Hamil tua, sudah tahu ke mana akan melahirkan sang buah hati? Jika pilihan Anda jatuh pada bidan, ketahui biaya melahirkan di bidan berikut.

Bersalin ke bidan cukup menghemat biaya melahirkan lho. Memang berapa biayanya? Yuk simak dalam artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Keuntungan Persalinan di Bidan

Salah satu pengeluaran yang sangat penting bagi seorang ibu adalah saat persalinan. Keselamatan bayi menjadi hal utama yang selalu diperhatikan. Bagi sebagian orang, bersalin dengan bantuan bidan merupakan suatu keharusan karena sama-sama perempuan.

Melahirkan di bidan tentu saja tidak bisa dilakukan secara gratis. Namun, biaya melahirkan di bidan lebih murah dibandingkan dengan melahirkan di dokter.

Anda dapat mempercayakan persalinan Anda kepada bidan, karena latar belakang bidan yang terlatih secara khusus.

Tentunya setiap orang-tua ingin menyambut buah hati mereka dengan gembira. Namun terkadang, ada saja hal yang membuat kegembiraan tersebut cepat sirna. Salah satunya adalah masalah biaya persalinan.

Anggarkan Biaya Melahirkan Normal Sejak Jauh Hari! 02 Ibu Bahagia - Finansialku

[Baca Juga: 5 Keadaan Ini Mengharuskan Ibu Melahirkan Dengan Operasi Caesar, Siapkan Biayanya]

 

Jika Anda merasa biaya ini sangat berat, kami ingin mengajak Anda untuk merencanakannya sejak awal. Tidak ada kata terlambat untuk merencanakan keuangan Anda.

Catat, rencanakan, alokasikan keuangan Anda sebelum dan sesudah digunakan agar keuangan Anda terpantau dan bisa dievaluasi.

Mulai catat dan rencanakan keuangan Anda sekarang! Dengan aplikasi Finansialku, Anda dapat melakukan pencatatan, perencanaan, cek kesehatan keuangan, investasi, hingga konsultasi dengan pakar keuangan Finansialku.

Caranya mudah, unduh aplikasi Finansialku secara cuma-cuma di Google Play Store atau Apple Apps Store lalu mulai gunakan fiturnya. Bagi pengguna baru, Anda dapat menikmati fitur lengkapnya secara gratis selama satu bulan penuh.

Jika Anda terbantu dengan aplikasinya, Anda bisa berlangganan premium dengan harga yang terjangkau, hanya Rp350.000 untuk satu tahun penuh.

Harga tersebut sama dengan membayar Rp29 ribu per bulan atau kurang dari seribu rupiah per hari untuk masa depan keuangan Anda.

Tunggu apa lagi? Coba aplikasinya sekarang, sambut buah hati Anda dengan senyuman.

 

Biaya Melahirkan di Bidan

Jika Anda ingin menjalani persalinan di bidan, akan ada beberapa keuntungan yang dapat Anda peroleh diantaranya sebagai berikut:

Ebook Mommy & Money: Panduan Cara Mengatur Keuangan IBU RUMAH TANGGA

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Ebook Mommy and Money

Download Ebook Sekarang

#1 Biaya Utama Lebih Murah

Biaya melahirkan di bidan lebih murah jika dibandingkan dengan melahirkan di rumah sakit melalui pembedahan. Namun, melahirkan di bidan hanya diperuntukkan ibu yang melahirkan secara normal.

Setiap tahun, biaya di bidan mengalami perubahan tergantung pada pelayanannya.

Yuk Tengok Video Proses Persalinan dan Perhitungan Biaya Ibu Melahirkan 1 Finansialku

[Baca Juga: Berikut Ini Dana Persiapan Setelah Melahirkan yang Perlu Moms Ketahui!]

 

Tarif melahirkan di bidan pribadi biasanya hanya sekitar Rp800.000 hingga Rp1.500.000. Biaya ini sudah mencakup pengecekan setelah persalinan.

Apabila persalinan ditangani oleh bidan melalui puskesmas, maka biayanya sekitar Rp600.000.

Biaya ini tidak mencakup pelayanan di rumah. Namun, sekarang pelayanan di rumah sudah tidak diperbolehkan. Jadi Anda harus ke tempat praktek bidan.

 

#2 Biaya Perjalanan dengan Jarak Lebih Dekat

Para bidan biasanya membuka jasa praktek sesuai dengan tempat tinggal. Hal ini menyebabkan bidan sangat dekat dengan rumah penduduk yang membutuhkan jasanya sewaktu-waktu.

