Biaya Umroh murah, siapa yang tidak mau? Semua orang maunya pergi Umroh dengan biaya yang murah. Namun dengan biaya Umroh murah apakah yakin akan berangkat? Dari tahun 2015 hingga 2017, beberapa agen perjalanan Haji dan Umroh dicabut perizinannya, jadi yakin agen perjalanan Haji dan Umroh Anda bukan penipu? 

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Biaya Umroh Murah?

Umroh salah satu ibadah yang tidak asing bagi umat Muslim Indonesia. Saat ini, animo umat Muslim Indonesia melaksanakan Umroh sangatlah besar. Hal itu didasari oleh lamanya antrian hingga puluhan tahun untuk menyempurnakan rukun kelima yaitu naik Haji. Umroh sendiri di dalam Islam masih memiliki dua pandangan, ada yang beranggapan bahwa Umroh hukumnya wajib bagi yang mampu dan ada pula yang mengatakan bahwa Umroh hukumnya sunnah.

Melihat hal tersebut tidak sedikit orang mulai melirik bisnis Umroh di Indonesia. Seperti salah satunya adalah First Travel yang melakukan berbagai permainan seperti tarif promo biaya Umroh murah sehingga banyaknya peminat yang tertarik namun pada akhirnya berujung masalah yang sampai saat ini masih belum tahu bagaimana kelanjutannya.

Biaya Umrah Murah Sudah Yakin Agen Travel Penyelenggara Haji dan Umrah Bukan Penipu- Finansialku 2

[Baca Juga: Asuransi Perjalanan Haji dan Umroh itu Apa Manfaatnya?]

 

Jika dibandingkan dengan biaya keberangkatan Haji, biaya Umroh lebih murah dan tidak perlu menunggu hingga bertahun-tahun. Dengan hanya mengeluarkan uang sekitar Rp18,5 juta, calon Jemaah dapat melepas kerinduan berkunjung ke Baitullah. 

Tingginya minat masyarakat yang menjalankan Umroh menyebabkan keberadaan jasa penyelenggara perjalanan Haji dan Umroh semakin banyak dicari. Dikutip dari harian Kontan, data Himpunan Penyelenggaraan Haji dan Umroh Khusus (Himpuh), saat ini terdapat sekitar 700 perusahaan travel Umroh, dengan 700.000 jemaah setiap musim. Bagaimana tidak banyak pihak-pihak yang tertarik dengan bisnis Umroh, terutama setelah Arab Saudi menggenjot pendapatan sektor pariwisata religi dikarenakan harga minyak yang menurun.

Travel perjalanan Umroh terbagi menjadi dua kategori, yakni mandiri dan provider. Keduanya sama-sama memberangkatkan jemaah setelah menerima izin Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) dari Kementerian Agama. Perbedaan dari kedua kategori tersebut terlihat mencolok dalam masalah tarif dan layanan, paket yang ditawari pun sangat bervariatif dari harga mulai Rp18,5 juta hingga Rp50 juta.

Mengenal Asuransi Haji Untuk Perlindungan Diri Saat Naik Haji 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mengenal Asuransi Haji Untuk Perlindungan Diri Saat Naik Haji]

 

Salah satu komponen biaya yang memberikan pendapatan bagi biro Umroh adalah pengurusan visa. Perlu Anda ketahui selama ini alur pengajuan visa adalah melalui travel, kemudian ke provider, lalu masuk ke asosiasi untuk diteruskan ke Arab Saudi. Dalam pengurusan visa Asosiasi lah yang menetapkan ongkos operasional tersebut.

Dikutip kembali dari harian Kontan, Sekretaris Jenderal Himpuh, Muharom Ahmad menyebutkan biaya bisa sebesar US$60 hingga US$75. Oleh sebab itu, tarif tersebut sudah termasuk ke dalam biaya paket Umroh yang direkomendasikan Himpuh: US$1.850 atau Rp23 juta.

