Apa sih laporan keuangan pribadi? Dan kenapa penting untuk kita memiliki laporan keuangan pribadi?

 

Pernahkah kamu merasa belum akhir bulan kok saldo rekening sudah mulai menipis? Atau kamu sudah kerja dan punya penghasilan tapi tabungan segitu-gitu aja? atau rasanya mulai berat membayar cicilan utang? 

Nah bisa jadi ini adalah tanda-tanda keuangan kamu ada yang tidak sehat dan ini saatnya kamu perlu mulai melakukan pencatatan keuangan.

Pencatatan keuangan dimulai dari mencatat setiap uang yang masuk dan keluar. Dengan melakukan pencatatan kita jadi tau apa saja pengeluaran kita setiap bulan dan berapa besarnya.

Setelah memiliki pencatatan keuangan langkah selanjutnya adalah kita perlu membuat laporan keuangan pribadi. Laporan keuangan pribadi mencakup arus kas/cashflow dan neraca/balance sheet. 

Cara Simpel Lakukan Analisis Laporan Keuangan Pribadi balance sheet

Balance Sheet

 

Arus kas mencakup pemasukan dan pengeluaran, sedangkan neraca mencakup aset dan kewajiban/utang yang kamu miliki. Dengan membuat laporan keuangan pribadi ini kamu bisa melihat bagaimana cashflow management kamu selama ini. 

[Baca Juga: Cara Sederhana Membuat Laporan Keuangan Pribadi Bulanan]

 

Seperti Apa Cashflow Kita Saat Ini?

Apakah pemasukan hanya numpang lewat? Atau kamu terlalu banyak utang-utang konsumtif? Atau sebagian penghasilan kamu sudah sisihkan sehingga aset kamu bertambah? 

Yuk coba cek tipe cashflow kamu yang mana?

 

Cashflow Tipe 1

Cara Simpel Lakukan Analisis Laporan Keuangan Pribadi cashflow 1

Cashflow Tipe 1 adalah jika selama ini pemasukan kamu selalu habis untuk pengeluaran. Tidak ada yang bisa ditabung atau menjadi aset, jadi istilahnya kamu selama ini hidup dari gaji ke gaji/paycheck to paycheck. Ouuchh!

 

Cashflow Tipe 2

Cara Simpel Lakukan Analisis Laporan Keuangan Pribadi cashflow 2

Cashflow Tipe 2 adalah jika selama ini pengeluaran kamu lebih banyak dihabiskan untuk sesuatu yang konsumtif atau menambah aset yang sifatnya lebih ke aset guna.

Aset guna adalah aset yang kita pakai, tidak menghasilkan income, nilainya cenderung turun atau menambah biaya/pengeluaran. Selain itu mulai bertambah juga cicilan-cicilan utang konsumtif.

 

Cashflow Tipe 3

Cara Simpel Lakukan Analisis Laporan Keuangan Pribadi cashflow 3

Cashflow Tipe 3 adalah jika selama ini pengeluaran kamu lebih banyak ditabung/diinvestasikan untuk sesuatu yang produktif atau menambah aset yang sifatnya lebih ke aset investasi.

Aset investasi adalah aset yang nilainya naik dan bisa dijual, atau bisa menambah pemasukan. Jika ada utang sifatnya lebih utang-utang produktif seperti untuk membeli properti yang disewakan, utang usaha, dll.

 

Bagaimana Memperbaiki Cash flow?

Kalau sekarang ini kamu masih di tipe cashflow 1 atau tipe cashflow 2, jangan kuatir kamu bisa mulai take action supaya kamu bisa mulai memperbaiki kondisi keuangan kamu. 

 

Step 1

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah melakukan financial health check-up atau cek kesehatan keuanganmu. Dengan melakukan financial check-up kamu bisa tahu kondisi keuangan kamu apakah dalam keadaan sehat dan tidak sehat.

Kamu bisa melakukan financial check-up di aplikasi Finansialku loh Sobat Finansialku dan tentunya kalian akan dibantu oleh Certified Financial Planner berpengalaman dari Finansialku sehingga kamu bisa mengetahui kondisi keuanganmu.

 

Step 2

Langkah kedua, mulai fokus untuk menyehatkan satu demi satu kondisi keuangan kamu, catat dan cek pengeluaran kamu selama ini, turunkan pengeluaran non primer, kumpulkan dana darurat, lunasi utang-utang konsumtif, miliki asuransi/proteksi supaya keuangan kamu aman.

[Baca Juga: Piramida Perencana Keuangan: Menentukan Prioritas Keuangan]

 

Step 3

Langkah ketiga, mulai menabung dan berinvestasi rutin sesuai tujuan keuangan kamu (jangka pendek, menengah, dan panjang).

Kamu juga bisa dibantu dan berkonsultasi dengan para Certified Financial Planner (CFP) di Finansialku dan membuat perencanaan keuangan. Gimana caranya?

Kamu bisa gunakan fitur chat Konsultasi Keuangan dalam aplikasi Finansialku atau langsung hubungi whatsapp Finansialku untuk buat janji ngobrol bareng CFP.

 

Tidak sulit kan menganalisis keuangan pribadi? Nah, kamu bisa mulai membuat perubahan supaya kondisi keuangan kamu semakin baik.

 

Terima kasih sudah membaca artikel FInansialku. Jika ada yang ingin didiskusikan kamu bisa menulis di kolom komentar di bawah ini.

Jangan lupa bagikan artikel ini ke kerabta dan teman-teman lainnya. Make a plan and get your financial dreams come true!

 

Editor: Eunice Caroline