Kurun waktu dua hari dimulai 15-16 Juli 2020 matahari tepat di atas Ka’bah. Ini waktu yang tepat untuk cek arah kiblat.

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Begini Cek Arah Kiblat Saat Matahari Bertengger Di Atas Ka’bah

Fenomena matahari melintas di atas Ka’bah akan terjadi pada hari Rabu (15/07) ini dan Kamis (16/07) esok.

Pada biasanya kejadian ini menjadi momen tepat untuk kalibrasi arah kiblat oleh umat Islam di Indonesia.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan, posisi Ka’bah berada di 21o 25’ 21” LU dan 39o 49’ 34” BT, dalam setahun Matahari akan tepat berada di atas Ka’bah sebanyak dua kali.

Fenomenal! Matahari Tepat Di Atas Ka’bah, Cek Arah Kiblat Sekarang! 01

[Baca Juga: Apa Sih Makna Kebebasan Finansial Islam? Simak di Sini!]

 

Mengutip dari Kumparan, sebelumnya, peristiwa yang sama juga terjadi pada tanggal 27-28 Mei pukul 16.18 WIB.

Sementara untuk peristiwa saat ini, puncak Matahari tepat berada di atas Ka’bah pada 15 Juli 2020 pukul 12.27 waktu Arab Saudi atau pukul 16.27 WIB, pukul 17.27 WITA, atau pukul 18.27 WIT.

Waktu toleransinya adalah pada tanggal 14-16 Juli 2020.

Khamarudin Amin selaku Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag) menjelaskan, jika pengukuran sudah dilakukan dengan prosedur yang tepat, berarti arah kiblat seterusnya menyesuaikan dengan arah kiblat yang telah disesuaikan tersebut.

Sebagai contoh, jika pada 15 Juli sudah melakukan kalibrasi berdasarkan Rasdhul Kiblat, maka tanggal 16 Juli tak perlu mengukur kembali.

“Jika pengukuran sudah dilakukan dengan prosedur yang tepat, maka untuk seterusnya arah kiblat dapat digunakan dan tidak akan berubah, dan tidak perlu lagi mengukur ulang,” jelas Khamarudin sebagaimana dikutip Kompas, Rabu (15/07)

Lebih lanjut, Khamarudin menjelaskan ketentuan waktu di mana matahari akan melintas tepat di atas Ka’bah disebut sebagai Rashdul Qiblah atau Istiwal A’zham.

Saat itu, seluruh bayangan benda yang berdiri tegak yang terkena sinar matahari akan menunjuk ke arah kiblat.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Proses Kalibrasi

Lantas bagaimana cara mengalibrasi arah kiblat? Melansir dari Kumparan, berikut cara menentukan kiblat;

  1. Sesuaikan jam yang akan digunakan untuk kalibrasi arah kiblat ini dengan jam atom BMKG di bmkg.go.id atau ntp.bmkg.go.id.
  2. Gunakan alat yang dapat dijadikan tegak lurus pada tanah yang datar untuk kalibrasi arah kiblat. Alat ini bisa berupa bandul yang digantung atau tiang pancang atau dinding bangunan yang benar-benar tegak lurus terhadap tanah yang datar.
  3. Lakukan proses kalibrasi sejak 5 menit sebelum waktu yang ditentukan di atas hingga 5 menit sesudahnya, dengan puncak kalibrasi pada waktu-waktu yang sudah ditentukan di atas.
  4. Perhatikan arah bayangan yang terjadi pada alat yang digunakan untuk kalibrasi arah kiblat ini.
  5. Tarik garis dari ujung bayangan hingga ke posisi alat. Garis yang ditarik itulah arah kiblat yang sudah dikalibrasi dengan posisi Matahari saat tepat berada di atas Ka’bah.
  6. Bisa juga memakai aplikasi dari Google bernama Qibla Finder untuk membantu menentukan arah kiblat. Caranya cukup sederhana. Tanpa perlu log in dan download, bisa langsung mengunjungi situs qiblafinder.withgoogle.com. Setelah membuka situs tersebut, beri akses untuk GPS dan kamera, maka kamu bisa langsung mengalibrasi dengan mengikuti arah garis panjang biru yang akan menuntut langsung ke kiblat yang berada di Mekah, Arab Saudi.

 

Sobat Finansialku, bagaimana menurutmu tentang artikel di atas? Kamu bisa lho tuangkan pendapat di kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia di bawah ini kepada kawan dan sanak saudara, agar mereka tahu apa yang kamu ketahui.

Semoga bermanfaat, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Nur Rohmi Aida. 15 Juli 2020. Sore Ini Matahari di Atas Kabah, Ini Cara Menentukan Arah Kiblat. Kompas.com – https://bit.ly/2DKgmKP
  • Admin. 15 Juli 2020. Matahari Melintas di Atas Kabah 15-16 Juli, Cek Perubahan Arah Kiblat Pada Pukul 16.27 WIB. Wartakota.tribunnews.com – https://bit.ly/3j4Cxvh
  • Bianda Ludwianto. 14 Juli 2020. Matahari Tepat di Atas Ka’bah 14-16 Juli, Waktunya Cek Arah Kiblat yang Benar. Kumparan.com – https://bit.ly/2ZrACsV

 

Sumber Gambar:

  • Matahari di atas Kabah 01 – https://bit.ly/2ZwSpPE
  • Matahari di atas Kabah 02 – https://bit.ly/3fvqYLx