Berdasarkan praktiknya saat ini, asosiasi travel penyelenggara Haji dan Umroh dituding masih menarik biaya US$15 hingga US$17 per jemaah. Dikabarkan bahwa biaya tersebut untuk melancarkan pengurusan visa. Namun terkait dengan kabar tersebut, pihak asosiasi menampik hal tersebut bahwa dengan adanya asosiasi tersebut pihak travel terbebas dari permainan harga yang biasanya dilakukan oleh para provider.

mau-siapin-dana-naik-haji-kenalin-badan-pengelola-keuangan-haji-1-finansialku

[Baca Juga: Mau Siapin Dana Naik Haji? Kenali Badan Pengelola Keuangan Haji]

 

Namun faktanya saat ini diluar biaya visa, travel Umroh masih dibebankan “ongkos cape” untuk berbagai pengurusan dan hal lainnya, kisaran margin dari Rp500.000 hingga Rp1 juta. Penentuan margin juga dilihat dan segmentasi masing-masing travel, apakah pasar bawah, menengah atau atas.

 

Pencabutan Izin Agen Penyelenggara Haji dan Umroh 

Banyaknya umat Islam yang menginginkan pergi beribadah ke Tanah Suci membuat beberapa oknum agen penyelenggara Haji dan Umroh melakukan kecurangan dengan memberikan promo biaya Umroh murah namun para calon jemaah akhirnya tidak berangkat. Dikutip dari harian Kontan, sebanyak 24 agen penyelenggara Haji dan Umroh telah dicabut perizinannya oleh Kementerian Agama (Kemenag) sejak tahun 2015 hingga tahun 2017 ini.

Pencabutan perizinan ini dikarenakan kesalahan para agen yang tidak mempunyai tiket pulang, berutang ke hotel, melanggar masa berlaku visa ataupun penipuan dengan gagal memberangkatkan jemaah. Dimulai dari peringatan tertulis kemudian pembekuan hingga pencabutan.

Gaji Rp3 Juta Ingin Berangkatkan Orangtua Naik Haji, Ini Caranya! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Gaji Rp3 Juta Ingin Berangkatkan Orangtua Naik Haji, Ini Caranya!]

 

Adanya oknum-oknum ini diakibatkan dari pasokan dan permintaan yang tidak seimbang. Untuk itu, agen penyelenggara Haji dan Umroh harus diwajibkan untuk masuk ke dalam asosiasi Haji dan Umroh yang resmi agar langkah mereka bisa lebih mudah terdeteksi.

Dikutip kembali dari harian Kontan, Ketua Umum Komnas Haji dan Umroh, Mustolih Siradj mengatakan, bahwa hak-hak jemaah Umroh sangat jelas diatur dalam Undang-Undang (UU) No. 13/2008 tentang penyelenggaraan ibadah Haji. Karena jemaah Umroh adalah konsumen jasa wisata, maka Mustolih menambahkan bawah semua jemaah juga dilindungi oleh Undang-Undang (UU) No. 8/1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Adapun 24 agen Penyelenggara Haji dan Umroh yang dicabut perizinannya, yakni:

NoNama PerusahaanKeterangan
1PT MediterraniaPencabutan izin
2PT Mustagbal LimaPencabutan izin
3PT RonalidityaPencabutan izin
4PT Kopindo WisataTidak dapat diproses izin, karena kasus penelantaran dan izin sudah habis berlakunya (pencabutan)
5PT Catur Daya UtamaTidak dapat diproses izin perpanjangan berdasarkan hasil akreditasi
6PT Huli SaqdahDinyatakan tidak berlaku lagi berdasarkan hasil akreditas
7PT MaccadinaDinyatakan tidak berlaku lagi berdasarkan hasil akreditas
8PT Gema ArofahDinyatakan tidak berlaku lagi berdasarkan hasil akreditas
9PT Wisata Pesona NugrahaDinyatakan tidak berlaku lagi berdasarkan hasil akreditas
10PT Assuryaniyah Cipta PrimaDinyatakan tidak berlaku lagi berdasarkan hasil akreditas
11PT MaulanaDinyatakan tidak berlaku lagi berdasarkan hasil akreditas dan pengawasan
12PT Timur Sarana Tour & TravelPencabutan izin
13PT Diva SakinahPencabutan izin
14PT Hikma Sakti PerdanaPencabutan izin
15PT Faliyatika Cholis UtamaPencabutan izin
16PT Sandhora Wahana WisataDinyatakan tidak berlaku lagi karena masa berlaku telah habis tidak melakukan perpanjangan
17PT Nurmadania Nusha WisataDinyatakan tidak berlaku lagi karena masa berlaku telah habis tidak melakukan perpanjangan
18PT Dian Pramita SekataTidak berlaku lagi dan dicabut hak-haknya sebagai PPIU
19PT Al-Maha Tour & TravelBerdasarkan hasil pengawasan dan pengendalian dinyatakan tidak berlaku lagi
20PT Assyifa Mandiri WisataBerdasarkan hasil pengawasan dan pengendalian dinyatakan tidak berlaku lagi
21PT Hodhod Azza Amira WisataDinyatakan tidak berlaku lagi berdasarkan hasil akreditas
22PT Raudah Kharisma WisataBerdasarkan hasil pengawasan dan pengendalian dinyatakan tidak berlaku lagi
23PT Habab Al Hannaya Tour & TravelBerdasarkan hasil pengawasan dan pengendalian dinyatakan tidak berlaku lagi
24PT Erni PancarajatiBerdasarkan hasil pengawasan dan pengendalian dinyatakan tidak berlaku lagi

 

Satu hal yang harus diingat:

Jangan hanya pilih agen perjalanan yang menawarkan Biaya Umroh murah, tetapi pilih yang sudah terbukti dan pasti berangkat.

 

Perbedaan Haji dan Umroh

Lalu apa saja perbedaan Haji dan Umroh yang perlu Anda ketahui:

Hukum Haji: Berdasarkan hukumnya, Ibadah Haji merupakan salah satu rukun Islam yang ke-5 yang sifatnya wajib bagi yang mampu. Hukum Umroh: Sebagian ulama mengatakan wajib (bagi yang mampu) namun ada juga sebagian yang mengatakan ibadah Umroh ini dihukumi sunnah muakad
Waktu Haji: Dalam melaksanakan ibadah Haji ditetapkan waktunya pada musim Haji atau satu tahun sekali pada tanggal 9-13 Dzulhijah. Waktu Umroh: Umroh bisa dilaksanakan kapanpun, hari apapun, kecuali saat musim Haji.
Ibadah Haji: Tata cara pelaksanaan Haji terdapat rukun yang terdiri atas niat, kemudian thawaf, sa’i, tahalul memotong rambut ditambah wuquf yang dilakukan di arafah, kemudian mabit atau menginap di mina dan mudzalifah, dilanjutkan dengan melempar jumroh. Ibadah Umroh: Terdapat rukun yang terdiri atas niat, kemudian thawaf, sa’i, tahalul kemudian memotong rambut

 

Jika Anda akan melakukan perjalanan Umroh dengan menggunakan agen travel biasanya perjalanan Umroh dilakukan selama 9 hari dan ini adalah rangkaian perjalanan yang dilakukan:

Hari 1: Persiapan – Jakarta – Jeddah

Berkumpul di Bandara Soekarno Hatta, 4 jam sebelum jadwal keberangkatan; bertemu dengan Team Handling Arfa Tours di VIP Lounge Umroh Bandara; check in dan handling bagasi oleh Team; penerbangan menuju Jeddah.

Hari 2: Madinah – Ziarah Raudhah

Sholat Subuh berjamaah di Masjidil Nabawi dan sarapan pagi di Hotel; melaksanakan Ziarah Raudhah dan Makam Rasulullah SAW.

Hari 3: Madinah – Ziarah Kota

Sholat Subuh berjemaah di Masjidil Nabawi; sarapan pagi di Hotel; berkumpul di lobi Hotel dan persiapan city tour kota Madinah, tempat pertama yang akan di kunjungi adalah Masjid Quba, dilanjutkan Pasar Kurma, Jabal Uhud. Optional: Jabal Magnet, Peternakan Unta, Percetakan Al qur’an.

Hari 4: Madinah – Makkah Umroh 1

Sholat Subuh berjemaah di Masjidil Nabawi; sarapan pagi di Hotel; persiapan Check out; Sholat Zuhur Jamak Ashar di Masjidil Nabawi; perjalanan menuju Makkah singgah di Bi’r Ali untuk mengambil Miqot, Niat Miqot bersama di bus; perjalanan di lanjutkan menuju Makkah, tiba di Makkah Malam hari. Check in Hotel dan makan malam. Selanjutnya bersama-sama melaksanakan Umroh 1 (Tawaf, Sa’i dan Tahalul), kembali ke hotel dan beristirahat.

Hari 5: Makkah – Memperbanyak Ibadah

Sholat Subuh berjamaah di Masjidil Haram; sarapan pagi di Hotel; memperbanyak Ibadah di Masjidil Haram, dapat digunakan Tawaf Sunah, Umroh sendiri, Tadarus Qur’an.

Hari 6: Makkah – Ziarah Kota – Umroh 2

Sholat subuh berjamaah di Masjidil Haram; sarapan pagi di Hotel, berkumpul di lobi Hotel dan Persiapan city tour kota Makkah. Tempat yang pertama yang akan dikunjungi adalah Jabal Tsur, dilanjutkan menuju Jabal Rahmah, Melewati Mina dan Arafah, dilanjutkan menuju Masjid Ji’ronah, untuk mengambil Miqot kembali ke hotel makan siang, bersama-sama mengerjakan Umroh ke-2, Tawaf Sai dan Tahalul; kembali ke Hotel memperbanyak Ibadah di Masjidil Haram.

Hari 7: Makkah – Memperbanyak Ibadah

Sholat subuh berjamaah di Masjidil Haram; sarapan pagi di Hotel, memperbanyak Ibadah di Masjidil Haram, dapat digunakan Tawaf Sunah, Umroh sendiri, Tadarus Quran.

Hari 8: Makkah – Jeddah City Tour – Jakarta

Sholat subuh berjamaah di Masjidil Haram; sarapan pagi di Hotel; bersama-sama melaksanakan Tawaf Wada; persiapan check out dan perjalanan menuju Jeddah. Tiba di Jeddah city tour Kota Jeddah, tempat yang pertama di Kunjungi adalah Corniche dan Balade, Toko Ali Murah, Melewati Masjid Qisas, Makam Ibunda Hawa, Laut Merah dan Masjid Terapung. Diantar menuju bandara, check in tiket dan bagasi, penerbangan menuju Jakarta dan istirahat di pesawat.

Hari 9: Jakarta

Insya Allah tiba di Tanah Air membawa Umroh Maqbulah. 

** Program Perjalanan dapat berubah sesuai kondisi di lapangan

 

Biaya Umroh Murah Harus Tetap Waspada

Biaya Umroh murah untuk berangkat beribadah memang menggiurkan, namun Anda harus berhati-hati. Ada baiknya sebelum Anda termakan agen perjalanan Haji dan Umroh nakal, perhatikan kontrak yang diberikan baca baik-baik.

Jangan ragu untuk bertanya apabila ada hal-hal yang tidak dimengerti agar tidak terjadi kesalahpahaman. Ada baiknya jika sebelum memilih agen travel tanyakan saudara atau rekan yang pernah pergi Umroh sehingga agen sudah dapat dipercaya.

Jadi jangan pilih agen perjalanan yang hanya memasarkan biaya Umroh murah.

 

Bagikan pengalaman Anda jika pernah mengalami hal tersebut melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan jangan lupa untuk membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Prasetya Tantyo, Alif Pohan, Febriana Ratna. Senin, 29 Mei 2017. Menyibak Berbagai Pos Biaya Travel. Kontan
  • Prihatini Ramadhani. Senin, 29 Mei 2017. Kemenag Cabut Izin 24 Agen Penyelenggara Umrah. Kontan

 

Sumber Gambar:

  • Alibrahimtravel – https://goo.gl/Ds2qQF

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana