Bupati Sidoarjo Saiful Ilah terjaring operasi tangkap tangan KPK. Apa penyebab dari penangkapan Saiful Ilah ini?

Agar lebih jelas, mari simak ulasannya dalam artikel Finansialku berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Penangkapan Saiful Ilah

Seorang kepala daerah yang ditangkap dalam operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (7/1/2020) kemarin merupakan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah.

“Betul (yang ditangkap Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah),” kata Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar saat dikonfirmasi Kompas.com, Rabu (8/1/2020).

Lili menuturkan, terdapat sekitar enam orang yang ikut terjaring operasi tangkap tangan pada Selasa kemarin.

“Tapi pagi tadi sudah dibawa ke Jakarta semua mungkin lebih 6 orang dibawa ke Jakarta,” ujar Lili.

Namun, ia enggan mengungkap identitas orang-orang tersebut. Informasi lebih detail, kata Lili, akan disampaikan melalui konferensi pers siang ini.

“KPK telah mengamankan seorang kepala daerah dan beberapa pihak lainnya di kabupaten Sidoarjo Jawa Timur,” kata Ketua KPK Firli Bahuri saat dimintai konfirmasi, Selasa (7/1/2020).

Saiful Ilah merupakan Bupati Sidoarjo dua periode. Sebelumnya, Saiful Ilah pernah menjadi Wakil Bupati berpasangan dengan Win Hendarso.

Kemudian beliau terpilih sebagai Bupati pada periode pertama 2010 hingga 2015. Selanjutnya Saiful Ilah kembali terpilih sebagai Bupati saat berpasangan dengan Wakil Bupati Ahmad Syaifuddin dan dilantik pada Februari 2016.

Sebelum tertangkap oleh penyidik KPK, Saiful Ilah ternyata sempat menghadiri acara pelantikan 149 pejabat di Kota Delta.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah Terjaring OTT KPK 02

[Baca Juga: NAIK! Utang Pemerintah Kini Tembus Rp4.756 Triliun]

 

Terkait penangkapan ini, Saiful Ilah masih menampik tuduhan korupsi dalam perizinan pengadaan barang dan jasa, tuduhan yang dijatuhkan padanya tersebut. Saiful. “Enggak, tidak ada itu,” sahutnya.

Saiful kemudian dibawa menuju bus yang diparkirkan di depan Polda Jawa Timur. Setelah memijakkan kaki ke dalam bus, ia sekali lagi berujar bahwa tidak tahu menahu mengenai kasus yang menjerat dirinya.

“Saya enggak tahu,” celetuknya seraya melambaikan kedua tangan ke arah awak media sebelum memilih bangku tempat duduk di dalam bus.

 

Kronologi OTT Bupati Sidoarjo

Empat orang yang datang mengendarai mobil Avanza warna putih bernopol L 1897 IC masih berada di sekitar Pendopo Sidoarjo, Selasa (7/1/2020) malam.

Sekitar pukul 23.05 WIB, empat orang itu berjalan dari ruang kerja Bupati ke rumah dinas Bupati Sidoarjo yang berada di sebelah barat pendopo.

Tapi belum bisa dipastikan siapa empat orang itu. Semua di sekitar Pendopo menduga, mereka adalah petugas KPK.

Begitu parkir, penumpang mobil terlihat empat orang langsung masuk ke ruang kerja Bupati Sidoarjo.

Ruang itu berada di sebelah timur ruang pertemuan utama Pendopo Sidoarjo. Sekitar 15 menit kemudian, empat orang penumpang mobil bergeser jalan kaki ke rumah dinas Bupati Sidoarjo.

Selain Saiful, ada tiga orang lainnya yang juga diamankan oleh KPK. Para pihak yang diamankan dalam OTT KPK dibawa ke Polda Jatim. Saiful bersama tiga orang lainnya diperiksa intensif di sana.

“Saat ini KPK kerja sama dengan Polda Jatim. Untuk pemeriksaan awal dilaksanakan di Polda Jatim,” ucap Firli.

Saiful Illah keluar dari sebuah ruang penyidik Subdit III Tipidkor Ditreskrimsus Mapolda Jatim, sekitar pukul 04.26 WIB, Rabu (8/1/2019).

Bupati Sidoarjo ini menjalani pemeriksaan oleh penyidik KPK selama 16 jam sejak pukul 17.00 WIB, Selasa (7/1/2019) kemarin.

Usai menggeledah dua tempat di kompleks Pendopo Delta Wibawa, penyidik KPK tampak membawa sebuah koper besar berwarna biru dan beberapa tas ransel yang diduga berisi berkas dokumen barang bukti.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel di atas? Berikan tanggapan Anda di kolom komentar di bawah ini.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Amir Baihaqi. 8 Januari 2020. Fakta-Fakta OTT Bupati Sidoarjo Saiful Ilah. Detik.com – https://bit.ly/39QPPXx
  • Hasanudin Aco. 8 Januari 2020. Fakta-Fakta Bupati Sidoarjo Saiful Ilah Ditangkap KPK. Tribunnews.com – https://bit.ly/2R0a8t0

 

Sumber Gambar:

  • Bupati OTT 01 – http://bit.ly/36D50Sk
  • Bupati OTT 02 – http://bit.ly/2N3AWY8