Bagaimana cara seorang anak membantu keuangan orang tua nya? Berikut ini salah satu rekan Finansialku, akan membahas cara-cara anak untuk membantu keuangan orang tua.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh

Halomoney Indonesia Logo

 

4 Cara Anak, Membantu Keuangan Orang Tua

Pada saat usia senja (usia pensiun), seseorang akan mengalami penuruna penghasilan. Tentu saja karena penghasilan utama dari pekerjaan berhenti. Sebenarnya penurunan penghasilan dapat diantisipasi, jika orang tersebut telah merencanakan pensiunnya sejak jauh-jauh hari. Anggap saja jika orang tua kita belum menyiapkan dana hari tua, apakah kita sebagai anak perlu membantu keuangan orang tua? Kami menyarankan, sebagai anak kita harus bantu keuangan orang tua. 

 

Cara Anak Membantu Keuangan Orang Tua - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Jawab Quiz: Sudahkah Anda Mengelola Keuangan dengan Benar?]

 

Managing Director dari situs pembanding Halomoney.co.id, Jay Broekman, menyatakan kecenderuangannya orang tua tidak ingin menunjukkan kesulitan keuangan di depan anak. 

“Banyak alasan mengapa orang tua tidak ingin menunjukkan dirinya rentan. Sebagai anak, sudah menjadi kesadaran diri sendiri untuk selalu memperhatikan orang tua kita. Tidak hanya untuk aspek umum seperti kesehatan, aspek keuangan juga perlu kita perhatikan,” kata Jay melalui keterangan tertulisnya.

 

Berikut ini beberapa cara, Anda seorang anak membantu keuangan orang tua:

 

#1 Buat Pos Anggaran

Banyak orang yang menanyakan, berapa yang harus disiapkan untuk membantu keuangan orang tua? Jawabannya tentu saja bergantung dengan kondisi keuangan Anda. Agar tidak menganggu kesehatan keuangan keluarga Anda, kami sarankan agar Anda mulai membuat anggaran. Buatlah pos, untuk membantu keuangan orang tua.

[Baca Juga: Apa itu Anggaran dan Apa Manfaatnya?]

 

Gunakan Pembayaran Otomatis

Salah satu cara untuk mempermudah pembayaran adalah dengan menggunakan pembayaran otomatis (auto debet). Sebagai anak, kita dapat membantu keuangan orang tua, dengan cara membantu pembayaran biaya-biaya utilitas: listrik, telepon, air, pajak, internet, pulsa dan lainnya. Biasanya orang tua akan kerepotan untuk membayar biaya-biaya utilitas.

[Baca Juga: Merencanakan Keuangan itu Membutuhkan Waktu dan Proses]

 

Sebelum Membantu Keuangan Orang Tua, Keuangan Anak Harus …

Kapan saat yang tepat, seorang anak harus membantu keuangan orang tua? Sebenarnya, seorang anak dapat membantu keuangan orang tua kapan pun. Usahakan sebelum Anda membantu keuangan orang tua (dan/atau kondisi keuangan anggota keluarga lainnya), pastikan kondisi keuangan keluarga Anda berada dalam kondisi yang sehat. 

  

Menurut Anda, Mengapa seorang anak perlu membantu keuangan orang tua?

 

Sumber Gambar:

  • Family – http://goo.gl/m4QaV3

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang