First Jobber, perlu nggak sih punya asuransi jiwa? Ini tentunya masih banyak menjadi pertanyaan untuk Sobat Finansialku yang baru bekerja.

Melalui artikel ini, yuk kita bahas apakah kamu perlu punya asuransi jiwa atau tidak.

 

Risiko Tidak Pernah Ada yang Tahu

Selamat untuk Sobat Finansialku yang baru saja mendapat pekerjaan pertama kalian.

Semoga menjadi inspirasi dan semua yang kamu kerjakan bisa menjadi karya di dunia ini dan punya dampak besar bagi orang orang sekelilingmu. Namun, yang namanya hidup tentu tidak lepas dari risiko kehidupan. 

Semua dari kita tahu kapan kita dilahirkan, namun tidak ada satupun yang tahu kapan hari terakhir kita di dunia ini. Oleh karena itu, manajemen risiko sangat diperlukan, dan salah satu solusinya adalah asuransi.

[Baca Juga: 5 Kesalahan Finansial Yang Sering Dilakukan Oleh First Jobber]

 

Pentingnya Asuransi Jiwa Untuk Kalian First Jobber

Piramida-Perencanaan-Keuangan-Finansialku

Piramida Perencanaan Keuangan Finansialku, Prioritaskan Keamanan Keuangan

 

Asuransi jiwa diperlukan pada tahap distribusi kekayaan, yaitu jika kamu memiliki salah satu concern terkait hal-hal di bawah ini, kamu boleh mempertimbangkan untuk memiliki asuransi jiwa.

 

L = Liabilities

Apabila kamu sudah memiliki utang, kamu bisa mempertimbangkan untuk memiliki asuransi jiwa. Karena, tidak cuma harta yang bisa diwariskan, utang pun bisa turun ke keluarga kita. Jadi, pastikan kamu punya solusi apabila sampai terjadi risiko terburuk.

 

I = Income Replacement

Untuk kamu yang masih menjadi sandwich generation, misalnya ada orang tua atau saudara kandung yang bergantung dengan pemasukanmu, kamu boleh mempertimbangkan untuk memiliki asuransi jiwa.

Hal ini setidaknya memberikan mereka waktu untuk mencari sumber pemasukan lain.

[Baca Juga: First Jobber, Baru Masuk Kerja Apa Perlu Membeli Asuransi Jiwa?]

 

F = Final Death

Untuk beberapa wilayah di Indonesia, proses pemakaman dan upacara tidaklah murah, mulai dari belasan, puluhan, ratusan hingga miliaran rupiah.

Bagaimana hal ini bisa menjadi solusi? Pastikan kamu memiliki asuransi jiwa yang layak untuk kamu, dan tidak sampai mengganggu keuangan keluarga yang ditinggalkan.

 

E = Education

Buat kamu yang masih memiliki tanggungan seperti adik yang bergantung untuk kuliah ke depannya, coba pertimbangkan memiliki asuransi jiwa bagi mereka.

 

E = Estate

Untuk hal ini relatif jarang, biasanya first jobber belum memiliki aset pribadi, kecuali memang dapat dari warisan orang tua.

 

Nah, setelah kamu tahu hal tersebut, coba perhatikan arus kas kamu, berapa yang bisa disisihkan untuk memiliki asuransi, baik kesehatan, sakit kritis sampai jiwa.

Jangan sampai kamu melupakan hal-hal lain, seperti dana darurat, investasi, bayar utang dan yang lainnya.

 Asuransi hanya salah satu elemen di dalam keuangan pribadi yang akan optimal kalau semuanya juga dihitung dan dipersiapkan. 

[Baca juga: First Jobber! Fokus Dana Darurat Sebelum Terlambat]

 

Setelah kamu memutuskan untuk membeli asuransi jiwa, tinggal nanti disesuaikan dengan produk yang ada, produk tradisional ataupun unit link, tentunya sesuaikan dengan budget kamu, ya.

Selain itu ada konsep value protection, di mana premi serendah-serendahnya namun bisa memberikan nilai proteksi seoptimal mungkin.

Sobat Finansialku, di Finansialku sendiri kita punya layanan insurance planning untuk bantu kamu merencanakan asuransi yang cocok dengan kebutuhanmu.

Jadi, kamu bisa menghubungi para Perencana Keuangan Finansialku yang sudah tersertifikasi CFP dan berkonsultasi langsung agar kalian bisa mendapatkan planning asuransi terbaik.

Caranya kamu bisa langsung buka menu Konsultasi Keuangan di aplikasi Finansialku. Aplikasi Finansialku bisa kamu download di Play Store atau App Store.

Untuk kamu pengguna baru, kamu bisa coba gratis selama 30 hari, lho. Yuk, manfaatkan sekarang untuk kehidupan masa depan kamu.

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

Kamu juga bisa langsung booking jadwal konsultasi dengan Perencana Keuangan Finansialku melalui website konsultasi.finansialku.com atau Whatsapp di sini.

 

Semoga informasi yang dibagikan kali ini bisa memberikan manfaat. Jika ada yang ingin Anda diskusikan, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat lainnya. Terima kasih.

 

Editor: Ratna SH