PT Ulima Nitra Tbk. dengan kode emiten UNIQ bergerak di bidang jasa pertambangan dan jasa sewa menyewa peralatan pertambangan.

Cek selengkapnya dalam artikel Finansialku berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Ulima Nitra Tawarkan Saham Perdana Sebanyak 300 Juta Unit

Bursa Efek Indonesia (BEI) kedatangan dua emiten baru. Kedua emiten itu adalah PT Berkah Beton Sadaya Tbk. dan PT Ulima Nitra Tbk.

PT Ulima Nitra Tbk. dengan kode emiten UNIQ bergerak di bidang jasa pertambangan dan jasa sewa menyewa peralatan pertambangan.

UNIQ akan melakukan pencatatan perdana sebagai perusahaan tercatat ke-8 di BEI pada Senin (08/03).

UNIQ menawarkan saham perdana sebanyak 300 juta unit saham atau 9,56 persen dari modal ditempatkan. Harga penawaran saham perdana Rp 118 per saham.

Perseroan yang berkantor pusat di Palembang, Sumatera Selatan ini meraup dana Rp 35,40 miliar dari penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO).

Setelah dikurangi biaya-biaya emisi, dana hasil IPO tersebut akan digunakan seluruhnya untuk modal kerja (biaya operasional) perusahaan.

Modal kerja yang dimaksud sesuai dengan kegiatan usaha utama perusahaan, yaitu biaya bahan bakar (oil and fuel), biaya perawatan (service ringan) dan suku cadang, sebagaimana melansir dari kontan.co.id.

Dana hasil IPO ini juga akan digunakan untuk biaya lain-lain guna mendukung kegiatan operasional perusahaan seperti biaya mess, makan karyawan dan perjalanan dinas, serta kebutuhan operasional lainnya.

Berhasil IPO, Ulima Nitra Pasang Harga Rp 118 Per Saham 02 (1)

[Baca Juga: Pemburu Saham Bersiaplah! 27 Perusahaan IPO Tahun Ini]

 

Selain itu, perusahaan juga menyelenggarakan program ESA dengan mengalokasikan 9,63 juta atau 3,21% dari total saham yang ditawarkan.

Di samping itu, Ulima Nitra juga akan menerbitkan saham baru dalam rangka konversi utang senilai Rp 40 miliar.

Jumlah saham baru yang diterbitkan dalam rangka konversi utang ini mencapai 243,64 juta atau setara 10,80% dari seluruh modal disetor penuh setelah penawaran umum perdana saham.

Sebanyak 233,05 juta saham akan diperuntukkan bagi PT Surya Fajar Capital dan sebanyak 105,93 juta saham untuk PT Surya Fajar Corpora.

Perusahaan ini telah mendapat pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan pada 26 Februari 2021. Masa penawaran umumnya akan berlangsung pada 2-4 Maret 2021.

Kemudian, ada PT Berkah Beton Sadaya Tbk. akan mencatatkan saham dengan kode emiten BEBS. Perseroan tersebut bergerak di bidang industri, konstruksi, perdagangan besar dan penggalian.

BEBS akan mencatatkan saham perdana pada 10 Maret 2021. Perseroan melepas 2 miliar saham dengan harga penawaran Rp 100. Sehingga total dana yang dikantongi Berkah Beton Sadaya mencapai Rp 200 miliar.

Nantinya, 53,67 persen dari dana yang dihimpun melalui IPO itu akan digunakan untuk pembelian satu bidang tanah seluas 74.045 meter persegi.

 

banner_jangan_asal,_ketahui_ini_dulu_sebelum_investasi_saham

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel di atas? Kamu bisa berbagi pendapat lewat kolom komentar di bawah ini.

Bagikan informasi ini lewat berbagai platform yang tersedia, kepada kawan atau sanak-saudara mu, agar mereka juga tahu apa yang kamu ketahui.

 

 

Sumber Referensi:

  • Nur Qolbi. 28 Febuari 2021. Bakal IPO 300 juta saham, Ulima Nitra pasang harga penawaran Rp 118 per saham. Kontan.co.id – https://bit.ly/3v6zvwv
  • Pipit Ika Ramadhani. 07 Maret 2021. BEI Bakal Kedatangan Dua Emiten Baru. Liputan6.com – https://bit.ly/38ksq1B
  • Dian Tami Kosasih. 08 Maret 2021. Perusahaan Jasa Tambang asal Palembang Ini Catatkan Saham Perdana di BEI. Liputan6.com – https://bit.ly/3sUIwHh
  • Tahir Saleh. 08 Maret 2021. Catat! Hari Ini Ada Listing Saham Emiten Batu Bara UNIQ. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/3bnydFx

 

Sumber Gambar:

  • 01 – https://bit.ly/3v6w895
  • 02 – https://bit.ly/3kRfRA4