Dari mana saja sumber pendapatan bulanan Anda? Pernahkah Anda terpikir darimana saja sumber pendapatan bulanan Anda berasal?

Apakah ada cara lain untuk meningkatkan pendapatan bulanan? Perencana keuangan independen Finansialku akan membahas darimana saja sumber pendapatan bulanan seseorang.

 

3 Pilihan, Kurangi Pengeluaran, Tambah Pendapatan atau …

Berdasarkan informasi – informasi yang diberikan oleh teman-teman ke Finansialku, ternyata hampir 90% orang mengalami kesulitan untuk mengelola keuangan keluarga.

Tantangan yang dihadapi adalah pengeluaran yang lebih besar daripada pendapatan, tidak cukup dana untuk ditabung atau diinvestasikan. Kemudian apa solusinya?

banner -Bagaimana Membantuk Money Habit yang Sehat (1)

 

Menurut teman-teman, apa solusi yang tepat? Apa yang dapat dilakukan?

  • Solusi Pertama adalah mengurangi pengeluaran, terlebih pengeluaran konsumtif. Pengeluaran konsumtif adalah pengeluaran yang bertujuan untuk memenuhi keinginan (makan di restaurant, berlibur ke luar negeri dan lainnya).
  • Solusi Kedua adalah meningkatkan pendapatan. Mungkin saja saat ini pendapaatan Anda hanya berasal dari gaji dan bonus. Anda dapat menambah pendapatan dengan hasil investasi, pendapatan pasif dan pendapatan bisnis.
  • Solusi ketiga adalah menggabungkan antara mengurangi pengeluaran pasif dan meningkatkan pendapatan.

 

Dari mana Saja Sumber Pendapatan Bulanan Seseorang?

Seperti yang pernah ditulis Finansialku pada artikel sebelumnya, berikut adalah model untuk mengelola keuangan keluarga.

 

Mengelola Arus Kas Keluarga - Cash Flow Keluarga - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

 

Selengkapnya

 

Lihat pada bagian awal (angka 1), dari mana saja sumber pendapatan bulanan? Yup seperti pada gambar di atas, kita memiliki 3 potensi sumber, yaitu:

 

#1 Pendapatan Aktif (Active Income)

Pendapatan aktif adalah pendapatan bulanan, karena hasil pekerjaan. Contoh pendapatan aktif: gaji, tunjangan, bonus, fee dan lainnya.

 

#2 Pendapatan Investasi atau Pendapatan Portfolio (Portfolio Income)

Pendapatan dari hasil investasi reksadana, saham, obligasi dan lainnya.

 

#3 Pendapatan Pasif

Pendapatan yang berasal dari sistem yang telah bekerja. Sistem tersebut bisa berasal dari bisnis, properti yang disewakan, waralaba, paten dan lainnya.

 

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, para pembaca tentu sudah tahu darimana saja sumber pendapatan bulanan? Ya, terdiri dari:

  1. Pendapatan Aktif
  2. Pendapatan Pasif
  3. Pendapatan Investasi

 

Lalu, ada kah strategi untuk memaksimalkan pendapatan dari masing-masing sumber pendapatan di atas?

Sobat Finansialk bisa mencari tahu jawabannya sekarang juga lewat online course Finansialku berjudul INCOME BREAKTROUGH yang bisa ditonton GRATIS dengan menekan tombol di bawah ini sekarang!

Income Breaktrough Strategi Menambah Pemasukan

Tonton Online Course

 

Silahkan hubungi perencana keuangan independen Finansialku, untuk mulai merencanakan keuangan keluarga Anda!

 

Sumber Gambar:

  • Don’t Worry be Happy – Fullhdwpp di http://goo.gl/Tg1t2Q