Rumah Toko atau Ruko bisa menjadi investasi yang menjanjikan. Namun, bagaimana cara memaksimalkan fungsi ruko agar bisa digunakan dengan baik?

Cari tahu jawabannya dalam artikel Finansialku berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Fungsi Ruko

Saat ini banyak sekali ruko yang berjejer di setiap jalanan kota.

Rumah Toko atau Ruko merupakan sebuah istilah yang mendeskripsikan sebuah bangunan yang memiliki fungsi ganda untuk dua kepentingan yang berbeda.

Selain sebagai tempat usaha, ruko pun berfungsi sebagai tempat hunian, di mana keduanya tentu tidak boleh saling mengganggu dan masing-masing memiliki kepentingan mempunyai porsi yang sama kuatnya.

Memiliki usaha di rumah merupakan tujuan hidup banyak orang.

Dengan memiliki usaha yang bisa diatur dari rumah, otomatis Anda tidak perlu pergi ke kantor setiap pagi, karena semuanya bisa dipantau dari rumah dan kapanpun.

Hal inilah yang mendasari menjamurnya ruko yang menggabungkan fungsi bisnis dan tempat tinggal.

Karena memiliki fungsi komersil, rata-rata lokasi ruko pun cukup strategis dan mudah diakses dari jalan raya. Lokasi ruko yang strategis ini turut menentukan harga penjualan ruko.

7 Kesalahan dalam Memilih Ruko untuk Tempat Usaha 02 - Finansialku[Baca Juga: Bagaimana Tips Merencanakan dan Cara Mengatur Keuangan Untuk Pasangan Muda]

 

Sebelum membahasnya, jika Anda adalah salah satu pebisnis pemula, hal yang harus ingat saat berbisnis ialah jangan sampai Anda lupa dengan pengelolaan keuangan dalam bisnis.

Terkadang, banyak yang masih belum bisa melakukan pengelolaan keuangan bisnis dan pribadi dengan baik.

Beberapa di antaranya, sering keliru akan sumber uang yang digunakan untuk kebutuhan bisnis.

Untuk meminimalisasi segala kemungkinan, akan lebih baik jika Anda memanfaatkan tools yang sering digunakan khusus pengelolaan dan perencanaan keuangan, seperti aplikasi Finansialku.

Aplikasi Finansialku merupakan aplikasi berbasis website yang dapat membantu penggunanya untuk melakukan pengelolaan dan perencanaan keuangan, termasuk keuangan bisnis.

Jika belum memilikinya, segera download melalui Google Play Store atau lakukan registrasi melalui PC.

Dapatkan potongan harga berlangganan hingga Rp50.000 dengan kode promo: POTONG50RIBU untuk menjadi member Premium agar Anda bisa berkonsultasi tanpa batas dengan Konsultan Keuangan Bersertifikat dari Finansialku.

Jika ingin lebih memahami mengenai bagaimana cara melakukan pengelolaan keuangan bisnis dan pribadi dengan baik, pelajari saja melalui ebook Finansialku yang satu ini:

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Cara Memaksimalkan Fungsi Ruko

Membangun ruko sebagai sarana tempat tinggal sekaligus area untuk berbisnis tentu memiliki nilai investasi yang tinggi.

Agar ruko yang Anda miliki nyaman dan memiliki fungsi yang strategis, Anda harus perhatikan hal-hal berikut ini dalam hal mendesain ruko yang Anda miliki, mulai dari:

 

#1 Aplikasikan Desain Minimalis dan Multifungsi

Rata-rata ruko yang banyak di temui di perkotaan menggunakan desain yang minimalis.

Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan space yang ada agar lebih bisa digunakan untuk menjual batang dagangan atau untuk menyimpan stok barang.

Maksimalkan setiap sudut ruko menjadi multifungsi, terutama di bagian ruko yang digunakan sebagai tempat tinggal.

Contohnya ruang keluarga yang bisa difungsikan sekaligus sebagai ruang makan dan ruang menonton TV.

Selain itu, sebaiknya minimalkan penggunaan partisi, terutama di bagian ruko yang digunakan untuk menjual barang.

7 Kesalahan dalam Memilih Ruko untuk Tempat Usaha 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ini 10 Pertanyaan Manajemen Keuangan yang Harus Anda Bicarakan dengan Pasangan]

 

#2 Gunakan Pencahayaan dalam Ruko

Agar terkesan mewah, gunakanlah pencahayaan yang terang di dalam ruko, karena konsumen biasanya enggan untuk datang ke ruko yang terlihat kusam, gelap, dan minim pencahayaan.

Ruko yang bersih, terang, terlihat luas dan minim ornamen justru menarik minat pengunjung.

Lengkapilah toko dengan barang dagangan secukupnya dan jangan terlalu banyak barang hingga membuat pengunjung tidak nyaman.

Pasanglah beberapa pencahayaan yang optimal dan mampu membuat suasana ruko lebih terang.

 

#3 Memiliki Fasilitas dan Desain yang Menarik

Mengenai penataan interior untuk tempat usaha, usahakan penataannya fleksibel.

Penataannya harus disesuaikan dengan jenis usahanya sebisa mungkin buat tampilan yang menarik.

Jika ruko Anda akan digunakan untuk membuka bisnis rumah makan, maka tempat masaknya bisa ditempatkan pada bagian depan.