Dengan demikian, bidan dapat dengan cepat memenuhi panggilan untuk datang ke rumah menangani persalinan karena jaraknya yang dekat. Untuk biaya transportasi taksi online, kurang lebih Rp50.000 sampai dengan Rp300.000.

 

#3 Biaya Perawatan Bayi dan Ibu

Bidan sudah dilatih untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya untuk ibu yang akan melahirkan.

Kemampuan bidan diutamakan untuk keselamatan ibu dan bayi dalam proses persalinan, karena bidan dilatih secara khusus untuk melayani ibu yang akan melahirkan beserta bayinya.

Biasanya, jasa yang dibutuhkan sekitar Rp300.000.

 

#4 Biaya Perlakuan Khusus

Kebanyakan profesi bidan dijalani oleh perempuan. Sehingga para bidan dapat membayangkan bagaimana rasanya saat melahirkan. Apa saja yang dibutuhkan saat melahirkan dan posisi terbaik saat melahirkan.

Karena hal ini, para bidan akan memberikan perlakuan khusus kepada ibu melahirkan beserta bayinya. Jika ada perlakuan khusus, biaya utama ditambah perlakuan tersebut bisa mencapai Rp1.000.000 sampai dengan Rp3.000.000.

 

#5 Biaya Perawatan Sebelum Pulang untuk Memberikan Kenyamanan

Suasana yang nyaman merupakan faktor penting dalam mendorong keselamatan bayi dan ibunya saat melahirkan.

Bidan akan memberikan kesempatan bagi Anda untuk menjalani persalinan dengan ditemani kerabat terdekat Anda.

Anda bisa merasakan suasana yang nyaman saat proses persalinan dan persalinan Anda dapat berlangsung dengan lancar tanpa kesulitan. Biaya inap di rumah bersalin bidan pada umumnya sekitar Rp50.000 per hari.

 

#6 Biaya Pasca Persalinan Normal

Persalinan di bidan hanya dapat dilakukan secara normal karena terbatasnya alat medis yang dimiliki.

Walaupun sepertinya operasi caesar lebih mudah dilakukan, persalinan yang normal lebih baik jika dibandingkan dengan proses operasi.

Anggarkan Biaya Melahirkan Normal Sejak Jauh Hari! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Barang-Barang Persiapan Melahirkan yang Harus Ada di Tas Anda!]

 

Dampak yang dirasakan setelah proses operasi adalah rasa nyeri dan sakit di bagian perut. Hal ini mengharuskan Anda mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit.

Sedangkan persalinan normal, rasa sakit yang dialami tidak akan berlangsung lama. Biaya untuk rawat luka sekitar Rp100.000 sampai luka sembuh dan kering.

 

#7 Biaya Konsultasi KB

Terkadang, sebagian orang akan sungkan untuk membicarakan masalah kontrasepsi dengan dokter langganan mereka. Apalagi jika Anda perempuan dan dokter Anda adalah laki-laki.

Sebagai sesama perempuan, Anda tidak akan sungkan atau malu jika membicarakan masalah kontrasepsi. Anda dapat berkonsultasi kontrasepsi terbaik apa yang bisa Anda gunakan bersama suami.

Tentunya hal ini dilakukan agar tidak terjadi kehamilan di luar rencana Anda. Biaya tersebut sekitar Rp50.000.

 

Rencanakan Kelahiran di Bidan dengan Matang

Bidan mampu menjadi teman bagi Anda untuk memberi dorongan saat melahirkan. Jika Anda bisa melahirkan secara normal, maka jangan ragu untuk konsultasi di bidan.

Jangan minta melahirkan dengan operasi caesar jika keadaan Anda tidak benar-benar gawat.

 

Sobat Finansialku, tahukah Anda bahwa ada begitu banyak masyarakat yang mengalami kesulitan untuk bertahan hidup selama pandemi ini? Benar! Mereka membutuhkan uluran tangan Anda…

Anda bisa memberikan sedikit harta Anda kepada mereka dengan menekan tombol di bawah ini.

Finansialku Bangun Empati Di Tengah Pandemi(1)

DONASI

 

Percayalah, donasi yang Anda berikan bisa menyelamatkan hidup masyarakat yang terkena dampak COVID-19. Terima kasih untuk Sobat Finansialku!

 

Siap menyambut buah hati Anda? Yuk, bagikan informasi ini pada sesama ibu hamil di sekitar Anda agar bisa jadi berkah bagi yang lainnya.