Biar Ga Nyesel, Kenali Dulu Kredit Tanpa Agunan (KTA). Perencana Keuangan Independen Finansialku akan membahas mengenai Kredit Tanpa Agunan (KTA). Pastikan Anda mengenal dulu produk Kredit Tanpa Agunan (KTA) sebelum mengajukannya supaya tidak menyesal dikemudian hari.

 

rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Mengenal Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Produk Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah produk utang konsumtif yang agunannya berupa gaji bulanan seseorang. Sebenarnya KTA punya lho agunan. Nah Finansialku akan membahas mengenai kredit tanpa agunan (KTA) yang sebenarnya ada agunannya.

Biar Ga Nyesel, Kenali Dulu Kredit Tanpa Agunan (KTA) - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Agunan terdiri dari dua jenis yaitu agunan pokok (first way out) dan agunan sekunder (second way out). Dalam kredit produktif seperti Kredit Modal Kerja, agunan pokok berasal dari aset lancar, seperti persediaan, kas, piutang dan lainnya. Agunan sekunder (second way out) pada utang produktif adalah aset tetap (fixed asset) seperti mesin, peralatan, kendaraan bermotor, tanah, bangunan dan lainnya.

Bagaimana dengan Kredit Tanpa Agunan (KTA)? Pada dasarnya Kredit Tanpa Agunan (KTA) memiliki agunan yaitu gaji atau pendapatan dari calon penerima kredit (debitur). Setiap perusahaan yang menyediakan jasa kredit tanpa agunan (KTA) selalu mensyaratkan bukti gaji atau penghasilan dari calon penerima utang. Kredit Tanpa Agunan hanya mengenal agunan pokok (first way out) tanpa adanya agunan sekunder (second way out).

Slip Gaji - Biar Ga Nyesel, Kenali Dulu Kredit Tanpa Agunan (KTA) - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Apa konsekuensinya dari Kredit Tanpa Agunan (KTA)? Tentu saja karena bank menerima potensi risiko yang lebih besar, maka biaya atau bunga Kredit Tanpa Agunan (KTA) cenderung lebih tinggi dibanding kredit lainnya. Berikut ini Finansialku akan menyajikan syarat-syarat umum jika Anda ingin mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA)

 

Syarat-Syarat Umum Mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Syarat-syarat umum Kredit Tanpa Agunan (KTA) menurut bank Mandiri:

Persyaratan Dokumen - Kredit Tanpa Agunan (KTA) Bank Mandiri

Sumber Gambar: Website Bank Mandiri – http://goo.gl/1mL1H (*Disclaimer)

Seperti penjelasan Finansialku di atas, Kredit Tanpa Agunan (KTA) selalu mensyaratkan slip gaji untuk karyawan dan copy rekening tabungan untuk wiraswasta.

Kredit Tanpa Aguanan (KTA) juga banyak ditawarkan di internet. Banyak website yang menyediakan jasa membantu pengajuan Kredit Tanpa Agunan (KTA). Perencana keuanagn independen Finansialku menemukan sebuah website (hasil dari pencarian di Google.com) yang menawarkan jasa Kredit Tanpa Agunan (KTA):

Tampilan Website DuitPintar (dot) Com - Kredit Tanpa Agunan (KTA) 

Sumber Gambar: Website DuitPintar.com – http://goo.gl/IPnqa2 (*Disclaimer)

Spesifikasi Kredit

Spesifikasi Pinjaman - Tampilan Website DuitPintar (dot) Com - Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Sumber Gambar: Website DuitPintar.com – http://goo.gl/OkErZl (*Disclaimer)

Bunga pinjaman atau Kredit Tanpa Agunan (KTA) sebesar 1,29% per bulan atau 15,48% per tahun (hitungan kasar). Ada beberapa bank yang mengenakan bunga hinga mencapai 3% per bulan.

Syarat Kredit

Persyaratan - Tampilan Website DuitPintar (dot) Com - Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Sumber Gambar: Website DuitPintar.com – http://goo.gl/OkErZl (*Disclaimer)

 

Kesimpulan

Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah salah satu jenis utang konsumtif. Pada dasarnya Kredit Tanpa Agunan (KTA) memiliki agunan yang berupa gaji atau pendapatan dari calon penerima utang. 

*Disclaimer

  1. Perencana Keuangan Independen Finansialku pada tanggal 4 Mei 2015 tidak terafiliasi dengan Bank Mandiri, DuitPintar.com.
  2. Perencana Keuangan Independen Finansialku tidak menjual produk Kredit Tanpa Agunan (KTA).
  3. Contoh di atas bukan saran atau anjuran. Contoh di atas hanya sebagai ilustrasi. Jika Anda ingin mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA) diskusikan dengan penyedia layanan, orang yang lebih ahli atau perencana keuangan.

 

Download Slide Kecerdasan Keuangan Keluarga

Download Sekarang

Baca E-Magazines #IndonesianDreams

Edisi April 2015

Baca E Magazine Sekarang!