Masih muda sudah kaya siapa yang tidak mau. Lalu bagaimana caranya supaya jadi miliarder sebelum usia 30 tahun?

Mari kita simak selengkapnya dalam artikel Finansialku berikut ini.

 

Banyak Jalan Jadi Orang Kaya

Kata orang, uang memang bukan segalanya. Tapi segalanya butuh uang. Memiliki aset berlimpah bisa jadi merupakan impian setiap orang. Mau beli apa saja bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus mengecek rekening.

Walaupun uang bukan satu-satunya indikator kebahagiaan, tapi dengan adanya uang pilihan menjadi lebih banyak.

 

Sebenarnya banyak lho jalan untuk menjadi kaya. Ini beberapa caranya:

 

Jadi Anak Orang Kaya

Ini sih sudah pasti ya, dari lahir tidak perlu memikirkan soal uang di rekening. Mau apapun sudah disediakan yang terbaik oleh orang tua. Hidup terasa lebih mudah dengan segala fasilitas yang sudah disediakan sedari lahir.

 

Nikah Sama Orang Kaya

Banyak yang menjadikan pernikahan adalah “jalan ninja” dalam mengembangkan aset yang dimiliki. Menjadi menantu dari pejabat atau pasangan dari pengusaha sukses bagaikan kisah cinderella dalam dunia nyata.

[Baca juga: 4 Cara Menjadi Kaya dengan Strategi yang Cerdas]

 

Mendapatkan Warisan

Salah satu berkah menjadi anak orang kaya adalah pemindahan aset dari orang tua dalam bentuk warisan. Tapi ternyata tidak semua miliarder mewariskan harta untuk anak-anaknya, sebut saja Bill Gates, Warren Buffet, Mark Zuckerber, Michael Bloomberg dan George Lucas. 

Mereka lebih memilih untuk mendonasikan harta yang dimiliki dan mengajarkan anak-anaknya untuk bekerja keras dalam mencapai kesuksesan.

 

Mendapat Undian

Mungkin ini bulan jalan yang umum untuk menjadi kaya, karena peluangnya yang kecil membuat pemenang undian merasa menjadi orang yang sangat beruntung. 

Namun seringkali yang terjadi pada para pemenang undian adalah kekayaan yang dimiliki tidak berlangsung lama. Tidak adanya rencana keuangan yang baik, membuat “uang kaget” lebih cepat menguap untuk pengeluaran yang tidak penting.

 

Berbisnis

Jangan kecil hati kalau kamu bukan termasuk keempat golongan diatas. Pada kenyataannya banyak miliarder yang lahir melalui bisnis yang mereka bangun. Kerja keras tidak akan menghianati hasil, karena upaya mereka bisnis yang dibangun bisa menjadi aset yang terus berkembang.

 

Miliarder Muda Indonesia

Setiap tahun majalah Forbes merilis deretan nama 30 pebisnis muda berusia di bawah 30 tahun di Asia. Nama yang ditampilkan bukan sembarangan, karena sudah melalui seleksi dari ribuan kandidat, serta dikurasi langsung oleh juri yang merupakan CEO perusahaan.

Dari 30 nama tersebut empat diantaranya berasal dari Indonesia, sedangkan sisanya dari negara-negara di Asia, seperti India, Pakistan, Korea Selatan, Jepang, Hong Kong, Singapura, China, dan Bangladesh.

Tentu hal ini menjadi satu kebanggan tersendiri bagi Indonesia, karena bisa dijajarkan dengan negara-negara besar di Asia dalam menghasilkan miliarder muda.

Melansir laman resminya, berikut 4 pengusaha muda Indonesia yang masuk Forbes Under 30 Asia 2021:

 

Stefani Tan

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Stefani Tan (@stefanitan)

Berusia 28 tahun yang merupakan desainer sekaligus pendiri dari merk pakaian Jolie Clothing yang berbasis di Jakarta. Bisnis yang dibangun dari tahun 2014 ini memiliki misi untuk menyediakan pakaian yang nyaman tapi juga terjangkau.

 

Wiliam Sunito

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by William Sunito (@williamsunito)

Meneruskan bisnis keluarga yaitu toko grosir offline menjadi satu situs layanan e-commerce yang khusus menjadi tempat penjualan bahan pembuatan kue, termasuk peralatannya. William Sunito yang berusia 28 tahun bukan hanya e-commerce tapi situs yang dia dirikan juga menyediakan loka karya, demo masak, hingga layanan penyewaan dapur.

 

Jessica Lin

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Jessica Lin (@jessicabits)

Jessica yang berusia 29 tahun ini merupakan pendiri dari Deca Group, perusahaan yang bergerak pada sector kesehatan dan kecantikan yang sudah dibangun sejak tahun 2016 silam.

 

Jennifer Heryanto

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Jennifer Heryanto (@jennheryanto)

Merupakan pendiri dari SKK Jewels yaitu perusahaan penjual perhiasan emas dan The Wisemen & Comapany, sebuah perusahaan manajemen merek yang berfokus pada barang konsumsi, kecantikan, kemewahan, dan gaya hidup.

