Dapatkan inspirasi dari para pemuda yang sudah berhasil menjadi pemimpin perusahaan atau CEO muda dengan usia 20-an.

Bahkan, beberapa di antaranya masuk dalam daftar 30 under 30 majalah Forbes lho. Selamat membaca dan semoga terinspirasi!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

CEO Muda Usia 20-an Asal Indonesia

Orang sukses adalah mereka yang memiliki passion, motivasi, atau dorongan dalam diri yang kuat yang menggerakkan pikiran dan keinginan mereka untuk mampu menghadapi tantangan yang menghadang.

Dalam perjalanan pengalaman setiap orang-orang yang sudah terbukti kesuksesannya, ada satu fase yang menjadi tahap persiapan dan menentukan masa depan mereka.

Fase yang paling umum yang mempersiapkan orang-orang sukses ini berada pada usia 20-an.

Di usia produktif ini, mereka melakukan hal-hal yang positif untuk mengejar impian mereka dengan merencanakan masa depan, menata kehidupan finansial, dan membangun pribadi yang semakin handal.

Berikut anak muda asal Tanah Air berusia 20-an yang mampu menjadi CEO muda alias pemimpin perusahaan.

 

#1 Rorian Pratyaksa- PayAccess

CEO muda pertama ialah Rorian Pratyaksa, salah satu pendiri PayAccess, sebuah startup pembayaran seluler berlisensi.

Platform ini menyediakan transaksi melalui smartphone untuk “pembayaran online ke offline” – atau menarik pelanggan dari saluran online untuk melakukan pembelian di toko fisik, pedagang kaki lima, restoran – serta pembayaran digital dalam aplikasi.

Dia juga salah satu pendiri dan direktur Woobiz, sebuah bisnis yang memberdayakan perempuan yang umumnya memiliki akses terbatas ke pembiayaan dan modal bisnis di Indonesia.

Rorian Pratyaksa lulus dengan pujian di bidang ekonomi dan manajemen keuangan dari De La Salle University, salah satu perguruan tinggi top di Filipina.

Rorian Pratyaksa - Finansialku

[Baca Juga: TERBUKTI, 8 Cara Hidup Sukses di Usia Muda, Apakah Kamu Sudah Mulai Melakukannya?]

 

Dia menghabiskan kurang dari setahun bekerja sebagai analis di perusahaan akuntansi terkemuka Price Waterhouse Coopers sebelum merambah ke startup.

Melalui Woobiz, ia memberikan bantuan, fasilitasi, dan bimbingan bagi wirausaha mikro baru, terutama perempuan, melalui aplikasi seluler yang menawarkan platform penjualan dan solusi pembayaran seluler dalam satu platform.

Menjadi inovator membutuhkan banyak tekad, dan ia memuji kursus pendek Australia Awards di QUT karena membantunya beradaptasi dengan perubahan yang cepat.

Rorian Pratyaksa sempat mendapat anugerah Beasiswa Penghargaan Australia dari Pemerintah Australia pada tahun 2016.

Berdasarkan majalah Forbes, Rorian Pratyaksa masuk dalam jajaran “Under 30 – Asia – Finance & Venture Capital 2018”.

 

#2 Fransiska Hadiwidjana – Prelo

Wanita kelahiran Surabaya, 13 April 1990 ini merupakan pendiri sekaligus CEO Prelo, sebuah startup jual-beli online yang fokus pada perdagangan barang-barang bekas yang orisinal dan berkualitas.

CEO muda ini merampungkan jenjang sarjana jurusan IT-nya di Institut Teknologi Bandung (ITB) dan terpilih untuk mengikuti program studi lanjutan di Amerika Serikat melalui Singularity University Graduate Studies Program 2012 (GSP12).

Melalui program GSP12, Fransiska Hadiwidjana berhasil membuat terobosan di bidang teknologi kesehatan melalui produk yang ia ciptakan bernama Glove Tricorder bersama dua orang rekannya asal Israel & Amerika Serikat.

Glove Tricorder merupakan gadget pertama yang mampu mengintegrasikan pemeriksaan kesehatan dan membuat heboh media internasional seperti Engadgement, Mashable, dan BBC.

Nama tim penemuan alat canggih tersebut mereka namai Med Sensation yang telah berubah nama menjadi AugMI Labs.

Fransiska Hadiwidjana - Finansialku

[Baca Juga: HR: Top 6 Permasalahan Keuangan Karyawan yang Perlu Diselesaikan dengan Program Kesejahteraan Karyawan]

 

Di Tanah Air, Fransiska Hadiwidjana berhasil mendirikan startup yang ia namakan Prelo, sebuah situs marketplace yang berfokus pada jual-beli barang-barang bekas orisinal.

Untuk menjaga kenyamanan dan keamanan pelanggan dari barang-barang palsu, Prelo bekerja sama dengan berbagai komunitas untuk mengidentifikasi barang-barang palsu.

Dalam satu setengah tahun, Prelo mendapat perhatian positif dari masyarakat dan transaksi Prelo tercatat lebih dari Rp13 miliar.

Karena prestasi dan kerja kerasnya ini, Fransiska Hadiwidjana masuk dalam daftar “30 under 30 Asia” versi majalah Forbes.

 

#3 Stanislaus Mahesworo Christandito Tandelilin – Sale Stock & Modal Rakyat

Dialah Stanislaus Mahesworo Christandito Tandelilin atau yang akrab disapa Stan, salah satu pendiri dari Sale Stock, e-commerce busana terjangkau yang masuk dalam jajaran “30 under 30 Asia” versi majalah Forbes.

Dilansir dari Forbes, Salestock.com menggunakan artificial intelligence untuk mengelola proses pengadaan dan rantai pasokan, serta menawarkan layanan cash-on-delivery di lebih dari 7.000 lokasi. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan harga produk tetap rendah.

Stanislaus Mahesworo Christandito Tandelilin - Finansialku

[Baca Juga: Kata-Kata Bijak Merry Riana Mimpi Sejuta Dollar yang Menginspirasi Anak Muda]

 

Salestock.com juga menerima pendanaan seri B senilai US$27 juta atau senilai Rp371,3 miliar dan mengincar ekspansi ke luar negeri.

Berhasil dengan Sale Stock, sang CEO muda ini pun tak cepat puas sehingga ia menciptakan, Modal Rakyat.

Sebuah startup fintech yang memfokuskan diri dalam memberi pendanaan untuk usaha produktif, mulai dari usaha makro hingga mikro seperti UKM.

 

#4 Reynold Wijaya – Modalku

Disebut berpotensi menjadi Unicorn oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, inilah Modalku, perusahaan peminjam modal terbesar di Indonesia dan khususnya untuk meminjamkan para UMKM.

Salah satu pria dibalik suksesnya modalku adalah Reynold Wijaya, anak ketiga dari Harsono Pangjaya dan Susylia Sukana, pendiri Unifarm Group.

Dilansir dari CNBCIndonesia.com, perusahaan modalku sudah beroperasi di Indonesia, Singapura dan Malaysia ini sudah menyalurkan total pinjaman Rp1 triliun di tahun 2017 silam.

Reynold Wijaya - Finansialku

[Baca Juga: Mewaspadai 3 Masalah Psikologis yang Dapat Merusak Aktivitas Trading Anda dan Diri Anda]

 

Setidaknya lebih dari setengah total pinjaman Modalku atau setara dengan Rp520 miliar disalurkan untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) lokal.

Reynold Wijaya menyandang gelar sarjana dan master di bidang teknik industri dari University of Michigan dan gelar master di bidang bisnis dan administrasi melalui Harvard Business School.

 

#5 Ferry Unardi – Traveloka

Anda Tentu sudah tak asing dengan Traveloka, salah satu perusahaan startup di Indonesia yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat, hotel, dan berbagai fasilitas menarik lainnya.

Dialah Ferry Unardi, sosok dibalik berdirinya Traveloka. Ferry Unardi tertarik untuk mengembangkan startup di bidang mesin pencari tiket pesawat.

Berawal dari pengalamannya yang merasa kesulitan saat memesan tiket Amerika – Indonesia, ia berusaha untuk memecahkan permasalahannya tersebut.

Kisah Sukses Ferry Unardi pendiri Traveloka - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Perlukah Program Kesejahteraan Karyawan? Dari Survei PwC 2017, 53% Karyawan Stres Akibat Masalah Keuangan Keluarga]

 

Kerja kerasnya membuahkan hasil hingga akhirnya ia berhasil mengembangkan sebuah mesin pencari tiket pesawat dengan teknologi yang lebih modern, fleksibel, dan praktis.

Dilansir dari Moneysmart.id, perusahaan Traveloka yang didirikan oleh Ferry Unardi (CEO) bersama rekan-rekannya Derianto Kusuma (CTO) dan Albert Zhang (Head of Design) berhasil  menyandang predikat startup Unicorn.

Dengan jumlah karyawan mencapai 1.200 orang, Traveloka juga disebut-sebut telah mendapat kucuran dana dari sejumlah perusahaan asing hingga total investasinya mencapai Rp6,7 triliun.

 

Jadi Pemimpin Inspirasi di Usia Muda

Dari kelima pemuda sukses yang mampu menjadi CEO bagi perusahaan ciptaan mereka sendiri, rata-rata mereka bisa meraih sukses di usia 20-an atau dibawah usia 30 tahun.

Mereka menjadi inspirasi, tidak hanya bagi mereka para pemuda, tetapi juga para senior yang memiliki usia di atas mereka.

Usia muda justru merupakan usia produktif untuk menggali segala potensi demi mencapai kesuksesan di masa depan.

Anda juga bisa lho mewujudkannya melalui bisnis yang sedang Anda jalankan. Namun pastikan agar Anda dapat mengatur uang dengan baik ya.

Bicara tentang uang yuk atur arus kas Anda dengan rapi, teratur dan tidak ribet dengan menggunakan Aplikasi Finansialku.

Aplikasi ini dapat memudahkan Anda dalam pencatatan pendapatan, alokasi pengeluaran, anggaran bulanan, persiapan dana seperti liburan, membeli barang atau pernikahan, dan berbagai fitur lainnya yang membuat pencatatan finansialmu semakin baik.

Jika belum memilikinya, segera download melalui Google Play Store atau lakukan registrasi melalui PC.

Dapatkan potongan harga berlangganan hingga Rp50.000 dengan kode promo: POTONG50RIBU untuk menjadi member Premium agar Anda bisa berkonsultasi tanpa batas dengan Konsultan Keuangan Bersertifikat dari Finansialku.

Tunggu apalagi? Yuk lakukan sekarang juga!

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Tuliskan tanggapan dan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini! Anda dapat membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan! Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Fransiska Hadiwidjana | Founder & CEO Prelo Indonesia. Bravaradio.com – https://bit.ly/32q69dd
  • Admin. Rorian Pratyaksa. Forbes.com – https://bit.ly/2X1okox
  • Admin. Stanislaus Mahesworo Christandito Tandelilin. Forbes.com – https://bit.ly/34wf4v0
  • Admin. 16 Mei 2019. Australia Awards in Indonesia. Australiaawardsindonesia.org – https://bit.ly/2qz8MvG
  • Admin. 4 Agustus 2018. Reynold Wijaya, Anak Pengusaha yang Sukses Di Fintech. Industri.kontan.co.id – https://bit.ly/2pOYxDG
  • Admin. 4 Agustus 2019. 20 Tahun Usia yang Menentukan Kesuksesan Seseorang. Ekbis.sindonews.com – https://bit.ly/2quOOlV
  • Adriana Anggraeni. Berpotensi Jadi Unicorn, Ini 5 Fakta Mengenai Reynold Wijaya CEO Di Balik Startup Modalku. Indonesiatatler.com – https://bit.ly/2PUPMCE
  • Ardan Adhi Chandra. 29 Maret 2019. 11 Anak Muda RI Sukses Sebelum 30, dari Startup hingga Jual Puding. Finance.detik.com – https://bit.ly/2PUCciL
  • Ardito Ramadhan. 3 Mei 2018. Fransiska Hadiwidjana: Permudah Jual Beli Barang Bekas dengan Prelo. Kinibisa.com – https://bit.ly/2Co5r5o
  • Asep Irwan. Reynold Wijaya ~ Mandiri Jalankan Bisnis Fintech Tanpa Tergantung Bantuan Keluarga. Maxmanroe.com – https://bit.ly/2pPfyxx
  • Dewi Puri. 20 Juli 2018. Cerita Sukses Ferry Unardi Membangun Traveloka Hingga Jadi Raksasa. Moneysmart.id – https://bit.ly/2pP0Jep
  • Ester Christine Natalia. 28 Maret 2018. Anak Muda Asal Indonesia ini Sukses Karena Dirikan Startup. CNBCIndonesia.com – https://bit.ly/2qxnMdy
  • Admin. 24 November 2018. Dari Bank Kini Jualan Baju, Anak Muda Indonesia Pendiri Startup Ini Masuk Forbes. Moneysmart.id – https://bit.ly/32qxxHU
  • Prila Sherly. 21 April 2018. Mengenal Fransiska, Pendiri Prelo Paling Inspiratif Menurut Forbes. IDNTimes.com – https://bit.ly/33r6PAg
  • Siti Hadijah. 30 Oktober 2018. Daftar CEO di Indonesia yang Terbukti Punya Prestasi Menakjubkan!. https://bit.ly/2oZDOwC
  • Wink. 31 Juli 2018. Biografi Ferry Unardi, Berhenti Kuliah Dan Menjadi Pendiri Traveloka. Biografiku.com – https://bit.ly/34F2auA

 

Sumber Gambar:

  • CEO Muda – http://bit.ly/2KcZahq
  • Rorian Pratyaksa – http://bit.ly/2O0jaVw
  • Fransiska Hadiwidjana – http://bit.ly/32Drr7b
  • Stanislaus Mahesworo Christandito Tandelilin – http://bit.ly/2KbRonK
  • Reynold Wijaya – http://bit.ly/36TZfAe