Penasaran siapa saja orang terkaya di negeri Tiongkok? Siapa yang berhasil posisi Jack Ma sebagai orang terkaya?

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Lima Orang Terkaya China yang Baru

Tahun 2020 merupakan tonggak sejarah baru bagi daftar orang terkaya di China dengan ditandainya jumlah kekayaan perorang yang bertambah banyak.

Sebelumnya Jack Ma, pendiri Grup Alibaba yang jadi orang terkaya nomor wahid di China. Kini posisinya telah bergeser.

Juragan air dalam kemasan botol dan galon ternama di China yang bernama Zhong Shanshan menggeser posisi Jack Ma di nomor satu.

Jack Ma Digeser Tukang Air, Ini Daftar Orang Terkaya Tiongkok 2020! 02

[Baca Juga: Inspirasi Kisah Sukses Eric Yuan, Pendiri aplikasi Zoom]

 

Melansir dari Wartaekonomi, hingga awal tahun 2020, China telah mencetak 182 miliarder baru dan totalnya menjadi 799 miliarder dunia yang berasal dari China.

Angka tersebut mengalahkan AS yang hanya melahirkan 59 miliarder baru pada periode yang sama. Lalu, siapa saja lima orang terkaya di China saat ini, berikut daftarnya dari beberapa sumber;

 

#1 Orang Terkaya Tiongkok, Zhong Shansan

Usaha air botol dalam kemasan ternyata tak bisa dianggap sepele. Selain air menjadi sumber dari kehidupan, ia juga bisa dijadikan komoditas yang menguntungkan.

Pengusaha Zhong Shansan telah membuktikan bahwa bisnis air botol kemasan bisa membuatnya tercatat pada daftar orang terkaya nomer satu di China.

zhong shansan

Zhong Shansan

 

Zhong Shansan merupakan pendiri air dalam botol kemasan dan galon Nongfu Spring. Selain itu, ia juga memimpin perusahaan farmasi Beijing Wantai Biological Pharmacy yang saat ini sedang mengembangkan vaksin Covid-19.

Pada 2018 lalu, perusahaan Nongfu Spring diklaim menguasai 26 persen sektor air minum kemasan di China dan kini memiliki pendapatan hingga USD 3,4 miliar atau sekitar Rp 50,9 triliun pada 2019 lalu.

Kekayaan Zhong Shansan saat ini mencapai USD 56,6 miliar atau Rp 843,5 triliun.

 

#2 Jack Ma

Bagi orang banyak nama Jack Ma sudah tak asing lagi. Jack Ma telah lama menempati daftar orang terkaya di China. Namun kini posisinya turun dari nomor satu.

Pendiri Grup Alibaba ini harus rela tersalip oleh Zhong. Kini, Jack Ma memiliki total kekayaan mencapai USD 56,3 miliar atau Rp 839 triliun.

Untuk diketahui, investasi Jack Ma di luar Alibaba termasuk saham di perusahaan industri hiburan China Huayi Brothers dan Beijing Enlight Media.

 

#3 Pony Ma Huateng

Kisah Sukses Ma Huateng, Pendiri Tencent Group Wechat 06 - Finansialku

Pony Ma Hua Teng

 

Posisi orang terkaya ketiga di China diduduki oleh Pony Ma Huateng. Ia merupakan CEO raksasa teknologi Tencent Holdings. Perusahaan ini merupakan emiten dengan kapitalisasi pasar terbesar di China.

Tencent memiliki bisnis mulai dari aplikasi berbagi pesanan paling populer WeChat, bisnis game online seperti PUBG hingga hingga aplikasi musik online bernama Tencent Music yang melantai di bursa saham 2018 silam.

Saat ini total kekayaan Pony Ma mencapai USD 50,8 miliar atau Rp 757 triliun. Kekayaan tak membuat Pony Ma jumawa, ia dikenal memiliki gaya low-profile (jauh dari publikasi) yang sesuai dengan latar belakang tekniknya.

 

#4 William Ding

William Ding Lei

William Ding Lei

 

Urutan orang terkaya China keempat jatuh kepada William Ding. Total kekayaan CEO perusahaan teknologi internet NetEase ini mencapai USD 28,3 miliar atau Rp 421 triliun.

NetEase adalah perusahaan pionir dibidang teknologi. Selain itu, perusahaan satu ini banyak meraup kekayaan dari game Fantasy Westward Journey.

 

#5 He Xiangjian

he xiang jian

He Xiangjian

 

Pengusaha He Xiangjian membangun Midea Group menjadi salah satu pembuat alat terbesar di dunia.

Pada 1968 ia memimpin 23 penduduk lokal dari kota Beijiao di Provinsi Guangdong, untuk membentuk bengkel produksi yang bernama Midea.

Midea memiliki lebih dari 200 anak perusahaan, termasuk perusahaan robotika yang berbasis di Jerman, Kuka. Putranya, He Jianfeng adalah direktur Midea Group dan Midea Real Estate Holding.

Kini He Xiangjian berada di posisi kelima orang terkaya China dengan total kekayaan USD 27,6 miliar atau Rp 411 triliun.

 

Kekayaan kelima orang tersebut berkaitan erat dengan cara mengatur keuangan secara cerdas. Untuk memudahkan pencatatan keuangan secara efisien dan efektif kamu bisa gunakan aplikasi Finansialku.

Selain mengatur anggaran bulanan, kamu juga bisa mencatat anggaran untuk Dana Darurat, apalagi dalam kondisi ekonomi yang tak menentu seperti sekarang ini.

Sobat Finansialku bisa temukan Aplikasi Finansialku di Google Play Store dan Apple Apps Store. Untuk kamu yang pertama kali install bisa nikmati free trial premium selama 30 hari, lho!

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel diatas? Kamu bisa berbagi pandangan lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

 

Ebook Perencanaan Keuangan ENTREPRENEUR & FREELANCE

Download Sekarang, GRATISSS!!!

3 Ebook Perencanaan Keuangan Entrepreneur dan Freelancer

 

Sumber Referensi:

  • Redaksi. 24 September 2020. Geser Jack Ma, Pengusaha Air Kemasan Zong Shanshan Jadi Orang Terkaya China. iNews.id – https://bit.ly/3nilacC
  • Wangi Sinintya Mangkuto. 14 Oktober 2020. Jack Ma Masih Kokoh di Puncak, Ini 5 Orang Terkaya di China. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/3lfxrfU
  • Redaksi. 02 Oktober 2020. Jack Ma Bukan Lagi Yang Pertama, Ini 5 Orang Terkaya China. Instagram.wartaekonomi – https://bit.ly/3cZSfFh

 

Sumber Gambar:

  • 01 – https://bit.ly/2SDtp4I
  • 02 – https://bit.ly/3dcL1hA
  • Zhong Shansan – https://bit.ly/3nsxE1b
  • William Ding – https://bit.ly/3liquuC
  • He Xiangjian – https://bit.ly/36KaQUS