Pemerintah masih terus menyalurkan bantuan untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Lantas, apa saja daftar bansos yang cair 2024?

Cari tahu daftar dan jadwalnya dalam ulasan Finansialku berikut ini!

 

Summary:

  • Program bantuan sosial (bansos) bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat kurang mampu, yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).
  • Untuk mendaftarkan diri ke DTKS bisa dilakukan secara online melalui aplikasi Cek Bansos.

 

Daftar Bansos yang Cair di Tahun 2024

Awal tahun ini, pemerintah merilis daftar bansos yang cair 2024. Program tersebut ditujukan untuk membantu masyarakat kurang mampu agar bisa hidup lebih baik.

daftar bansos yang cair 2024

Ilustrasi Bansos. Sumber: umsu.ac.id

 

Bansos bisa diakses jika seseorang telah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Hanya mereka yang tercatat di database DTKS yang berhak menerima bantuan pemerintah.

 

#1 Program Indonesia Pintar

Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan bantuan dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan. PIP diberikan kepada siswa SD, SMP, SMA, dan SMK.

Pada tahun 2024, PIP akan diberikan kepada 18,59 juta siswa. PIP tidak hanya memberikan bantuan finansial, tetapi juga memberikan peningkatan dana untuk siswa SMA/SMK dari Rp1.000.000 di tahun 2023 menjadi Rp1.800.000 pada 2024.

Kategori peserta yang layak menerima PIP adalah:

  • Pemegang KIP/KKS/KPS.
  • Peserta didik dan keluarga peserta PKH.
  • Yat=im piatu.
  • Korban bencana alam.
  • Peserta dari keluarga miskin.

 

#2 BLT El Nino

Musim kemarau yang berkepanjangan berdampak pada perekonomian masyarakat, terutama di sektor pertanian. Kenaikan harga komoditas pangan, seperti beras, cabai, dan bawang, telah menyebabkan daya beli masyarakat menurun.

Untuk meringankan beban masyarakat terdampak, pemerintah memberikan BLT El Nino kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). BLT ini disalurkan dalam bentuk uang tunai sebesar Rp400.000 per KPM.

BLT El Nino bertujuan untuk meningkatkan daya beli masyarakat di tengah kenaikan harga barang kebutuhan pokok.

Bantuan ini diharapkan dapat membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pangan dan non-pangan sehari-hari. Karenanya, BLT El Nino masuk dalam daftar bansos yang cair 2024.

 

#3 Program Keluarga Harapan (PKH)

Daftar bansos yang cair 2024 berikutnya adalah PKH. Bansos Program Keluarga Harapan akan disalurkan ke masyarakat mulai Januari. Selanjutnya, dana akan diberikan kembali dengan total 4 kali pencairan dalam setahun.

Setiap keluarga menerima bantuan dengan jumlah berbeda, tergantung pada kategori penerimanya. Saat ini, kelompok yang berhak mendapat bantuan ini adalah keluarga miskin yang terdiri dari:

  • Balita
  • Ibu hamil.
  • Siswa SD.
  • Siswa SMP.
  • Siswa SMA.
  • Manula
  • Penyandang disabilitas berat.

[Baca Juga: 10 Ide Usaha Untuk Moms, Modal Terjangkau!]

 

#4 Bantuan Pangan Non Tunai

Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau Kartu Sembako, akan disalurkan mulai Januari 2024. Bantuan ini disalurkan dalam bentuk uang tunai sebesar Rp200.000 per bulan dengan pembayaran sekaligus.

Untuk periode Januari hingga Maret 2024, KPM akan menerima bantuan sebesar Rp400.000 (dua bulan) atau Rp600.000 (tiga bulan).

Program BPNT merupakan pengembangan dari program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tahun 2020. Program ini bertujuan untuk meningkatkan akses KPM terhadap bahan pangan yang beragam dan bergizi seimbang.

 

#5 Bansos Beras 10 Kilogram

Bantuan beras 10 kilogram telah diinisiasi pemerintah sejak September tahun lalu. Masyarakat bisa bernapas lega lantaran bantuan ini akan dicairkan kembali pada tahun ini.

Presiden Jokowi berkomitmen untuk terus membantu masyarakat dengan bantuan pangan langsung hingga Juni tahun ini selama anggaran negara masih cukup.

 

Cara Mengatur Keuangan Bansos

Mari pelajari cara mengatur keuangan bansos berikut ini:

 

#1 Kenali Tujuan Keuangan dan Kebutuhan yang Paling Penting

Penting untuk menentukan tujuan dan prioritas keuangan sebelum menggunakan dana bansos.

Tujuan keuangan dapat berupa kebutuhan tertentu, pembayaran utang, tabungan, atau investasi. Dengan memahami tujuan keuangan, Anda dapat membuat rencana yang tepat.

Untuk mengetahui seberapa penting tujuan keuangan, simak video yang tersemat berikut ini!

 

 

#2 Buat Anggaran

Penyusunan anggaran keuangan yang mencakup semua pendapatan dan pengeluaran merupakan langkah yang bijak. Hal ini akan membantu Anda untuk melacak ke mana dana Anda digunakan dan memastikan bahwa Anda tidak menghabiskannya sembarangan.

Dalam menyusun anggaran keuangan, Anda perlu memasukkan semua sumber pendapatan, termasuk dana bansos yang Anda terima.

Setelah itu, Anda dapat membagi pengeluaran Anda menjadi beberapa kategori, seperti kebutuhan pokok, cicilan, sampai tabungan.

Dengan memiliki anggaran keuangan, Anda dapat lebih bijak mengelola keuangan. Cara ini juga membantu mengetahui uang yang dimiliki untuk setiap kategori pengeluaran.

Sebagai panduan dalam menyusun anggaran keuangan, yuk, download ebook gratis dari Finansialku Cara Membuat Anggaran dengan Tepat

 

#3 Bayar Utang atau Menabung

Pembayaran utang merupakan salah satu prioritas finansial yang perlu diperhatikan. Dengan membayar utang, Anda dapat mengurangi beban keuangan di masa depan dan meningkatkan kondisi finansial secara keseluruhan.

Sembari membayar utang, sebaiknya pertimbangkan juga untuk berinvestasi atau menabung.

Anda bisa membangun cadangan keuangan untuk menghadapi risiko yang tidak terduga, berinvestasi dalam pendidikan atau bisnis untuk meningkatkan kesejahteraan jangka panjang.

 

#4 Patuhi Peraturan yang Ditetapkan Pemerintah

Penting untuk memahami ketentuan penggunaan dana bansos. Beberapa bantuan sosial memiliki persyaratan khusus, seperti PIP yang hanya dapat digunakan untuk biaya pendidikan.

Aturan penggunaan dana bansos perlu dipahami dan dipatuhi untuk menghindari pelanggaran hukum.

 

Cara Daftar Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)

Masyarakat bisa mengakses salah satu bantuan di daftar bansos yang cair 2024 dengan mendaftarkan diri di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial.

Hal ini didasarkan pada Permensos No. 3 tahun 2021 tentang Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial.

 

#1 Cara Daftar DTKS Online

Simak cara daftar DTKS online agar untuk mengakses salah satu bantuan dalam daftar bansos yang cair 2024:

  • Silakan unduh aplikasi Cek Bansos di Google Play.
  • Silakan buka aplikasi dan pilih Buat Akun Baru.
  • Masukkan informasi yang diminta, seperti Nomor KK, NIK, dan nama lengkap sesuai identitas diri.
  • Setelahnya, unggah gambar KTP dan swafoto dengan KTP.
  • Pastikan Anda mengisi semua bidang dengan benar. Jika sudah, pilih Buat Akun Baru.
  • Sistem akan mengirimkan email berisi verifikasi dan aktivasi masuk. Jika pendaftaran berhasil, silakan buka Cek Bansos dan pilih Daftar Usulan.
  • Masukkan data diri sesuai petunjuk di aplikasi. Kemudian pilih bansos yang ingin diakses.

 

#2 Pembukaan Pendaftaran DTKS

Mengacu pada Kepmensos No. 150/UHK/2022 tentang Tata Cara Proses Usulan data serta Verifikasi dan Validasi, Anda bisa mengusulkan diri sebagai penerima bansos pada:

  • PBI atau KIS BPJS Kesehatan di tanggal 1-11 setiap bulan.
  • PKH, sembako, atau non-bansos di tanggal 15 sampai 5 hari sebelum hari terakhir setiap bulan.

[Baca Juga: Syarat dan Cara Daftar KIS Bagi Calon Penerima Bansos]

 

Mengelola Keuangan Membantu Mempertahankan Kesejahteraan

Bantuan dalam daftar bansos yang cair 2024 ditujukan untuk membantu masyarakat memperbaiki kualitas hidup. Sebagai penerima manfaat, seseorang perlu mengelola keuangan bansos sesuai ketentuan dan kebutuhan.

Untuk meningkatkan literasi keuangan, Anda bisa membaca Ebook keuangan gratis dari Finansialku. Silakan pilih topik yang paling sesuai dengan kondisi Anda.

Jika perlu, Anda bisa berkonsultasi dengan Perencana Keuangan Finansialku untuk mendapatkan strategi perencanaan keuangan yang tepat sesuai kondisi finansial saat ini. Buat jadwal konsultasi dengan menghubungi WhatsApp 0851 5866 2940 atau klik banner di bawah ini.

konsul - PERENCANAAN KEUANGAN Q3 23

 

 

Disclaimer: Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi.

Finansialku bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

 

Demikian pembahasan tentang daftar bansos yang cair 2024. Bagaimana tanggapan Anda? silahkan sampaikan di kolom komentar di bawah ini.

Bagikan informasi ini di media sosial untuk membantu rekan Anda menemukan bantuan yang berhak mereka terima. Terima kasih!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

 

Editor: Muhammad Dicky Syaifudin

Sumber Referensi:

  • Admin. 17 Januari 2024. Daftar Bansos yang Cair di Awal Tahun. Indonesia.go.id – https://bit.ly/3HpIm3K
  • Admin. 15 Januari 2024. 5 Daftar Bansos yang mulai Cair Bulan Januari 2024. Pasla.jambiprov.go.id – https://bit.ly/48Crt1U
  • Admin. 22 November 2023. Bansos 2024 Masih Berlanjut, Begini Cara Daftar DTKS secara Offline dan Online. Tribunnews.com – https://bit.ly/3O9kuVT
  • Arintha Widya. 05 November 2023. Jangan Boros, Simak 6 Tips Mengelola Dana Bansos dari Pemerintah. Parapuan.co – https://bit.ly/3vCUH1X