Gimana cara menghadapi kritik biar gak langsung emosi gitu? Tenang sobat Finansialku, ikuti artikel ini terus ya karena caranya ada di sini.

Karena dalam artikel ini kita akan diberitahu cara menghadapi kritik biar gak langsung emosi.

 

Cara Menghadapi Kritik Pedas agar Tidak Langsung Emosi dan Marah

Tidak ada orang yang suka dikritik. Tapi sadar atau tidak, sebenarnya ada baiknya loh kritik itu bagi kita. Tergantung pada respon kita.

Bila kita menerima kritik pedas dari teman, atasan, orang tua, pasangan, atau dari siapa pun, jangan langsung marah besar, dan hadapi dengan lapang dada dengan 7 tips berikut ini!

banner -cara sukses atur gaji ala karyawan

 

#1 Cara Menghadapi Kritik dengan Bertanya Pada Diri Sendiri, Apa yang Dapat Kita Pelajari dari Kritik?

Pasti ada alasan tersendiri mengapa orang lain mengkritik kita. Kritik mungkin tampak negatif, tetapi bisa jadi ada nilai kebenaran dan kehidupan yang diberikan.

Mungkin, melalui kritik, kita memiliki kesempatan untuk belajar bahkan meningkatkan kualitas diri dari saran atau kritik mereka.

 

#2 Cara Menghadapi Kritik dengan Tanggapi Tanpa Nada Kritik

Seseorang dapat membuat saran penting yang berharga bagi hidup kita. Meski nada dan gaya bahasanya kritik, ingatlah selalu ada cara jitu untuk menghadapinya dengan lapang dada.

Bedakan antara kritik dan gaya kritik, tidak semua orang bisa berbicara lembut ketika menasehati kita.

[Baca juga: Ramuan Bijak Memimpin Orang Yang Tidak Bisa Diatur]

 

#3 Nilai Kritik

Kritik sama seperti pujian, pantas kita beri nilai penghargaan. Jangan hanya menghargai pujian, bisa jadi pujian yang diberikan palsu. Beri nilai pada kritik, karena selalu ada nilai kritik dan saran yang membangun kehidupan kita.

 

#4 Cara Menghadapi Kritik dengan, Jangan Baper

Penting, jangan Baper alias bawa perasaan ketika menerima kritik misalnya langsung sedih, merasa rendah diri apalagi iri hati.

Santai saja, karena kritik hanya partikel kecil dari kehidupan kita. Di balik kritik pedas, bukanlah masih ada hal baik yang ada dalam diri kita?

 

#5 Abaikan Kritik Palsu

Jika kritiknya palsu tanpa nilai kebenaran dan fakta sedikit pun, abaikan saja. Tetap fokus pada apa yang kita lakukan, jangan terganggu dengan kritik palsu. Tetap diam, tidak membalas, dan fokus pada tujuan.

 

#6 Jangan Cepat Respon

Respon cepat kadang buat kita salah dalam berkata-kata, berapa banyak kata-kata yang tidak seharusnya kita ucapkan namun terucap karena terbawa emosi?

Beri waktu jeda sebelum menanggapi kritik. Sabar dan tenang, sehingga tidak ada kata-kata yang terbuang sia-sia. 

[Baca juga: 5 Tips Bijak Menghadapi Orang yang Iri Pada Kita]

 

#7 Senyum

Hadapi kritik dengan senyuman tulus yang bisa memberikan efek rileks pada jiwa kita. Senyuman pun dapat memberikan getaran yang lebih positif dan menghindari diri dari marah besar.

 

Nah, itu dia 7 cara menghadapi kritik yang bijak agar tidak mudah terbawa emosi. Responi kritik pedas dengan baik maka akan hal baik yang kita dapat bagi diri kita sendiri.

 

Kalau Sobat Finansialku punya cara lain, yuk, tuliskan di kolom komentar agar Sobat Finansialku lainnya bisa meniru cara tersebut!

Jangan lupa untuk membagikan informasi bermanfaat ini kepada teman-teman atau saudara kita, ya! Terima kasih.

 

Artikel ini merupakan hasil kerja sama Finansialku.com dengan Nova.grid.id. Isi dan data yang tertera dalam artikel merupakan tanggung jawab Nova.grid.id.

 

Editor: Rincani Sinaga

Sumber Referensi:

 

Sumber Gambar:

  • https://bit.ly/3wXjjhI