Apakah Anda setuju bahwa seseorang harus memiliki mimpi besar? Ada orang bijak yang mengatakan bahwa besar kecilnya seseorang dapat dilihat dari mimpi dan tindakannya. Nah jadi bolehkah kita memiliki mimpi besar?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Fin Quotes

 

Bolehkah Seseorang Memiliki Mimpi Besar?

Setiap orang yang besar pasti memiliki mimpi dan tujuan yang besar. Tidak ada orang besar yang memiliki mimpi yang kecil. Jadi jika ada pertanyaan apakah boleh kita memiliki mimpi besar? Jawabannya adalah harus memilikinya.

[Baca Juga: Kisah Sukses William Tanuwijaya pendiri Tokopedia]

 

Setiap orang, apapun profesinya harus memiliki tujuan hidup (IKIGAI) dan mimpi yang besar. Bedanya antara orang besar dan orang yang mengkhayal adalah orang besar memiliki pikiran yang besar, mimpi yang besar dan mau menjalankannya segera. Terkadang orang-orang besar banyak mendapat cemooh, tidak realistis atau mimpi terlalu tinggi dan lain sebagainya.

Jika Anda pernah menyaksikan video tentang Steve Jobs (almarhum), Anda akan mengatakan hal yang sama dengan orang-orang yang mencemooh Steve Jobs. Orang-orang tersebut mengatakan bahwa mimpi Steve Jobs membuat Apple menjadi perusahaan berskala internasional adalah hal yang tidak realistis. Tapi Anda tahu kan, bahwa sekarang Apple menjadi perusahaan berskala internasional. Bahkah Anda juga bisa jadi salah satu pengguna Apple?

 Apa yang menyebabkan Steve Jobs, seorang pemimpi besar bisa sukses mewujudkan mimpinya? Sebuah Quote yang luar biasa bagus dari Robin Sharma mengatakan

 

English

Dream Big, Start Small, Act Now.

Robin Sharma

 

[Baca Juga: Bagaimana Cara Mewujudkan Tujuan Keuangan?]

 

Bahasa Indonesia

Bermimpilah yang besar, Mulailah dari yang kecil dan Mulailah dari sekarang.

Robin Sharma

 

Betul sekali yang dikatakan oleh Robin Sharma, Steve Jobs memang pemimpi besar, Beliau tidak pernah memikirkan hal-hal yang umum dipikirkan oleh orang lain. Perbedannya adalah seorang Steve Jobs adalah seorang yang mau bekerja, mau bangkit, mau menjalankan mimpinya. Apapun kendala yang dihadapi, mulai dari kesulitan mencari investor, memulai bisnis dari sebuah garasi, tim yang tidak komplit dan lain sebagainya.

 

Pesan Bung Karno

Beberapa waktu yang lalu, kami melihat sebuah acara talkshow di televisi. Salah satu founder startup di Indonesia sedang diwawancarai mengenai mimpi. Beliau mengutip pesan dari Bung Karno

 

Gantungkan cita-cita mu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang.

Ir. Sukarno

 

Pak Kalau Start Small, Gimana Bisa Besar?

Pertanyaan yang sangat bagus, kalau mulainya kecil bagaimana caranya menjadi besar? Apakah Anda pernah memperhatikan perusahaan yang membangun gedung pencakar langit dengan tinggi ratusan meter? Apakah bangunan tersebut langsung berdiri 50 meter? Tentu saja tidak, mulainya pasti dari perencanaan, desain, perhitungan dan mulai membangun pondasi.  Semuanya pasti ada waktu, proses, pembelajaran dan perbaikan yang berkelanjutan.

[Baca Juga : 90+ Kebiasaan Miliarder Mengelola Waktu yang Harus Kamu Tiru]

 

Banyak orang mungkin salah beranggapan mimpi besar itu artinya kaya, memiliki start up dengan nilai yang sangat tinggi, menjadi pahlawan dan lain sebagainya. Jika Anda memperhatikan dengan lebih cermat, Anda yang membaca artikel ini adalah orang yang memiliki mimpi besar. Anda ingin melakukan sebuah perubahan yang lebih baik, Anda ingin tahu sesuatu yang baru.

[Baca Juga: Kisah Sukses Nadiem Makarim pendiri GoJek]

 

Mungkin Anda belum menyadari jika Anda juga memiliki mimpi besar. Coba pikirkan: Anda berusaha mengusahakan tempat tinggal terbaik untuk keluarga, memberikan nafkah yang halal untuk keluarga, memberikan pendidikan terbaik untuk anak, usaha maksimal untuk mensejahterakan kehidupan keluarga, memberikan yang terbaik untuk orang tua, pasangan dan keluarga. Apakah hal-hal itu adalah pekerjaan yang mudah? Jawabannya TIDAK, Mungkin saja Anda harus mulai bekerja di pagi hari, menghadapi permasalahan ini itu, membutuhkan perjuangan dan kerja keras.

Tidak semua orang mau bertanggung jawab dan melakukan yang terbaik untuk dirinya sendiri dan keluarga. Banyak orang di luar sana yang berpikir hidup mengalir seperti air, menyalahkan yang Kuasa dan takdir, serta tidak mau memperjuangkan hidupnya.

[Baca Juga : Kisah Sukses Achmad Zaky Pendiri BukaLapak.com]

 

Apakah Anda setuju bahwa Anda adalah orang yang juga memiliki mimpi besar? Nah saatnya Anda mulai bertindak, mulailah dengan sebuah perencanaan dan langkah kecil. Jangan nunggu nanti, tetapi lakukanlah sekarang juga..

 

Apakah Anda sudah siap melakukan perubahan untuk diri Anda sendiri dan keluarga? Jika ya tuliskan di kolom komentar apa yang akan Anda lakukan untuk melakukan perubahan tersebut?

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang