Joe Biden.

Bank Indonesia Tahan Suku Bunga Acuan Di Level 3,50% Maret 2021 02

[Baca Juga: Yes! Bank BTN Pangkas Bunga Kredit, KPR Dapat Jatah Paling Gede]

 

Untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional lebih lanjut, Perry mengatakan BI akan lebih mengoptimalkan kebijakan makroprudensial akomodatif, akselerasi pendalaman pasar keuangan, dukungan kebijkaan internasional, dan akselerasi digitalisasi sistem pembayaran.

“Sejalan dengan pemulihan tersebut, volume perdagangan dan harga komoditas juga terus meningkat, sehingga mendukung kinerja ekspor negara berkembang, termasuk Indonesia,” ujarnya, sebagaimana mengutip dari laman cnnindonesia,com, Jumat (19/03).

Sekedar informasi, BI turut mencatat rata-rata suku bunga Pasar Uang Antar Bank 2,09 persen, suku bunga deposito 4,06 persen, dan kredit modal kerja 9,72 persen.

“Namun penurunan suku bunga kredit bank masih terus perlu didorong. Penurunan bunga kredit baru turun 75 bps,” terang Perry.

Sementara pertumbuhan kredit bank terkontraksi 2,15 persen. Kondisi ini membuat BI merevisi target pertumbuhan kredit untuk tahun ini dari 7 persen sampai 9 persen menjadi 5 persen hingga 7 persen.

Sejak awal tahun lalu, BI sudah memangkas suku bunga acuan sebanyak 150 basis poin (bps). Kini, suku bunga acuan berada di titik terendah sepanjang sejarah Indonesia merdeka.

 

banner -Bagaimana Membantuk Money Habit yang Sehat (1)

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel di atas? Kamu bisa berbagi pendapat lewat kolom komentar di bawah ini.

Bagikan informasi ini lewat berbagai platform yang tersedia, kepada kawan atau sanak-saudara mu, agar mereka juga tahu apa yang kamu ketahui.

 

Sumber Referensi:

  • Cantika Adinda Putri. 18 Maret 2021. BI Tahan Bunga Acuan 3,5%, Masih Terendah Sepanjang Sejarah! com –
  • Redaksi. 18 Maret 2021. BI Tahan Suku BungaAcuan 3,5 Persen per Maret 2021. Cnnindonesia.com – https://bit.ly/3s0YFeh
  • Bidara Pink. 18 Maret 2021. BI tahan suku bunga acuan di level 3,50%. Nasional.kontan.co.id – https://bit.ly/2P7YIpM

 

Sumber Gambar:

  • 01 – https://bit.ly/2QoSl2l
  • 02 – https://bit.ly/38RvLpl