Selain nama diatas juga masih banyak lagi anak muda yang memperoleh pengembangan aset melalui jalan bisnis. Sebut saja, Amanda Cole (Founder Sayurbox), James Pranoto (Cofounder Kopi Kenangan), Haryanto Tanjo (Cofounder Moka), dan masih banyak lagi deretan nama lainnya.

 

Bisnis Untuk Anak Muda

Bukan hanya daftar nama pebisnis muda diatas, masih banyak lagi anak muda yang memulai kesuksesannya membangun kekayaan dengan jalan berbisnis.

[Baca juga: 10 Pengusaha Sukses Indonesia, Muda & Inspiratif]

Tidak perlu membayangkan bisnis dengan modal ratusan juta rupiah dulu. Karena sebenarnya banyak sekali bisnis yang bisa kita mulai dan tekuni.

Dikutip dari situs businessknowhow.com, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memulai bisnis tanpa modal.

 

Kenali dan Gunakan Aset yang Dimiliki

Jika saat ini kita belum memiliki modal dana bukan berarti kita tidak memiliki apapun. Coba kenali diri apa yang kita miliki saat ini, bisa dalam bentuk pengetahuan, keterampilan, maupun alat yang bisa mendukung kita dalam memulai bisnis. 

Manfaatkan juga jika memiliki komputer dan ponsel untuk mulai memasarkan keterampilan yang kita miliki tersebut. Tidak sulit untuk memasarkan produk dan jasa melalui sosial media.

Banyak juga pebisnis yang memulai pasarnya dari pertemanan jejaring sosial media, seperti Instagram, tiktok, dan sebagainya.

Memanfaatkan Hobi 

Bisnis yang berasal hobi membuat kita bisa lebih ringan menjalankannya, karena bisa melakukan hal yang kita sukai. Membuat kue, menggambar, atau hobi lainnya yang bisa kita gali dan mendatangkan penghasilan jika dijalani dengan tekun.

Banyak lho bisnis sukses yang bermula dari sekedar hobi. Jangan takut tidak ada marketnya, malah ini adalah potensi yang bisa kita kembangkan yaitu menciptakan market sendiri untuk bisnis yang kita buat.

Jadi Bos Untuk Diri Sendiri

Memulai bisnis, terlebih dengan modal yang minim tentu membuat kita berpikir berkali-kali jika ingin memperkerjakan karyawan. Selain masalah anggaran yang super ketat menjadi pertimbangan, bisnis yang dilakukan semua secara sendiri tentu lebih memudahkan kita dalam mengeksplor apa yang kita inginkan.

Mulai dari produksi, pemasaran, hingga after sales service kepada pelanggan semua dilakukan seorang diri. Peran sebagai boss maupun karyawan dilakukan oleh kita seorang. Bukan hal yang mudah memang, tapi percaya deh akan ada kepuasan setelahnya karena kita bisa memastikan semuanya berjalan sempurna seperti yang kita inginkan.

 

Cara Menjadi Pebisnis Muda yang Sukses

Bagaikan mendaki gunung, jalannya tentu tidak mudah dan akan menjumpai banyak kerikil yang menghadang. Demikian juga jalan menjadi sukses, baik sukses dalam hidup maupun dalam berbisnis, dalam perjalanannya akan penuh dengan tantangan. Tapi saat kita berhasil melaluinya, pemandangan indah bisa kita nikmati pada puncaknya.

Berikut 5 kunci untuk mencapai kesuksesan yang bisa Sobat Finansialku lakukan, bahkan di usia muda, mari kita simak bersama.

 

Tentukan Tujuan 

Masa muda adalah masa yang paling indah untuk bersenang-senang. Karena belum berkeluarga dan memiliki tanggungan, maka hari-hari lebih banyak dihabiskan dengan melakukan hal menyenangkan bersama teman-teman. Hangout di café, clubbing, liburan, ngopi cantik, dan sederet agenda lainnya yang sering dilakukan oleh anak muda.

Tidak ada salahnya menikmati hidup, namun perlu dipikirkan juga tujuan hidup ke depannya mau seperti apa. Waktu terus berjalan dan tidak bisa diulang kembali. 

Investasikan waktu untuk menetapkan tujuan untuk 10 sampai 20 tahun ke depan. Masukan juga plus minus serta saran dari orang lain sebagai pertimbangan dari poin yang ditetapkan. 

 

Menghilangkan Pikiran Negatif

Dalam perjalanan hidup, pasti ada saja tantangan yang kita harus hadapi. Tidak jarang kita menemukan titik dimana kita harus mengambil keputusan. Tentu ini bukan hal yang sederhana dan mudah, karena dibutuhkan berbagai pertimbangan.

Seringkali sebelum memutuskan sesuatu, muncul berbagai asumsi yang tidak baik dan berujung pada pikiran negatif. Bukan hanya asumsi terhadap orang lain atau kondisi, tapi bisa juga asumsi terhadap diri sendiri. Merasa minder dan tidak mampu melakukan sesuatu tanpa mencobanya terlebih dahulu.

