Mau tahu budaya Jawa yang terus bertahan hingga sekarang? Indonesia memang terkenal akan keragaman budayanya karena banyaknya suku.

Salah satunya adalah suku Jawa dengan keragaman budayanya yang tidak lekang oleh waktu.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

5 Budaya Jawa yang Tidak Lekang Oleh Waktu

Pada zaman modern ini, banyak perubahan terjadi yang mengharuskan manusia beradaptasi. Tidak jarang perubahan juga terjadi pada berbagai budaya yang telah ada sejak zaman nenek moyang.

Namun kabar baiknya adalah masih banyak budaya yang diwariskan turun temurun dan terus terjaga hingga kini. Salah satunya adalah budaya suku Jawa yang terkenal kental dan masih dilakukan hingga sekarang.

Kira-kira apa saja kebudayaan Jawa yang tidak lekang oleh waktu tersebut? Berikut ulasannya:

 

#1 Kesenian Wayang Kulit

Konon katanya, kesenian wayang kulit dipopulerkan oleh Raja Jayabaya. Kesenian ini sangat khas karena cirinya menggunakan lembaran kulit kerbau sebagai bahan membuat wayang.

Gerakan dinamis wayang kulit terletak pada bagian siku-siku tubuhnya. Siku-siku ini kemudian disambung dengan sekrup dari tanduk. Kesenian wayang kulit akan dimainkan oleh seorang narator yang dikenal dengan sebutan dalang.

Ini Dia 5 Budaya Jawa yang Tidak Lekang Oleh Waktu 01 - Finansialku

[Baca Juga: Wow! Ini Dia 17 Material Termahal Di Dunia Sepanjang Masa]

 

#2 Tari Serimpi

Berasal dari Surakarta, kesenian tari Serimpi merupakan salah satu budaya Jawa yang masih terus bertahan hingga sekarang. Bermula saat dikenalkan oleh Kesultanan Mataram, tarian kesenian ini khas akan gerakan lemah gemulainya.

Tari Serimpi juga mencerminkan sebuah makna kesopanan, kehalusan budi dan kelemahlembutan. Hal ini dapat kita lihat dari gestur gerakannya dan diiringi oleh suara gamelan yang sangat merdu.

Selain tari Serimpi, masih banyak seni tari lain yang masih terus dipertahankan di masing-masing daerah, antara lain:

Tari Bambangan Cakil dari Jawa Tengah, Tari Angguk dari Yogyakarta, Tari Ebeg dari Banyumas, Tari Gandrung dari Banyuwangi, Tari Kridhajati dari Jepara, Tari Kuda Lumping dari Jawa Tengah, Tari Reog dari Ponorogo, Tari Remo dari Jawa Timur, Tari Emprak dari Jawa Tengah, Tari Golek Menak dari Yogyakarta, dan Tari Sintren dari Jawa Tengah.

Ini Dia 5 Budaya Jawa yang Tidak Lekang Oleh Waktu 02 - Finansialku

[Baca Juga: Believe It or Not! Inilah 15 Makanan Termahal Di Dunia. Apakah Anda Mau Mencobanya?]

 

#3 Keris

Kebudayaan Jawa yang tak lekang oleh waktu selanjutnya adalah keris. Keris merupakan senjata tradisional khas Jawa dengan nilai seni yang tinggi dengan ciri berujung runcing dan tajam pada kedua sisinya.

Pada masa lalu, keris berfungsi sebagai senjata, sekaligus sebagai benda pelengkap sesajian. Pada penggunaannya kini, keris merupakan benda aksesori (ageman) dalam berbusana, memiliki sejumlah simbol budaya, atau menjadi benda koleksi yang dinilai dari segi estetikanya.

Keris, selain terus mencerminkan kebudayaan Jawa hingga kini juga telah berhasil menjadi budaya dunia. Terbukti bahwa keris telah diresmikan oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia Non-Bendawi Manusia sejak 2005.

 

#4 Filosofi Kehidupan

Suku Jawa juga dikenal memiliki filosofi kehidupan yang kabarnya dikenalkan oleh Sunan Kalijaga. Filosofi kehidupan tersebut tertuang dalam Dasa Pitutur yang masih dijalankan sampai sekarang.

Beberapa filosofi yang termuat di dalamnya di antaranya adalah urip iku urup, memayu hayuning bawana ambrasta dur hangkara, sura dira jaya jayaningrat lebur dening pangastuti, ngluruk tanpa bala menang tanpa ngasorake sekti tanpa aji-aji sugih tanpa bandha, dan sebagainya.

Ini Dia 5 Budaya Jawa yang Tidak Lekang Oleh Waktu 03 - Finansialku

[Baca Juga: 4 Tipe Travelling: Liburan Sendiri, Beli Paket Wisata dan Lainnya, Kamu yang Mana?]

 

#5 Alat Musik Gamelan

Budaya khas Jawa lainnya yang tidak boleh dilupakan tentu alat musik. Salah satunya adalah gamelan yang cukup terkenal hingga sekarang. Gamelan Jawa merupakan budaya Hindu yang diubah oleh Sunan Bonang. 

Sampai saat ini, kesenian gamelan Jawa masih sering dipentaskan pada beberapa acara formal. Beberapa di antaranya seperti ritual budaya di keraton, hajatan dan berbagai acara lainnya.

Selain gamelan, masih banyak alat musik khas Jawa yang masih terus digunakan hingga sekarang. Sebagai contoh adalah Kendang, Boning Barung, Boning Penerus, Saron, Slenthem, dan Gender.

Ini Dia 5 Budaya Jawa yang Tidak Lekang Oleh Waktu 04 - Finansialku

[Baca Juga: Wisata Thailand, Lebih Murah Mana: Liburan Sendiri atau Paket Liburan Travel Agent]

 

Nikmati Indahnya Budaya Jawa Yuk!

Jadi, ternyata keindahan budaya Jawa memang masih kental bahkan hingga sekarang, kan? Sebagai generasi milenial, kita pun harus menghargai dan menghormati berbagai budaya yang masih terus menghiasi hingga sekarang.

Dalam zaman serba modern, ada nikmatnya untuk berhenti sejenak dan menikmati kebudayaan yang tentunya mengingatkan kita akan asal usul serta nenek moyang. Jadi, jangan lupa menikmati keindahan budaya Anda, ya!

 

Apakah Anda mengetahui kebudayaan Jawa lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Dedi Ariko. 23 Januari 2019. 7 Budaya Jawa Tengah yang Tak Lekang di Era Modern. Jateng.garudacitizen.com – https://bit.ly/2UtOtv2
  • Admin. 6 Kebudayaan Jawa yang Turun-temurun Diwariskan Hingga Sekarang. Boombastis.com – https://bit.ly/2WteuNT
  • Dedi Ariko. 24 Januari 2019. Jawa tengah Jatungnya Budaya Jawa. Ada 5 yang patut diketahui. Jateng.garudacitizen.com – https://bit.ly/2Up41jV

 

Sumber Gambar:

  • Budaya Jawa 1 – https://bit.ly/2U9BjnW
  • Budaya Jawa 2 – https://bit.ly/2QyZhH0
  • Budaya Jawa 3 – https://bit.ly/3dltB1C
  • Budaya Jawa 4 – https://bit.ly/2Wtgaa9