Atau jika digunakan untuk usaha butik, pada bagian depan ada ruang pameran bajunya.

Hal yang paling penting dan harus diperhatikan adalah tata letak penyimpanan dan persiapan barang dagangan.

Buatlah semenarik mungkin dengan memaksimalkan space yang ada.

Investasi Ruko 01 - Finansialku

[Baca Juga: 9 Tips Membeli Rumah Bekas Minimalis dengan KPR agar Tidak Ketipu dan Menguntungkan]

 

#4 Lokasi yang Mudah Diakses

Beberapa hal lainnya yang penting untuk diperhatikan dari segi usaha adalah ruko tersebut harus mudah diketahui orang-orang.

Sebisa mungkin pilihlah tempat yang strategis, mudah diakses, dan memiliki fasilitas parkir yang luas.

Lokasi ruko yang strategis ini turut menentukan harga penjualan ruko. Semakin strategis lokasinya, maka semakin mahal harganya.

Bahkan, sebuah ruko di pusat kota harganya bisa menyentuh angka miliaran. Untuk itu, ruko tak hanya memiliki sisi fungsional, tapi juga nilai investasi yang menjanjikan

 

#5 Tonjolkan Tampilan Muka Ruko

Jika Anda membeli ruko yang sudah jadi biasanya memiliki desain muka yang nyaris sama dengan ruko-ruko lain di sampingnya.

Hal ini tentu menjadi tidak adanya tanda khusus yang membedakan bisnis Anda dengan toko lainnya.

Maka dari itu, Anda bisa meminta developer untuk membuat desain tampilan muka ruko yang khusus dan sedikit berbeda dengan ruko yang lain.

Jika tampilan eksterior ruko Anda sudah terlanjur sama dengan ruko lain, sebaiknya lakukan sedikit renovasi pada ruko atau perbaikan.

Anda bisa mengganti warna cat, memasang plang toko berukuran besar, atau menghiasinya dengan tanaman-tanaman dalam pot yang diletakkan di sekelilingnya.

Rukotel Rumah Toko Hotel Peluang Usaha Di 2018 02 - Finansialku

[Baca Juga: 5+ Situs Jual Beli Rumah Terbaik yang Terpercaya di Indonesia]

 

#6 Pisahkan Rumah dan Toko

Meskipun rumah toko ini dapat digunakan sebagai hunian dan tempat bisnis, alangkah lebih baik jika rumah dan kegiatan usaha tetap harus dipisahkan.

Bangunan ruko kebanyakan hadir dengan jumlah lantai yang lebih dari satu, bisa ruko 2 lantai atau ruko 3 lantai.

Hal ini dimaksudkan agar area di lantai bawah bisa difungsikan sebagai area toko, sementara lantai di atasnya bisa menjadi hunian.

Misalnya untuk tempat tinggal dan kumpul keluarga ada di lantai atas, sedangkan untuk kegiatan usaha menggunakan lantai paling bawah.

Hal ini penting agar kegiatan usaha di lantai bawah akan lebih mudah diakses oleh para konsumen dan relasi ataupun pelanggan dan ruangan keluarga Anda pun tentu tidak akan terganggu.

Karena ruko ini bisa dijadikan tempat hunian, maka ruko yang Anda miliki harus nyaman untuk ditinggali serta memberikan ruang privasi terhadap penghuninya.

Paling tidak sediakan fasilitas sebagai rumah hunian seperti kamar mandi, kamar tidur, ada ruangan-ruangan dan fleksibel atau harus bisa mengikuti perkembangan jumlah anggota keluarga yang tinggal di ruko tersebut.

 

Keuntungan Memiliki Ruko

Jika Anda ingin berinvestasi melalui ruko, Anda bisa mendapatkan penghasilan dan pemasukan yang jumlahnya besar dalam periode waktu yang lama.

Seperti properti jenis lain, investasi ruko menawarkan banyak keuntungan. Selain nilai jual yang terus naik di tiap tahunnya, ruko juga bisa dimanfaatkan sendiri untuk berniaga, atau menyewakannya.

Selain itu, Anda juga bisa menjangkau lebih banyak pasar atau calon konsumen baik untuk transaksi pembeli ataupun penyewaan ruko.

Karena saat ini banyak sektor usaha yang bisa dilakukan oleh ruko seperti penjualan barang, pelayanan jasa, tempat kursus, salon, klinik kesehatan, rumah makan dan lainnya.

 

Itulah sejumlah cara memaksimalkan fungsi ruko, apakah Anda mendapatkan ilmu baru?

Bagikan artikel ini kepada kerabat Anda terutama yang membangun sebuah ruko. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 23 Juli 2014. Mendesain dan Membangun Rumah Toko (Ruko) : Hal-Hal Apa Saja yang Harus Diperhatikan. Architectaria.com – https://bit.ly/2ons2eC
  • Admin. 26 Oktober 2016. Memaksimalkan Fungsi Ruko. Rumah190.com – https://bit.ly/2mOi068
  • Admin. 9 Mei 2017. Manfaat Miliki Rumah dan Toko (Ruko) di Pinggir Jalan. Komeringonline.com – https://bit.ly/2meHucv

 

Sumber Gambar:

  • Cara Maksimalkan Fungsi Ruko – http://bit.ly/2o6qxSc