Pemerintah anggarkan dana influencer Rp72 miliar untuk meningkatkan sektor pariwisata Indonesia. Apa maksudnya?

Yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

72 Miliar Untuk Dana Influencer, Tujuannya?

Rencananya pemerintah akan mengucurkan dana sebanyak 72 miliar rupiah untuk influencer dengan tujuan mengiklankan pariwisata Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama memaparkan penggunaan dana Rp72 miliar untuk dana influencer masih dalam tahap menyusun siapa saja influencer yang akan digandeng pemerintah.

Wishnutama mengatakan salah satu faktor pemilihannya melihat dari akun media sosial yang punya engagement dan viewers.

Mantan Presiden Direktur NET TV itu mengklaim, para influencer yang disewa dengan dana APBN berasal dari luar negeri.

“Paling enggak kan ada dari Amerika, dari India misalnya, middle east. Negara-negara yang kira kira punya potensi yang luar biasa.”

 

Ia juga memasukkan Australia dalam daftar asal influencer.

“Itu kan udah deket. Visitor banyak, spending-nya gede. Paling mudah kalau bisa Australia dulu lah. Kita taktis aja. Lagian 5-6 jam sudah sampai Indonesia.”

 

Sementara itu, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengutarakan bahwa pemerintah mesti transparan dalam menggunakan dana 72 miliar tersebut.

“Perlu jelas dan transparan penggunaan dana Rp72 M itu. Harus jelas alat ukur keberhasilannya. Destinasi apa yang di prioritaskan.”

 

Pada dasarnya besaran anggaran Rp72 miliar itu juga tak melulu berfokus pada influencer, namun juga akan mencakup kerja sama dengan travel agent dan operator travel.

Kementerian Pariwisata masih menunggu Kementerian Keuangan untuk mencairkan dana influencer tersebut.

Melansir dari Katadata (28/02), Menteri Keuangan Sri Mulyani sebelumnya mengatakan pemerintah menyediakan insentif Rp298,5 miliar untuk mendorong sektor pariwisata tahun ini.

Adapun dana Rp443,39 miliar disediakan untuk maskapai penerbangan.

Waw! Kemenpar Gelontorkan 72 M Untuk Dana Influencer, Really_ 02

[Baca Juga: Dinyatakan Negara Maju, Ini Dampaknya Pada Ekspor Indonesia]

 

Fasilitas itu diberikan dalam bentuk diskon tiket pesawat hingga setengah harga, khusus tujuan sepuluh destinasi wisata unggulan.

Kesepuluh destinasi itu adalah Danau Toba, Yogyakarta, Malang, Manado, Bali, Mandalika, Labuan Bajo, Bangka Belitung, Batam, dan Bintan.

 

Apa Itu Influencer?

Influencer adalah orang-orang yang punya pengikut banyak dalam akun sosial media. Tak hanya itu, mereka punya pengaruh yang kuat terhadap followers mereka, seperti artis, selebgram, blogger, youtuber, dan lain sebagainya.

Influencer akan disukai dan dipercaya oleh followers dan audience mereka sehingga apa yang mereka pakai, sampaikan atau lakukan, bisa menginspirasi dan mempengaruhi para pengikutnya, termasuk untuk mencoba dan membeli sebuah produk.

Seiring dengan perkembangan teknologi penggunaan influencer termasuk signifikan dalam tujuan pemasaran di dunia maya.

Cara kerja mereka adalah memberikan endorsement atas sesuatu, baik berupa produk maupun program, agar mempengaruhi para pengikutnya.

 

Sah-sah saja jika pemerintah ingin menggandeng influencer, asal tepat guna dan memberitahukan pada publik untuk apa saja dana itu. Bagaimana menurut kamu? Tuangkan pendapat kamu pada kolom komentar dibawah ini.

Sebarkan informasi ini pada kawan dan sanak-saudara. Semoga bermanfaat, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Restu Diantina Putri. 27 Februari 2020. Dana Rp72 Miliar buat Influencer, Pemerintah Gagap Tangani Covid-19. Tirto.id – https://bit.ly/2PuqDO6
  • Sorta Tobing. 27 Febuari 2020. Ada Dana Pariwisata untuk Influencer, Apa Bedanya dengan Buzzer. Katadata.co.id – https://bit.ly/2uBzwOG
  • Chandra Gian Asmara. 27 Febuari 2020. Benarkah Jokowi Bakal ‘Guyur’ Influencer Rp 72 Miliar? CNBC Indonesia – https://bit.ly/3a63lWG
  • Ahda Bayhaqi. 26 Febuari 2020. Jokowi Bayar Influencer Rp72 Miliar, PKS Ingatkan Soal Transparansi. Merdeka.com – https://bit.ly/2TiATKu
  • Admin. Apa itu Influencer Marketing? Kumparan.com – https://bit.ly/3cfJfLx

 

Sumber Gambar:

  • Kemenpar Influencer 01 – http://bit.ly/2I1Or7X
  • Kemenpar Influencer 02 – http://bit.ly/32GvRfe