Aturan blokir ponsel illegal atau BM melalui IMEI telah disahkan pemerintah melalui penandatanganan Peraturan Menteri oleh tiga Kementerian.

Agar lebih jelas, mari simak penjelasannya berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Pemerintah Blokir Ponsel BM

Aturan blokir ponsel illegal atau black market (BM) melalui IMEI telah diresmikan kemarin Jumat (18/10) oleh tiga kementerian terkait dengan menandatangani aturan tersebut di Gedung Kemenperin.

Tiga kementerian yang dimaksud adalah Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), dan Kementerian Perdagangan.

Aturan IMEI ini awalnya direncanakan ditandatangani 17 Agustus lalu. Namun, peraturan menteri (permen) ini sempat macet di Kemenperin.

Diperlukan proses sampai 6 bulan ke depan untuk mengimplementasikannya. Aturan blokir dengan nomor IMEI ini hanya berlaku untuk ponsel BM setelah aturan diterapkan, bukan pada saat ini atau ke belakang.

Setelah ditandatangani oleh tiga kementerian terkait, aturan ini tidak serta-merta berlaku.

Peraturan Menteri Blokir Ponsel BM Melalui IMEI Telah Diresmikan 02

[Baca Juga: Jangan Ketinggalan! Inilah Cara Lengkap Cek IMEI Di Ponsel]

 

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mengatakan, masih akan ada waktu transisi selama enam bulan sejak aturan resmi blokir ditandatangani.

Pria yang akrab disapa Chief RA tersebut berkata pada Kamis (18/10):

“Mengapa harus ada transisi karena harus ada sosialisasi kepada masyarakat.”

 

Selain itu, menurut masing-masing kementerian juga memerlukan sinkronisasi dan sistem. Karena, database IMEI berada di Kemenperin yang terkoneksi dengan sistem yang ada di operator seluler.

Untuk mengecek legalitas ponsel, perlu dilakukan verifikasi nomor IMEI. Kode IMEI sendiri pada umumnya terdiri dari 14 digit dan untuk ponsel keluaran terbaru bisa mencapai 16 digit.

International Mobile Equipment Identity atau yang lebih sering disingkat dengan IMEI merupakan kode unik yang pada umumnya digunakan untuk membedakan suatu ponsel dengan ponsel lainnya.

Pemblokiran ponsel BM dilakukan oleh operator seluler dengan cara mencocokkan IMEI perangkat yang terhubung ke jaringannya dengan database ponsel resmi yang disimpan oleh pemerintah.

Apabila nomor IMEI ponsel tidak ditemukan di database pemerintah karena masuk lewat jalur ilegal, maka perangkat yang bersangkutan akan diblokir dengan cara tidak diizinkan tersambung ke jaringan seluler.

Peraturan Menteri tentang pemblokiran ponsel BM lewat IMEI ini akan mulai berlaku dalam waktu 6 bulan sejak tanggal penandatanganan. Hal ini berarti, regulasi baru akan berlaku efektif pada 18 April 2020 mendatang.

Awalnya pemerintah berencana mengesahkan regulasi blokir ponsel BM pada 17 Agustus 2019, bertepatan dengan momen HUT RI, namun rencana itu terwujud karena pihak-pihak terkait masih harus merumuskan beberapa tentang teknis pemblokiran.

Menperin Airlangga Hartanto mengatakan:

“Regulasi ini sebenarnya sudah lama diproses. Tapi kami tunda ada beberapa harmonisasi data yang harus finalisasi, terutama dengan GSMA yang butuh perjanjian karena kita kroscek data.”

 

Aturan IMEI ini dinilai sudah terlambat dilakukan jika dibandingkan beberapa negara lain yang sudah melindungi industrinya dengan baik. Maka, pemberlakuannya dianggap perlu segera diimplementasikan.

“Jika aturan ini ditunda sehari, kerugian yang timbul bisa mencapai Rp55 miliar.”

 

Bagaimana pendapat Anda terkait artikel di atas? Anda bisa berikan tanggapan terkait artikel di atas?

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman Anda. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 18 Oktober 2019. Aturan Blokir Ponsel BM Pakai IMEI Akan Diresmikan Hari Ini. Kompas.com – https://bit.ly/32tw8kt
  • AdiFida Rahman. 18 Oktober 2019. Aturan Blokir Ponsel BM Akhirnya Ditandatangani 3 Menteri. Detik.com – https://bit.ly/31zlOqc

 

Sumber Gambar:

  • Blokir Ponsel BM 01 – http://bit.ly/33J8KQj
  • Blokir Ponsel BM 02 – http://bit.ly/33Ovv5z

 

Bagaimana CARA AMPUH Membeli Rumah Pertama?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

ebook rumah pertama

Download Ebook Sekarang