Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) adalah salah satu program dana pendidikan yang disediakan untuk masyarakat Indonesia. Apakah Anda sudah pernah mencoba beasiswa LPDP untuk membiayai kuliah?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Biaya Pendidikan dan Beasiswa Pendidikan

Setiap orang tua selalu berharap agar anaknya dapat mengenyam pendidikan sampai dengan bangku kuliah. Salah satu kendala orang tua adalah menyiapkan biaya pendidikan anak. Pendidikan tinggi (bangku kuliah) adalah salah satu syarat dalam dunia kerja saat ini. Hampir seluruh perusahaan mensyaratkan lulusan s1 dalam mencari tenaga kerja professional.

[Baca Juga: Pentingnya Pendidikan Anak di Zaman Modern]

 

Biaya yang mahal, bukanlah alasan untuk tidak lulus kuliah. Saat ini banyak sekali lembaga, organisasi yang memberikan beasiswa pendidikan. Kampus-kampus di Indonesia, juga memberikan bantuan beasiswa pendidikan untuk anak-anak yang berprestasi.

Persaingan ketat di dunia kerja saat ini membuat orang-orang sudah harus melirik pendidikan lanjutan, seperti pendidikan S2 (master) dan/atau pendidikan S3 (doktoral). Wah berapa tuh biaya yang harus dikeluarkan untuk pendidikan S2 dan S3, terlebih jika ingin kuliah di luar negeri? Jangan khawatir, karena ada beasiswa LPDP yang membantu masyarakat Indonesia untuk meneruskan pendidikan S2 dan S3.

 

Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan)

LPDP (Lemabag Pengelola Dana Pendidikan) adalah lembaga pemerintah yang mengelola dana pengembangan pendidikan nasional (DPPN), dengan skema pengelolaan dana endowment. Manajemen LPDP bertanggung jawab langsung kepada Menteri Keuangan dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. LPDP membiayai program 5 beasiswa dan 3 riset.

 

Beasiswa

  • Beasiswa Magister/ Doktoral (Dalam/ Luar Negeri)
  • Beasiswa Tesis/ Disertasi (Dalam/Luar Negeri)
  • Beasiswa Pendidikan Indonesia Dokter Spesialis (Dalam Negeri)
  • Beasiswa Presiden Republik Indonesia
  • Beasiswa Afirmasi

 

Riset

  • Riset Inovatif dan Produktif Komersial
  • Riset Inovatif dan Produktif Implementatif
  • Penghargaan atas Karya Riset

 

Beasiswa LPDP, Program Beasiswa untuk Masyarakat Indonesia - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Pendidikan adalah Bekal Terbaik untuk Masa Depan Anak]

 

Beasiswa LPDP ditujukan untuk seluruh Warga Negara Indonesia yang memiliki kompetensi dan lulus seleksi. Beasiswa LPDP berbeda dengan beasiswa DIKTI, salah satunya adalah sumber pendanaan. Mengenai batasan usia, untuk beasiswa program Master (S2) usia maksimum adalah 35 tahun. Sedangkan usia maksimum untuk beasiswa program Doktoral (S3) adalah 40 tahun. Jika Anda tertarik untuk mengambil beasiswa LPDP, maka berikut ini langkah-langkahnya:

 

  1. Tahap Pendaftaran Online
  2. Proses Seleksi Administrasi (kelengkapan dokumen dan persyaratan)
  3. Proses Penilaian Dokumen
  4. Proses Seleksi Wawancara dan Leaderless Group Discussion (LGD)
  5. Penetapan Kelulusan sebagai Penerima Beasiswa
  6. Program Persiapan Keberangkatan

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai beasiswa LPDP, Anda dapat mengunjungi website resmi Program Beasiswa LPDP atau alamat:

Gedung A.A. Maramis II

Lt. 2 Kementerian Keuangan

Jl. Lap. Banteng Timur No. 1

Jakarta 10710

 

Fax (021) 3808392

Email cso.lpdp@kemenkeu.go.id

 

Pendidikan adalah Syarat Mutlak

Finansialku sempat membahas perencanaan dana pendidikan anak, mulai dari menghitung kebutuhan dana pendidikan, strategi berinvestasi, produk asuransi pendidikan dan lainnya.

[Baca Juga: Apakah Asuransi Pendidikan adalah Solusi yang Tepat?]

 

Persiapan yang matang untuk menyekolahkan anak adalah cara terbaik yang dapat dilakukan oleh orang tua. Jika saat ini Anda belum mampu menyiapkan biaya kuliah anak dan sudah mepet waktu pedafataranya, Anda dapat membantu mencari program beasiswa. Pendidikan adalah syarat mutlak yang tidak dapat ditawar. 

 

Apakah Anda pernah mengajukan atau mendapatkan beasiswa pendidikan?

 

Sumber Gambar:

  • Seminar – http://goo.gl/nzP0Xi

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku