Apakah Anda berencana untuk memiliki kartu kredit? Sebelum memutuskan untuk melakukan pengajuan, ada baiknya Anda mengetahui lebih dulu bagaimana menggunakannya dengan benar agar Anda tidak terjebak dalam masalah keuangan yang akan menyulitkan Anda di masa depan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Cara Pemakaian Kartu Kredit yang Benar

Berikut ini ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar pemakaian kartu kredit milik Anda dapat dipergunakan dengan benar dan sebaik-baiknya.

 

#1 Perhatikan Penggunaan Kartu Kredit Anda

Sebaiknya Anda menggunakannya sebesar yang mampu Anda bayarkan. Perhatikan penggunaan kartu kredit Anda dan gunakan hingga maksimal hanya 30% dari limit yang Anda miliki.

 

#2 Lakukan Pertimbangan Sebelum Menggunakan Pembelian Besar

Jika Anda berencana melakukan pembelian sesuatu dengan nominal yang cukup tinggi, cobalah untuk mempertimbangkannya ulang dan jangan terburu-buru mengambil keputusan. Anda dapat mengambil waktu berpikir setidaknya satu hari untuk mengetahui apakah Anda sungguh-sungguh memerlukan pembelian tersebut atau hanya menginginkannya saja.

Kartu Kredit Cara Pemakaian yang Benar vs Cara Pemakaian yang Salah 02 - Finansialku

[Baca Juga: Biaya-Biaya Kartu Kredit yang Harus Diketahui Sebelum Anda Melakukan Pengajuan Kartu Kredit Online]

 

#3 Tinjau Kembali Tagihan Anda

Meski jarang terjadi, lakukan selalu peninjauan kembali tagihan Anda selama satu bulan dan cek apakah waktu dan jumlah pembelian Anda telah sesuai dengan yang Anda lakukan. Apabila terdapat transaksi yang tidak Anda ketahui, segera lakukan konfirmasi kepada bank penyedia kartu kredit Anda.

 

#4 Konfirmasi Keterlambatan Pembayaran Anda

Jika karena suatu hal Anda tidak dapat melakukan pembayaran tagihan kartu kredit tepat waktu, segera lakukan konfirmasi atas keterlambatan Anda. Jika selama ini Anda merupakan konsumen yang baik dan senantiasa membayar tepat waktu, mungkin pihak bank mengurangi atau bahkan tidak membebankan biaya keterlambatan kepada Anda.

Memilih Kartu Kredit Sesuai dengan Fitur yang Dibutuhkan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Memilih Kartu Kredit Sesuai dengan Fitur yang Dibutuhkan]

 

#5 Negosiasikan Biaya Tahunan Anda

Biaya Tahunan adalah biaya yang dibebankan kepada Anda setiap satu tahun penggunaan kartu kredit Anda. Sebelum biaya tahunan ditetapkan, Anda bisa mencoba melakukan negosiasi dengan pihak penyedia. Meskipun tidak semua orang bisa mendapatkan keringanan biaya tahunan, tapi kemungkinan untuk mendapatkannya dapat semakin besar apabila Anda merupakan konsumen yang baik dan tepat waktu.

 

#6 Manfaatkan Bonus yang Anda Dapatkan

Beberapa kartu kredit memberikan Anda poin dan bonus yang dapat Anda dapatkan dari setiap transaksi. Bonus ini dapat berupa cashback atas transaksi yang Anda lakukan, diskon, atau poin yang Anda dapatkan dari setiap transaksi. Perhatikan masa berlaku dan kadaluarsa atas bonus yang Anda dapatkan dan manfaatkan bonus tersebut sebelum kadaluarsa.

Selain Syarat Membuat Kartu Kredit, Apa Saja yang Harus Anda Tanyakan Saat Apply Kartu Kredit Online 01 - Finansialku

[Baca Juga: Selain Syarat Membuat Kartu Kredit, Apa Saja yang Harus Anda Tanyakan Saat Apply Kartu Kredit Online?]

 

Cara Pemakaian Kartu Kredit yang Salah

Selain pemakaian kartu kredit yang benar, Anda juga harus memperhatikan cara pemakaiannya yang salah.

 

#1 Melakukan Pengajuan Kartu Kredit Lebih dari Satu

Meskipun terdengar efisien, mengajukan lebih dari satu akan menyulitkan Anda dan memberikan catatan finansial yang kurang baik bagi Anda. Karena itu, pastikan Anda hanya melakukan satu pengajuan di satu waktu.

 

#2 Telat Membayar Tagihan

Telat membayar tagihan Anda merupakan hal yang buruk dan hanya akan merugikan Anda. Ketika Anda terlambat membayar tagihan, maka Anda akan dikenakan denda atau biaya keterlambatan, di samping juga memberikan catatan negatif pada catatan finansial Anda. Pastikan Anda tidak terlambat membayar tagihan dengan mengatur pengingat atau dengan meminta kepada bank agar Anda dapat menentukan sendiri batas waktu pembayaran tagihan Anda.

Promo Kartu Kredit yang Harus Diketahui Sebelum Apply Kartu Kredit 03 - Finansialku

[Baca Juga: Promo Kartu Kredit yang Harus Diketahui Sebelum Apply Kartu Kredit]

 

#3 Tidak Melunasi Tagihan Anda

Meskipun ada batas minimum pembayaran dan Anda bisa melunasi batas minimal pembayaran yang telah ditetapkan saja, namun jangan pernah melakukan hal tersebut. Dengan hanya membayar sebagian tagihan, Anda akan menyisakan sebagian lainnya di dalam tagihan Anda bulan berikutnya. Pada umumnya, bank akan membebankan beban tambahan atas tagihan yang tak dapat dilunasi. Apabila dibiarkan berlarut, jumlah ini akan semakin besar dan akan semakin menyulitkan Anda.

 

#4 Melebihi Limit Kartu Kredit Anda

Hanya membayar jumlah minimum pembayaran akan membuat bunga Anda semakin menumpuk. Kondisi ini dapat semakin buruk apabila Anda terus menerus menggunakannya seperti biasa. Dalam beberapa waktu, tagihan Anda akan menjadi lebih besar dari limit kartu kredit Anda dan kondisi ini bukanlah kondisi yang akan Anda inginkan.

Bagaimana Cara Kerja Kartu Kredit serta Apa Untung Ruginya Kartu Kredit 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Kerja Kartu Kredit serta Apa Untung Ruginya Kartu Kredit?]

 

#5 Membeli Sesuatu yang Tidak Dapat Anda Bayarkan

Meskipun memberikan Anda akses untuk gaya hidup yang lebih tinggi, jangan tergoda menggunakannya untuk membeli sesuatu yang akan menyusahkan Anda nantinya. Membeli sesuatu di atas kemampuan Anda, meskipun mungkin dilakukan dengan kartu kredit, tapi akan membuat Anda kesulitan untuk membayar tagihan Anda nantinya.

 

#6 Menggunakan Kartu Kredit untuk Kebutuhan Harian

Jangan tergoda dengan tawaran diskon yang diberikan untuk penggunaan kartu kredit Anda. Sebab, menggunakannyahampir setiap hari, menjadikan tagihan Anda meningkat dengan cepat. Gunakanlah dengan bijak dan gunakan uang tunai atau kartu debit Anda untuk sebagian besar transaksi Anda.

Bagaimana Cara Kerja Kartu Kredit dan Bagaimana Cara Membuat Kartu Kredit 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Kerja Kartu Kredit dan Bagaimana Cara Membuat Kartu Kredit]

 

#7 Memiliki Beberapa Kartu Kredit yang Tidak Terpakai

Jika Anda memiliki beberapa kartu kredit yang jarang atau tidak pernah Anda gunakan, sebaiknya Anda mulai menutup beberapa kartu kredit yang tidak Anda gunakan. Meskipun kartu kredit Anda jarang digunakan, namun biaya tahunan yang dibebankan kepada Anda akan tetap harus Anda bayarkan. Oleh karena itu, akan lebih bijak jika Anda menutup kartu kredit yang tidak terlalu memberikan manfaat kepada Anda.

 

Lakukan Pemakaian Kartu Kredit dengan Benar

Banyak kelebihan dan keuntungan yang ditawarkan oleh penyedia kartu kredit. Namun, sejalan dengan itu banyak juga kekurangan dan kelemahan dari pemakaian kartu kredit. Lakukanlah kegunaan kartu kredit milik Anda dengan benar. Jangan sampai kartu kredit tersebut membawa malapetaka bagi Anda.

 

Apakah Anda sudah memiliki kartu kredit sebelumnya? Bagaimana pengalaman Anda selama menggunakan kartu kredit? Bagikan pengalaman Anda di kolom komentar serta bagikan informasi yang tertera di atas kepada rekan dan kenalan agar mereka dapat lebih bijak dalam menggunakan kartu kredit, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Money Smart. Credit Card Do’s and Dont’s Part 1 (Do’s). Moneysmart.sg – https://goo.gl/ziJ90K
  • Money Smart. Credit Card Do’s and Dont’s Part 2 (Dont’s). Moneysmart.sg – https://goo.gl/hgFuxQ
  • Taylor Tepper. 10 Mei 2016. 15 Credit Card Do’s and Dont’s. Time.com – https://goo.gl/27pGYn

 

Sumber Gambar:

  • Credit Card – https://goo.gl/30dlmf dan https://goo.gl/bnBXBC

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana