Ingin memulai bisnis dengan modal Rp100 juta, bagaimana cara menyiapkan dananya? Untuk memulai sebuahnya Anda harus terlebih dahulu menyiapkan dananya. Kali ini Finansialku akan membahas bagaimana cara mempersiapkan modal bisnis.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Semua Ingin Sukses, Semua Ingin Kaya

Memulai bisnis terdengar seperti ide yang menarik dan menyenangkan. Seorang pebisnis bisa memilih sektor apa yang menarik untuk dirinya sendiri. Namun apapun yang ingin Anda jalankan, tetap ada modal yang dibutuhkan. Kali ini Finansialku akan membahas mengenai cara mempersiapkan modalnya bagi Anda yang baru akan terjun ke dunia bisnis.

Sebelum mendirikan bisnis yang Anda impikan, cobalah untuk mempersiapkan beberapa hal berikut:

 

#1 Pastikan Konsep Matang

Ketika berencana membuat bisnis Anda pasti sudah memiliki ide yang menurut Anda menarik. Inisiatif untuk membuat bisnis adalah sebuah langkah yang berani. Mengapa termasuk langkah yang berani? Karena ada banyak risiko yang harus ditanggung seorang pebisnis.

Risiko tersebut jauh lebih besar daripada risiko menjadi seorang karyawan. Karena itu setiap langkah yang diambil harus dipertimbangkan dan dipersiapkan dengan matang.

Ingin Memulai Bisnis dengan Modal Rp100 Juta, Bagaimana Cara Menyiapkan Dananya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Daftar Orang Terkaya di Dunia 2017 dan Nasihat-Nasihatnya dalam Berbisnis]

 

Ketika sudah memiliki ide, jangan hanya membayangkannya di dalam angan-angan. Tuliskan setiap konsep yang sudah Anda bayangkan. Manusia memiliki ingatan yang terbatas, jika Anda hanya membayangkan dan berusaha mengingat ide-ide di pikiran Anda, kemungkinan besar banyak ide yang akan terlupakan.

Karena itu sebaiknya Anda mencatatnya secara terperinci. Ketika memiliki ide lain, Anda dapat mengembangkan ide yang sebelumnya agar menjadi lebih baik.

Salah satu keuntungan menjadi pebisnis adalah Anda hampir tidak memiliki batasan dalam membentuk konsep yang akan dibangun. Berbeda halnya dengan menjadi karyawan. Ide-ide yang Anda miliki seringkali dibatasi oleh peraturan perusahaan atau peraturan atasan.

Tetapi terkadang kebebasan tersebut justru membuat seorang pebisnis kehilangan arah. Pernahkah Anda dihadapkan dengan terlalu banyak pilihan sehingga akhirnya Anda kebingungan harus memilih yang mana?

Kunci Sukses Kepemimpinan yang Dimiliki oleh Seorang Pemimpin dalam Berbisnis 01 - Finansialku

  [Baca Juga: Kunci Sukses Kepemimpinan yang Dimiliki oleh Seorang Pemimpin dalam Berbisnis]

 

Itulah yang akan Anda hadapi ketika membangun sebuah bisnis. Seringkali terlalu banyak pilihan yang membuat bingung sehingga Anda akhirnya terus-menerus mengubah konsepnya yang akan didirikan.

Karena itu pastikan Anda tahu kapan waktunya memperbaharui dan mengembangkan konsep bisnis yang ingin dibangun, serta kapan waktunya berhenti mengubah dan benar-benar mempraktekkan konsep yang sudah dibuat.

Konsep ini harus sangat mendetail hingga seperti apa detail produk yang akan dibuat dan dijual. Apa saja biaya yang dibutuhkan, berapa besar biaya produksi setiap barang.

 

#2 Prediksi Penjualan dan Keuntungan

Anda boleh sedikit idealis dalam berbisnis, tetapi perlu diingat bahwa tujuan utama membuat bisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan. Terkadang idealisme Anda tidak sejalan dengan permintaan pasar.

Tetapi mau tidak mau Anda harus memikirkan bagaimana cara mendapatkan penjualan besar. Karena itu apapun konsep dan idealisme yang ingin Anda pertahankan, harus disesuaikan dengan kebutuhan pasar yang disasar.

Peluang Usaha Rumahan dan Bisnis Sampingan Menjelang Lebaran 01 - Finansialku

[Baca Juga: Peluang Usaha Rumahan dan Bisnis Sampingan Menjelang Lebaran]

 

Jika sudah yakin dengan konsep yang dibuat, buatlah prediksi berapa besar penjualan yang mungkin Anda dapatkan dalam periode tertentu. Misalnya berapa jumlah penjualan yang memungkinkan setiap hari, setelah itu dapat diperhitungkan berapa besar penjualan per minggu, per bulan serta per tahun.

Hitung juga berapa kemungkinan keuntungan yang bisa didapatkan dengan jumlah penjualan tersebut. Prediksi ini akan berguna untuk menentukan sebesar apa skala bisnis yang mungkin Anda buat. Pastikan Anda memprediksi angka penjualan dan keuntungan tersebut dengan pertimbangan yang rasional.

 

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi & Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

Download Ebook Sekarang

 

Sebaiknya jangan terpengaruh emosi karena sudah terlanjur sangat menginginkan bisnis tersebut sehingga Anda membuat sendiri pemikiran bahwa bisnis tersebut pasti berhasil. Padahal mungkin banyak fakta yang tidak mendukung.

Bukan berarti Anda harus pesimis dalam memprediksi penjualan dan keuntungan tersebut, tetapi jangan sampai perhitungan Anda meleset jauh dari kenyataannya nanti.

