Moms, hari ini sudah banyak bisnis ibu rumah tangga yang berhasil bahkan menaikkan finansial keluarga lho. Apa saja itu? Yuk coba.

Kata siapa ibu rumah tangga hanya bisa mengurus rumah? Hari ini banyak hal yang bisa dilakukan seorang ibu rumah tangga, termasuk menambah penghasilan keluarga.

Apa saja bisnis ibu rumah tangga yang bisa Moms geluti? Simak artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Bisnis Ibu Rumah Tangga

Seorang ibu rumah tangga pada umumnya identik dengan perannya sebagai seorang istri yang bertugas untuk merawat anak, membersihkan rumah, atau menyiapkan makanan untuk anggota keluarga.

Banyak ibu yang sebelumnya memiliki pekerjaan harus berhenti dari pekerjaan demi mengurus keluarga mereka.

Mereka yang memiliki tingkat pendidikan tinggi tidak mempergunakan ilmunya karena tidak dapat bekerja.

Namun sekarang zaman telah berubah. Banyak hal yang bisa Moms kerjakan tanpa perlu meninggalkan keluarga dan tetap mengurus keluarga, termasuk mengatur keuangan keluarga.

Mengatur keuangan bisa dikatakan gampang-gampang susah. Namun jangan takut Moms! Ada banyak alat bantu yang dapat mempermudah Moms dalam mengatur keuangan. Salah satu alat tersebut yaitu Aplikasi Finansialku

Aplikasi Finansialku, bisa membantu Moms sekalian untuk mencatat, menganggarkan, hingga berkonsultasi dengan Perencana Keuangan Finansialku.

Nah, untuk mengetahui apa saja bisnis untuk ibu rumah tangga, berikut ini beberapa inspirasi dan ide bagi Moms.

Artikel ini terbagi dalam beberapa bagian, jika Moms ingin tahu lebih banyak pekerjaan apa saja yang cocok untuk Ibu Rumah Tangga, Moms bisa klik Part I, Part III, Part IV.

 

#6 Voice Over Artist

Jika Anda tinggal di rumah dan memiliki suara merdu, Anda dapat mempertimbangkan menjadi suara Anda.

Anda dapat meminjamkan suara Anda untuk karya-karya seni besar seperti buku audio, jingle radio, dan lain sebagainya.

 

#7 Membuat Tas

Perkembangan bisnis fashion yang setiap harinya semakin meningkat, menjadi lahan penghasilan tambahan bagi ibu rumah tangga. Sebab hampir semua produk fashion, selalu laris diserbu para konsumen.

Begitu juga dengan produk tas, sekarang ini tas bukan hanya sebagai kebutuhan sekolah atau kerja saja. Kini tas menjadi bagian fashion yang banyak digemari konsumen.

[Baca Juga: 9 Kunci Sukses Mengatur Keuangan Keluarga yang Harus Diketahui oleh Setiap Calon Ibu Rumah Tangga]

 

Sebelum memulai bisnis ini, sebaiknya Moms persiapkan terlebih dahulu modal yang dibutuhkan, baik uang maupun keterampilan.

Selanjutnya, Moms perlu mencari jaringan yang dapat diajak untuk bekerja sama untuk bahan baku hingga jaringan pemasaran.

 

#8 Bisnis Spa

Jika Moms memiliki keterampilan terhadap perawatan tubuh maupun pelayanan spa, maka tidak ada salahnya untuk membuka bisnis Spa.

Tidak perlu besar dan mewah, Moms dapat membuka sebuah perawatan atau spa rumahan yang unik dengan harga lebih terjangkau dari salon-salon kecantikan sekitar rumah.

 

#9 Bisnis DayCare

Anda tinggal di kota besar? Bisnis ini merupakan bisnis yang tengah marak.

Keberadaan daycare bisa menjadi solusi pengasuhan anak bagi para orang tua yang bekerja. Selain itu, bisnis ini juga bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan.

Untuk day care kelas menengah atas, margin usahanya bisa mencapai 40-45%. Sedangkan untuk kelas menengah-bawah, margin usahanya bisa mencapai 20%.

 

#10 Desain Grafis

Desain grafis merupakan proses kreatif yang tersebar dalam segala hal. Mulai dari situs web, interface aplikasi hingga kemasan produk, tangan berbakat seorang desainer grafis tampak di mana-mana.

Ini dapat menjadi karier yang memuaskan, juga menantang. Bermodalkan komputer dan aplikasi desain, seperti Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator, Moms dapat memulai mempelajari dan membuat desain-desain sendiri.

 

#11 Bisnis Tempat Les Belajar

Jika Moms senang mengajar dan memiliki kemampuan akademik yang baik pada mata pelajaran tertentu, maka Moms dapat membuka tempat les bagi anak-anak sekolah di sekitar rumah.

Pastikan Moms memiliki kemampuan akademik dan keyakinan yang kuat untuk menjalankan bisnis ini.

 

#12 Bisnis Menjahit

Jika Moms merupakan salah satu ibu rumah tangga yang memiliki keterampilan menjahit, Moms dapat membuka jasa jahit pakaian.

Jasa jahit pakaian ini masih banyak dicari oleh orang karena sebagian orang sering kali tidak memiliki ukuran cocok untuk badan mereka.

Panduan Ajib Investasi Saham Untuk Ibu Rumah Tangga, Untung BESAR Menanti 02

[Baca Juga: Ingin Berinvestasi Saham? Inilah Tips Membeli Saham Untuk Investor Pemula]

 

Apalagi jika Moms bisa meningkatkan kemampuan tambahan seperti menjahit kebaya dalam berbagai model atau memiliki kemampuan membordir. Ini tentunya akan menjadi nilai tambah.

 

#13 Toko Kelontong

Membuka toko kelontong atau toko serba ada dengan skala kecil merupakan salah satu hal yang sangat mungkin dilakukan oleh ibu rumah tangga sambil mengurus rumah tangga, terutama bagi yang tinggal dalam lingkungan perumahan.

Biasanya orang membutuhkan sesuatu dengan skala kecil dan malas untuk membeli barang di toko besar karena jarak yang jauh.

Di sini fungsi toko kelontong yang menjual aneka barang dagangan. Modalnya pun tidak terlampau besar jika Moms membukanya di rumah.

 

#14 Bakery Business

Apakah Moms seorang yang suka membuat makanan ringan, camilan maupun kue dan jajanan ketika di rumah?

Kalau Moms hobi dan bisa membuat bermacam-macam jenis dan rasa kue maka hal ini bisa jadi modal untuk membuka usaha pembuatan kue ulang tahun.

Agar konsumen lebih tertarik, Moms dapat membuat kue ulang tahun dengan topping yang indah dan menarik.

 

#15 Bisnis Penerjemah

Bagi Moms yang mempunyai kemampuan berbahasa asing, baik itu bahasa Inggris, Mandarin, Jepang atau bahasa lainnya, Moms bisa membuka bisnis penerjemah untuk menghasilkan uang.

Moms bisa memperoleh pendapatan dari jasa penerjemah yang biasanya dibayar berdasarkan jumlah lembaran yang Moms kerjakan. Moms juga dapat melakukannya sendiri secara online melalui sebuah marketplace.

 

Rahasia Jadi Ibu Rumah Tangga Serba Bisa

Jadi Ibu Rumah Tangga, bukan hanya berkutat pada pekerjaan domestik, ya, Moms? Lebih dari itu semua, Moms dituntut untuk punya banyak kemampuan.

Salah satu di antaranya adalah mengelola keuangan keluarga dengan baik, mulai dari mengatur anggaran hingga melakukan investasi untuk masa depan.

Untuk bisa semuanya, Moms juga perlu punya kemampuan tersendiri untuk bisa menjadi supermom yang multi-tasking dan serba bisa selain mengatur keuangan, ‘kan?

Finansialku punya rahasia yang bisa dicontek oleh Moms biar jadi supermom yang kuat, multi-tasking, dan serba bisa, lho!

Mau tahu? Moms bisa cari tahu secara lengkap dan mendalam di e-book Finansialku tentang Mommy and Money yang bisa diunduh GRATIS dengan menekan gambar dan tombol di bawah!

 

Ebook Mommy and Money

 

UNDUH GRATIS E-BOOKNYA SEKARANG

 

Dari daftar bisnis ibu rumah tangga di atas, manakah yang paling menarik menurut Moms? Share artikel ini pada sesama ibu rumah tangga dan diskusikan bisnis apa yang paling cocok untuk Anda.

Masih ada bisnis lain yang bisa Moms lakukan selain yang tertulis di atas. Apa saja itu? Moms bisa klik tombol di bawah ini.

 

<< Sebelumnya
Selanjutnya >>

 

 

Sumber Referensi:

  • Profitable Venture. 50 Lucrative Home Based Business Ideas for Women in 2017. Profitableventure.com – https://goo.gl/GrbBR9

 

Sumber Gambar:

  • Bisnis Ibu Rumah Tangga – https://goo.gl/GyJHqQ
  • Bisnis Ibu Rumah Tangga Reseller – https://goo.gl/k8ccWg