Jika pikiran negatif terus muncul, maka bisa menghambat kita dapat mencapai kesuksesan. Biasakan berpikiran positif dalam menyikapi sesuatu. Seperti kata pepatah, di mana ada niat, di situ ada jalan keluarnya.

[Baca juga: 16 Tips Menjadi Pengusaha Sukses dari Nol]

 

Berteman Dengan Orang Sukses

Cara kita berpikir dan bertingkah laku seringkali dipengaruhi oleh dengan siapa kita bergaul dan menghabiskan waktu. Untuk itu ada baiknya kita memilih teman yang bisa mengeluarkan sisi positif serta menjadikan diri kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Perbanyaklah berteman dengan orang sukses yang ada di sekitar kita. Dengan demikian kita bisa termotivasi melihat cara mereka meraih kesuksesan serta mendapatkan kisah pengalaman kegagalan tanpa harus mengalaminya sendiri.

 

Memulai Investasi

Berinvestasi selagi muda merupakan keuntungan besar yang jarang disadari oleh banyak orang. Belum berkeluarga dan tidak memiliki tanggungan finansial tentu membuat kita bisa lebih cepat mengembangkan aset tabungan dan investasi yang dimiliki.

Investasi pun bukan terbatas pada saham atau reksadana dan berbagai produk investasi yang ada. Membeli sneakers, tas ataupun baju juga bisa menjadi investasi sekaligus menambah gaya kita jika kita pandai memilihnya dengan cermat.

Pelajari market, barang apa yang laku dan banyak peminatnya. Bahkan masih banyak jenis senakers ataupun tas yang harganya masih selangit bahkan dalam kondisi sudah pernah dipakai. Jadi uang yang kita belanjakan tidak sia-sia, karena masih ada nilai jual kembali dari barang yang kita miliki.

 

Berani Mengambil Risiko

Saat masih muda, habiskan jatah gagalmu, begitu banyak orang bilang. Maka tidak heran banyak anak muda yang tidak takut mencoba hal baru dan mempertaruhkan risiko, termasuk dalam memulai menjalankan bisnis. 

Berani keluar dari zona nyaman itu bagus, namun ada baiknya jika menyangkut risiko perlu dipikirkan dengan matang bukan hanya menyadari risiko apa yang akan timbul, tapi juga mitigasi terhadap risiko tersebut.

Jadi jika mengalami kegagalan, kita tidak mudah menyerah dan bisa langsung bangkit lagi.

 

Sukses di usia muda

Kesuksesan tidak hanya bisa dicapai pebisnis berusia senior menekuni satu bidang. Saat ini banyak sekali kesempatan yang bisa menjadi peluang bagi anak muda untuk mencapai kesuksesan.

Menjadi sukses dan kaya, bahkan pensiun dini bukan hanya menjadi mimpi belaka. Sobat finansialku juga bisa kok mengikuti jejak para tokoh muda yang namanya masuk dalam deretan pengusaha muda seperti dalam Forbes 30 under 30.

Tidak perlu minder karena bukan berasal dari latar belakang keluarga “orang kaya”. Malah jadikan itu sebagai motivasi untuk menjadi lebih baik dari kondisi saat ini, serta bisa membahagiakan orang tua saat sudah sukses kelak.

 

Sebelum memulai berbisnis sebaiknya miliki dulu perencanaan keuangan bisnis yang baik dan benar. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar keuangan bisnis dan cara pengelolaannya, yuk langsung diskusikan dengan financial planner terbaik di Finansialku.

Yuk download aplikasinya di Google Play Store maupun Apple Apps Store sekarang! Nikmati konsultasi dan cek kesehatan keuangan dengan akses premium gratis selama 30 hari. 

Jika Anda merasa terbantu dengan aplikasi Finansialku premium, silakan gunakan kode voucher WEBTAHUNAN saat melakukan upgrade aplikasi premium dan dapatkan diskon langsung Rp 50 ribu.

 

Bagi Sobat Finansialku yang sedang mengejar impian, terus semangat meskipun sedang menghadapi rintangan dan kesulitan.

Terima kasih sudah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat bagi Sobat Finansialku yang sudah membacanya.

 

Editor: Nurdevi Noviana

Sumber Referensi:

  • Admin. 22 April 2021. 4 Pebisnis Muda Indonesia Masuk Daftar Forbes Usia di Bawah 30 Tahun. Merdeka.com – https://bit.ly/3jnhqW9
  • Admin. 4 Januari 2020. 5 Miliarder Ini Tidak Wariskan Harta untuk Anaknya, Ada Bill gates Hingga Mark Zuckerberg. Okezone.com – https://bit.ly/2VzqAXn
  • Admin. 9 April 2019. 17 Pengusaha Muda Masuk Forbes ’30 Under 30 Asia’ Siapa Saja Mereka?. Cermati.com – https://bit.ly/3xq65JK
  • Admin. 12 Februari 2019. Sukses di Usia Muda, 7 Hal Ini Menjadi Kuncinya. Cermati.com – https://bit.ly/3lzo3ao