Memiliki konten trending tentu menjadi impian banyak youtuber. Kira-kira bagaimana, ya, agar video yang kamu buat bisa trending?

Yuk, simak artikel berikut. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Bekerja Seperti Bermain

YouTube merupakan platform berbagi video paling populer di dunia. Platform ini cukup berbeda dengan jejaring sosial lainnya lantaran berbagi keuntungan dengan pengguna yang memiliki exposure besar.

Dampaknya bagi kehidupan masyarakat pun cukup terlihat. Youtuber menjadi salah satu cita-cita yang diimpikan banyak orang.

Pasalnya, dengan modal kamera, komputer, serta skill menyunting gambar, setiap orang bisa mendapatkan popularitas dan penghasilan yang besar.

Mau Jadi Youtuber Ikuti Cara Bikin Video Trending di YouTube! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Nonton Youtube Dapat Uang? Gimana Cara Dapatnya?]

 

Di YouTube, video yang banyak ditonton makin berpotensi meningkatkan pendapatan bulanan. Dengan begitu, jika kamu memproduksi banyak video dengan rata-rata penonton yang tinggi, penghasilanmu juga tinggi.

Salah satu prestige menjadi konten kreator YouTube adalah ketika karya yang dibuat masuk kolom trending. Jika trending di Twitter menampilkan kata atau frasa unik yang ramai dibicarakan, maka trending YouTube memuat deretan video dengan performa tinggi.

tentu saja, setiap orang bisa membuat kontennya berada di sini asalkan memiliki performa yang baik. lantas, bagaimana agar video masuk trending?

 

Bagaimana Sebuah Konten Bisa Trending di YouTube?

Seperti yang sudah dibahas di atas, konten trending menjadi dambaan banyak konten kreator. Hal itu dianggap prestige karena berhasil menempatkan video dalam daftar teratas.

Jika kamu ingin kontenmu masuk trending, setidaknya videomu harus memiliki 5 hal berikut:

  1. Memiliki topik menarik dan sesuai untuk penonton di suatu wilayah yang luas. Misal, kamu membuat konten perencanaan keuangan untuk freelancer. Konten itu akan disukai karena profesi freelancer tengah digandrungi.
  2. Tidak menyesatkan, clickbait, atau sensasional. Meskipun kamu ingin terlihat menonjol melalui judul, usahakan untuk tetap menampilkan sesuatu yang sesuai dengan isi konten. Judul dan thumbnail yang tidak tepat membuat orang malas mengeklik kontenmu yang lain.
  3. Menceritakan apa yang terjadi di YouTube atau dunia. Orang-orang akan tertarik dengan video yang berkaitan dengan hidup mereka. Misalnya, kamu mengangkat tentang seorang ibu yang selalu memasak untuk keluarganya atau kegiatan sehari-hari pecinta hewan.
  4. Video yang menunjukkan keragaman pembuat.
  5. Baru, penuh kejutan, dan menyenangkan. Konten yang orisinal dan penuh kejutan selalu dinanti-nanti oleh penonton. Maka, jika kamu bisa meracik komponen yang pas agar disukai, kamu bisa menjadi youtuber sukses dalam waktu dekat. Sementara itu, definisi menyenangkan bukan berarti konten yang kamu buat harus berisi hal-hal yang membuat tertawa. Menyenangkan bisa diartikan sebagai “sesuai dengan selera penonton”. Misal, kamu memiliki segmen-segmen tertentu di kanalmu untuk menjaring penonton yang beragam. Jika ternyata hanya ada satu segmen yang disenangi, maka kamu harus memprioritaskan segmen tersebut.

 

Algoritma YouTube membaca beberapa hal untuk membuat video trending. Tentu saja semuanya berkaitan dengan performa video.

Berikut adalah hal-hal primer yang memegang peran penting menghasilkan video trending:

  1. Jumlah tayangan. Tentu saja jumlah tayangan sangat mempengaruhi trending. Penonton yang masif membuat algoritma membacanya sebagai konten yang disukai.
  2. Pertumbuhan jumlah penonton dalam waktu tertentu. Umumnya video trending mengumpulkan penonton yang banyak dalam waktu singkat. Misal, kanal YouTube kontes menyanyi bisa mencetak hingga 1,5 juta penonton dalam 19 jam atau video musik penyanyi yang mencetak hingga 10 juta penonton dalam sehari.
  3. Asal tayangan, termasuk dari luar YouTube. Exposure yang dibangun di luar YouTube ternyata juga bisa mempengaruhi trending, lho. Misal, jika sebuah portal berita mengutip tautan konten yang kamu buat dan menyediakan klik langsung ke YouTube.
  4. Usia video. Video trending adalah video baru. Maka, sebisa mungkin pikirkan konsep dengan matang dan potensi penonton ketika membuatnya.
  5. Performa video dibandingkan dengan unggahan terbaru lainnya dari kanalmu. Maksudnya, jika dalam waktu yang berdekatan kamu mengunggah 2 video, misal, satu video cover lagu dan satu video review makanan, YouTube akan membandingkan kedua performa keduanya untuk menentukan trending. Maka dari itu, kamu perlu membuat video yang bisa dinikmati dalam waktu yang lama, mempromosikan setiap video yang diunggah, menggunakan thumbnail yang menarik, membuat metadata, dan konsisten.