Jika terlalu optimis dan tidak rasional biasanya seorang pebisnis akan dengan berani mengeluarkan modal yang sangat besar tanpa mengetahui apa kenyataan yang akan dihadapi dalam bisnisnya nanti. Jika penjualan tidak semenarik bayangan, akhirnya modal menumpuk dan tidak berguna bahkan akan membebani.

Ini 7 Hal yang Perlu Dilakukan oleh Pebisnis Agar Booth di Pameran Ramai 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ini 7 Hal yang Perlu Dilakukan oleh Pebisnis Agar Booth di Pameran Ramai]

 

#3 Perhitungkan Seluruh Modal yang Dibutuhkan

Setelah memiliki prediksi penjualan dan keuntungan Anda bisa menentukan dengan bijaksana sebesar apa skala bisnis yang ingin Anda bangun. Setelah itu Anda dapat memperhitungkan berapa besar modal yang dibutuhkan. Pastikan Anda juga memperhitungkan kapan modal tersebut bisa dikembalikan dengan mempertimbangkan prediksi penjualan dan keuntungan di poin dua.

Ketika memulai sebuah bisnis, terutama jika Anda belum pernah berkecimpung di dunia bisnis sendiri, sebaiknya berhati-hati ketika akan mengeluarkan modal. Berusahalah menjadi seseorang yang ‘pelit’.

Saran ini memang belum tentu berlaku di seluruh sektor bisnis, tetapi secara umum seorang pebisnis pemula harus berhati-hati dengan pengeluaran. Kesalahan mengeluarkan modal biasanya berakibat pada tumpukan aset yang tidak bermanfaat sehingga hanya membuang-buang uang Anda.

Kunci Rahasia Sukses dalam Membangun Bisnis Startup 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kunci Rahasia Sukses dalam Membangun Bisnis Startup]

 

#4 Tentukan Strategi Investasi

Setelah memiliki besaran modal yang dibutuhkan, Anda harus mempersiapkan dananya terlebih dahulu. Ada beberapa pilihan cara yang dapat digunakan untuk mendapatkan modal bisnis. Bisa dengan menggunakan uang sendiri atau menggunakan uang orang lain.

Uang orang lain yang dimaksud disini bisa dalam bentuk pinjaman dari bank, dana dari investor, atau kerjasama dengan vendor.

Jika Anda berencana menggunakan uang sendiri maka mungkin Anda butuh waktu untuk menyiapkan dananya. Sebaiknya mulailah berinvestasi setiap bulan untuk memenuhi kebutuhan modal tersebut. Anda dapat menggunakan aplikasi Finansialku untuk memperhitungkan berapa dana yang harus diinvestasikan setiap bulan untuk memenuhi kebutuhan modal tersebut.

Mari kita lihat ilustrasi berikut ini untuk menghitung kebutuhan investasi untuk modal bisnis dengan aplikasi Finansialku:

Pak Richard menyukai bidang fotografi. Dia berencana menjadi fotografer profesional dan membuka tempat usahanya sendiri. Setelah membuat konsep bisnis yang lengkap, ia memperhitungkan modal yang dibutuhkan sebesar Rp100 juta.

Pak Richard berencana membuka usahanya tahun depan. Dia ingin mulai berinvestasi sejak saat ini untuk memenuhi kebutuhan modal tersebut.

Pak Richard ingin menginvestasikan modal usahanya pada reksa dana yang memberikan return sebesar 12% per tahun. Dengan asumsi inflasi 10% per tahunnya, berapa besar dana yang harus diinvestasikan setiap bulan agar tahun depan Pak Richard memiliki modal usaha sebesar Rp100 juta?

Ingin Memulai Bisnis dengan Modal Rp100 Juta, Bagaimana Cara Menyiapkan Dananya 03 - Finansialku

[Baca Juga: Ini 5 Alasan Kenapa Bisnis Anda Membutuhkan Pinjaman Modal Usaha]

 

Untuk memenuhi kebutuhan modal usaha fotografi sebesar Rp100 juta di tahun depan, Pak Richard perlu berinvestasi sebesar Rp8.673.367 per bulan selama 12 bulan.

Anda dapat mulai berinvestasi jauh-jauh hari sebelum bisnis benar-benar dijalankan. Sambil menunggu modal tercukupi, Anda dapat menyiapkan berbagai kebutuhan bisnis lainnya.

Misalnya membuat business plan yang lengkap dan terperinci, melakukan riset pasar, research and development produk, serta menyiapkan konsep pemasaran.

Dengan begitu persiapan yang dilakukan akan benar-benar matang, begitu modal terkumpul seluruh rencana diharapkan dapat berjalan dengan lancar.

 

Butuh Persiapan Matang

Setiap bisnis butuh persiapan yang matang. Sebelum mulai mengeksekusi ide bisnis yang ingin dijalankan, Anda harus menyiapkan berbagai hal. Mulai dari yang terbesar hingga detail terkecil mengenai bisnis tersebut.

Sambil mempersiapkan berbagai kebutuhan bisnis Anda bisa memanfaatkan keuntungan bunga berbunga dengan menginvestasikan dana yang akan digunakan sebagai modal bisnis. Dengan begitu ketika modal terkumpul, Anda sudah memiliki konsep dan seluruh kebutuhan bisnis lainnya yang benar-benar matang.

 

Apakah Anda ingin memulai bisnis? Apa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan dan Anda siapkan? Berikan jawaban atas pertanyaan ini pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Bisnis – https://goo.gl/ZLMyxT
  • Discussion – https://goo.gl/7xYEEr

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang