Yuk, simak beberapa contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing berikut ini untuk Anda yang ingin membuka usaha!

 

Summary:

  • Modal maupun budget yang pebisnis miliki akan sangat berpengaruh terhadap jenis bisnisnya.
  • Keunikan dan kreativitas bisa menjadi nilai tambah dari bisnis yang akan kita jalankan.
  • Kita bisa memanfaatkan peran teknologi untuk meningkatkan branding serta awareness bisnis.

 

Apakah Bisnis dengan Modal Kecil Bisa Berhasil?

Mungkin Anda penasaran apa saja usaha modal kecil yang belum banyak pesaing. Selain modal, pebisnis juga perlu menganalisis risiko serta mempelajari semua faktor yang akan mempengaruhi bisnisnya dari semua sisi. 

Sebelum membahas contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing, mari kita bahas berhasil atau tidaknya bisnis dengan modal kecil.

Seperti yang kita ketahui, modal maupun budget yang pebisnis miliki akan sangat berpengaruh terhadap jenis bisnisnya.

Modal sendiri tidak sebatas hanya untuk produksi, tetapi juga untuk mempersiapkan berbagai aktivitas operasional, pemasaran, distribusi, dan lainnya. 

 

5+ Bisnis dengan Modal Kecil 

Jika modal yang Anda miliki semakin besar, maka semakin terbuka lebarnya peluang bisnis pada berbagai bidang.

Kini, ada platform P2P Lending yang membantu pendanaan bisnis UMKM. Hal tersebut bisa menjadi solusi bagi orang yang modalnya cenderung sedikit untuk berbisnis. 

Siasat lainnya, Anda juga bisa mencari bisnis yang permintaan dari konsumennya tinggi, tetapi saingannya tidak terlalu banyak. Dengan seperti itu, bisnis Anda berkesempatan lebih mudah menonjol serta menguasai pasar. 

Anda juga bisa memanfaatkan peran teknologi untuk berbisnis di era modern.

Untuk meningkatkan branding serta awareness bisnis, Anda bisa memanfaatkan akses dari macam-macam platform media sosial, salah satunya TikTok.

Anda bisa ikuti tips dalam artikel berikut ini untuk meningkatkan penjualan Anda di TikTok: 

Tips Jualan Online di TikTok, Dijamin Meningkat!

 

Bagi Anda yang tertarik memulai bisnis, ulasan contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing dapat Anda simak, sebagai berikut. 

 

#1 Usaha Katering Sehat

Salah satu contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing yaitu bisnis katering sehat dengan kisaran modal Rp 2-6 jutaan. Seperti yang kita ketahui, kini tren pola hidup sehat terus berkembang pada semua lapisan masyarakat.

Hal ini menjadikan permintaan akan makanan sehat terus naik. 

Semakin banyaknya orang tersadarkan atas kebutuhan gizi dan kesehatan tubuh, sehingga bisa manfaatkan peluang membuka bisnis katering makanan sehat.

Bisa dikatakan, dengan adanya pandemi menjadikan banyak orang tersadarkan. 

Maksudnya, banyak pihak yang menyadari, meskipun memakan fast food, konsumen tetap memprioritaskan kehigienisan dan kualitas makanan. Sehingga, banyak katering yang menawarkan harga tinggi.

Anda dapat mencari kreasi bahan-bahan lokal yang harganya murah untuk ditawarkan menjadi paket katering harian, mingguan hingga bulanan. 

 

#2 Jasa Spesialis Pembersih

Biasanya, banyak orang yang mencari jasa laundry namun, Anda bisa membuka jasa laundry yang lebih spesifik. Contohnya, membersihkan sepatu, perlengkapan bayi, sofa, tas dan lainnya. 

Jasa laundry yang spesifik ini dapat Anda mulai dengan modal sederhana sekira Rp 2-3 juta untuk biaya operasional, namun Anda perlu benar-benar berkomitmen untuk memprioritaskan kebersihan. 

 

#3 Jasa Belanja Grosir

Mungkin ada beberapa orang yang memiliki keterbatasan untuk berbelanja karena situasi tertentu. Padahal, belanja mingguan atau bulanan adalah kebutuhan bagi semua orang.

Oleh karena itu, ide usaha ini bisa Anda pertimbangkan karena modalnya tidak terlalu besar, namun harus memiliki ketelitian yang tinggi.

 

#4 Bisnis Minuman Sehat

Usaha minuman sehat menjadi salah satu contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing. Apalagi, imunitas merupakan salah satu hal paling krusial pada era pandemi.

Kebutuhan masyarakat terkait macam-macam vitamin dan nutrisi setiap harinya semakin meningkat pada era pandemi.  

Anda bisa memvariasikan bahan-bahan herbal seperti jamu dan empon-empon untuk membuat menu yang lebih menarik, seperti jamu jahe lemon, jus murni (cold-press), teh serai, dan sebagainya. 

Untuk modal pembuatan jamu sekitar Rp 1-2 jutaan, namun Anda berpotensi menerima hasil dua kali lipatnya. 

 

#5 Daur Ulang Kreatif 

Bagi Anda yang memiliki kreativitas tinggi, maka bisnis yang satu ini bisa Anda pertimbangkan. Bisnis daur ulang yang dapat dijadikan berbagai produk dan tidak membutuhkan modal besar. 

Anda bisa memanfaatkan aneka produk maupun bahan baku bekas untuk menjalankan bisnis ini. Selain  berpotensi meraih keuntungan, Anda juga berpartisipasi dalam upaya menjaga lingkungan. 

Lewat bisnis daur ulang, artinya Anda membantu mengurangi jumlah sampah dari aneka produk yang tidak terpakai.

 

#6 Usaha Kuliner Tradisional

Kuliner tradisional memang mempunyai daya tariknya tersendiri, dan bisa Anda pertimbangkan sebagai peluang usaha.

Apalagi, banyak sekali kreasi makanan tradisional di Indonesia, terutama camilan yang dapat dikreasikan menggunakan sentuhan modern. 

Jenis usaha yang satu ini, dapat menjadi alternatif usaha unik yang dapat dimulai dengan modal yang kecil sekira Rp3-5 jutaan. 

 

#7 Asisten Virtual

Jika Anda memiliki kemampuan manajerial yang baik, cobalah tawarkan jasa asisten virtual. Anda bisa berperan layaknya seorang asisten atau manajer artis.

Anda hanya perlu mengatur jadwal dengan rapi dan bertindak sebagai perantara seseorang dengan para kliennya.

 

Kreativitas Adalah Kunci dalam Memulai Usaha 

Beberapa contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing di atas bisa Anda pertimbangkan sesuai dengan kemampuan. Dalam menganalisis ide bisnis, Anda memerlukan langkah awal untuk mampu mengukur potensi bisnis menguntungkan. 

Keunikan adalah sebuah nilai yang dapat menjadikan bisnis Anda beda dari usaha lainnya. Walaupun terkesan sederhana, penting bagi Anda untuk menentukan nilai tambah dari bisnis yang berencana Anda jalankan. 

Kerangka yang perlu Anda perhatikan, seperti tentukan bisnis yang akan dilakukan, pertimbangkan potensi pasar dan kompetitor. 

Selanjutnya, pilih produk yang menjadikan bisnis Anda berbeda dari produk kompetitor. Kemudian, menentukan cara penjualan produk yang dapat menjadikan calon pembeli dimudahkan dalam memperoleh produk. 

Jangan lupa, walaupun bisnis yang Anda pilih tidak membutuhkan modal yang besar, namun perencanaan keuangan ketika berbisnis perlu Anda perhatikan.

Sebelum memulai bisnis, Anda bisa membaca dan mempraktikkan hal-hal yang tersaji dalam ebook gratis untuk pebisnis di bawah ini.

GRATISSS, Yuk Download SEKARANG!!!

Ebook Pentingnya MENGELOLA KEUANGAN Pribadi dan Bisnis

14 Ebook Mengelola Keuangan Bisnis dan Pribadi

 

Dari beberapa contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing di atas, adakah yang sesuai dengan minat Anda? Jika ada, silakan membuat rencananya dari sekarang dengan mempertimbangkan hal-hal dari berbagai segi yang kemungkinan dapat mempengaruhi bisnis. 

 

Pastikan untuk merencanakan usaha di atas dengan planning yang tepat dan terukur. Jangan lupa bagikan juga informasi bermanfaat ini pada teman-teman Anda. 

 

Editor: Ratna SH

Sumber Referensi:

  • Ardito Wahyu Octian. 28 Februari 2022. 15 Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing untuk Pemula. Mitra.bukalapak.com – https://bit.ly/3QIiTpZ 
  • Admin. 15 Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing Dijamin Cuan! Tanifund.com – https://bit.ly/3tKkTE6