 

banner -perencanaan keuangan usia 30an

 

Menjadikan Video Trending

Untuk menghasilkan video trending atau setidaknya disukai, kamu perlu membuat penonton akrab dengan kontenmu. Berikut cara termudahnya:

 

#1 Buat Konten yang Menarik

Konten menarik di sini tidak selalu yang sesuai dengan keinginanmu, melainkan keinginan pasar—jika tujuan utama kamu adalah video trending, exposure, dan penghasilan. Kamu perlu membuat konten yang disukai orang-orang.

Kamu perlu membuat kanal yang secara khusus membahas topik tertentu. Misal, tentang memasak, edukasi finansial, atau berita artis. Jika kanalmu sangat general, akan kecil kemungkinan orang datang lagi untuk menonton konten-konten yang lain.

 

#2 Membuat Cuplikan Video yang Menarik

Buat mereka mendengarkan suara dan potongan video tanpa mengekliknya. Dalam hal ini kamu bisa memanfaatkan cuplikan video.

Apa yang harus ada dalam cuplikan tersebut? Tentu saja harus memuat keunikan kanal, kepribadianmu, dan alasan mengapa penonton harus menonton semua videomu.

Yang harus diingat, jangan pernah mengungkapkan alasan dengan jelas, gunakanlah perumpamaan, scene, atau melalui kalimat terselubung.

Tipsnya:

  • Pastikan kamu telah mengaktifkan fitur cuplikan.
  • Usahakan menampilkan yang terbaik dalam beberapa detik pertama.
  • Tunjukkan, jangan katakan. Jika kamu memiliki kanal masakan, tunjukkan cara memasak yang benar. Begitu pun jika kamu memiliki konten utama short movie. Terjemahkan karya terbaikmu melalui cuplikan.
  • Kamu bisa saja menggunakan video terbaru sebagai cuplikan. Tapi tidak ada salahnya membuat konten khusus yang menampilkan seluruh bakatmu.

Mau Jadi Youtuber Ikuti Cara Bikin Video Trending di YouTube! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pengen Gabung Komunitas Youtuber Indonesia? Cek Aja Di Sini!]

 

#3 Temukan Penontonmu

YouTube merupakan tempat yang cocok untuk banyak orang menemukan hiburan. Kamu juga bisa membuat basis penggemar agar setiap video yang dibuat memiliki engagement yang tinggi.

Berikut hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga basis penggemar agar video bisa trending:

  • Jalin komunikasi dengan penontonmu. Jika mereka berkomentar, sempatkan waktu untuk membalasnya. Mereka akan sangat menghargai itu. Penonton video sebelum YouTube lahir, misalnya penonton TV, tidak pernah punya ruang untuk berinteraksi dengan pembuat konten secara langsung. Maka, dengan kehadiran kolom komentar YouTube, kamu bisa mengukur seberapa orang menyukai karyamu.
  • Temukan basis penonton dengan minat sama di dalam atau di luar YouTube. Kamu bisa menemukan komunitas yang relevan agar video lebih banyak ditonton. Jangan segan untuk bergabung di grup sesama influencer atau fansclub tertentu untuk memperluas jaringan.

 

Mulai Aktif Membuat Konten

Ada banyak hal yang harus kamu perhatikan untuk membuat konten trending untuk menjadi seorang youtuber, seperti jumlah tayangan, waktu tayang, asal tayangan, hingga usia video.

Sembari membuat konten, kamu juga bisa, lho, konsultasi dengan perencana keuangan, misalnya untuk merencanakan dana beli gear baru atau dana untuk iklan video.

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi Finansialku yang bisa diunduh di Google Play dan App Store. Setelah itu, kamu tinggal upgrade ke akun premium untuk menikmati layanan keuangan secara menyeluruh.

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

Itulah cara membuat video trending di Youtube yang bisa kamu ikuti. Selamat mencoba dan jangan lupa bagikan artikel ini pada Sobat Finansialku lainnya. Terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Membuat Konten yang Hebat. Creatoracademy.youtube.com – https://bit.ly/3d19YhD

 

Sumber Gambar:

  • Youtuber 1 – http://bit.ly/3autAsO
  • Youtuber 2 – http://bit.ly/3dn62YR
  • Youtuber 3 – http://bit.ly/3bifwSu