Dana didik merupakan sebuah website yang bertujuan untuk menggalang dana untuk dana pendidikan. Penasaran dengan Startup Fintech yang satu ini?

Simak pada artikel di bawah ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

P2P Lending Student Loan – Danadidik.com

Danadidik.com adalah platform pinjaman pelajar (student loan) yang menggunakan sistem penggalangan dana (crowdfunding).

Mulai berdiri pada 17 Juni 2015, Danadidik bertujuan membantu mahasiswa yang membutuhkan pinjaman untuk menyelesaikan studi mereka, sambil menawarkan imbal hasil (return) yang menarik untuk sponsor atau/ investor.

Founder & Money Startup Fintech Peer to Peer Lending Student Loan (Danadidik) 01

[Baca Juga: Sudah Mengatur Keuangan dengan Benar? Jika Anda Saat Ini Berusia 20-an Akhir, Maka Seharusnya Anda Sudah Melakukan Ini]

 

Misinya adalah setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk pendidikan tinggi. Target pasar yang dibidik adalah para siswa yang akan bekerja setelah lulus, bisa dari kalangan mahasiswa, akademi, SMK, atau terkadang sertifikasi.

Perusahaan fintech yang khusus bergerak dalam bidang pendanaan pendidikan atau student loan yang difokuskan pada pendidikan kuliah sebelum kerja dari Diploma D1-D4, Akademik S1-S2.

 

Latar Belakang Berdirinya Danadidik

Berawal dari pengalaman beberapa Co-founder Danadidik, salah satunya Satria Ramli yang kesulitan untuk kuliah, termasuk ibundanya yang juga sulit untuk berkuliah.

Bank di Indonesia tidak ada yang memberikan tawaran student loan. Meski ada pun nilainya masih kecil sekali.

 Sementara beasiswa di Indonesia hanya untuk orang yang pintar sekali, kalau tidak mereka bisa Drop Out dari beasiswa.

Menurut data USA, ada 19 juta mahasiswa di Indonesia yang tidak berkesempatan untuk berkuliah. Nah, itulah yang melatarbelakangi berdirinya Danadidik.

 

Produk Student Loan dari Danadidik

Yang membedakan produk student loan Danadidik dengan yang lainnya adalah student loan ini memiliki tenor yang panjang hingga 4 setengah tahun dan cicilannya ringan sehingga tidak memberatkan mahasiswa.

Karena dana ini untuk kuliah, maka dana ini akan langsung ditransfer ke kampus, layaknya karakteristik student loan.

 

Cara Apply 

Setiap mahasiswa aktif dapat apply secara online di danadidik.id dengan menyertakan dokumen persyaratan yang harus dipenuhi, seperti: KTP, KK, Kartu Mahasiswa yang kemudian akan diproses oleh credit analys.

Kemudian, masa kelulusan mahasiswa tersebut dalam waktu kurang dari 2 tahun dan minimal peminjaman rata-rata Rp10 juta.

 

Perkembangan Industri FinTech Menurut Satria Ramli

Perkembangan aplikasi ini cepat sekali. Berdasarkan OJK, saat ini sudah jutaan mahasiswa menjadi peserta. Dalam industri P2P sendiri, Danadidik termasuk masih awal dalam menjajaki industri ini.

Founder & Money Startup Fintech Peer to Peer Lending Student Loan (Danadidik) 03

[Baca Juga: Mahasiswa, Ini 4 Alasan Mengapa Investasi Butuh Waktu. Tidak Instan Ya!]

 

Bagaimana Danadidik Menanggapi Gagasan Presiden Jokowi mengenai Student Loan?

Untuk Danadidik sendiri belum ada langkah riil untuk menanggapi gagasan tersebut, tapi semua bank BUMN memang sudah banyak menanggapi tentang student loan dari gagasan Presiden Jokowi namun belum ada gaungnya, meski sudah ada yang didanai, tapi masih kecil.

Founder & Money Startup Fintech Peer to Peer Lending Student Loan (Danadidik) 04

[Baca Juga: Ternyata Mudah! 4 Cara Simpel Penghematan Listrik yang Dapat Segera Anda Lakukan]

 

Berbicara soal student loan, menurutnya fintech-lah yang lebih cocok dan berani mengambil risiko lebih untuk mengambil peluang dari gagasan ini.

Mengenai peraturan, OJK fintech tidak seketat OJK yang lain karena mereka sedang belajar untuk “membawa ke arah mana” fintech Indonesia.

 

Kelebihan 

Danadidik.com merupakan pemula produk student loan di Indonesia. Salah satu kelebihan dari produknya adalah tawaran mengenai masa tenggang (grace period) dalam peminjaman dana pendidikan.

Jadi mahasiswa yang bersangkutan tidak perlu melakukan pembayaran angsuran selama dia masih dalam masa penyelesaian studi.

Berbeda dengan pinjaman lainnya, di mana mereka pada umumnya mengharuskan peminjam dana untuk melakukan asuransi pembayaran 1-2 bulan setelah dana telah dicairkan.

Bagi para pemberi dana atau sponsor, Danadidik dapat menjadi sebuah peluang untuk melakukan diversifikasi, sebuah kesempatan investasi alternatif dengan cara compound yang memberikan imbal hasil atau return berikut dengan bunga.

Dilansir dari Kontrontasi.com, seluruh pendapatan bunga (interest income) dari penerima dana, akan dikembalikan ke sponsor.

Lantas, dari manakah Fintech ini bisa mendapat profit? 

Danadidik memperoleh profit dari fee transaksi yang terdiri dari beberapa sumber, antara lain registrasi, arranging & service fee selama masa pembayaran cicilan.

Founder & Money Startup Fintech Peer to Peer Lending Student Loan (Danadidik) 05

[Baca Juga: 6 Kunci Sukses Cara Mengatur Keuangan Mahasiswa dengan Aplikasi Keuangan Finansialku]

 

Dengan demikian, insentif Danadidik akan in-line dengan sponsor dimana tim Danadidik akan mendapatkan untung ketika sponsor mendapatkan imbal hasil atau return.

 

Pencapaian 

Dikabarkan mulai Februari 2016 lalu, ada lebih dari 2,500 siswa yang mendaftarkan diri ke Danadidik dan setiap bulan rata-rata pertumbuhannya mencapai 15-20%.

Dipo Satria Ramli MBA sang Co-founder menargetkan sebanyak 500 siswa dapat pendanaan pendidikan dari Danadidik.

Berbicara soal investasi, dirinya mengaku bahwa sumber investasi Danadidik adalah dari kantong pribadi para pendiri.

BEP (Break Even Point) yang ditargetkan melalui situs penggalangan dana (Crowdfunding atau Peer-to-Peer Lending)  ini terjadi dalam kurun waktu 18-24 bulan. 

 

Yuk, intip video berikut ini untuk penjelasan lainnya:

 

Anda dapat membagikan artikel di atas kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan! Tuliskan komentar dan tanggapan Anda pada kolom di bawah ini!

Jika Anda membutuhkan konsultasi mengenai perencanaan keuangan pribadi, keluarga maupun bisnis, Anda dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku yang siap menolong Anda.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 12 Juli 2018. Dipo Satria Ramli, Solusi Dana Pendidikan dari Danadidik.com. konfrontasi.com – https://bit.ly/2MbmwVK

 

Sumber Gambar:

  • Dana 01 – https://bit.ly/2N0XoRJ
  • Dana 02 – https://bit.ly/2MXYvS8
  • Dana 03 – https://bit.ly/2QqrXCC
  • Dana 04 – https://bit.ly/2tCHqGw
  • Dana 05 – https://bit.ly/2QMvSbQ
  • Dana 06 – https://bit.ly/39L4sf2