Inilah informasi penting, terutama definisi kredit menurut para ahli.

Anda sedang mencari definisi kredit? Anda telah menemukan artikel yang tepat. Silakan membaca artikel Finansialku ini sampai akhir.

 

Kredit dalam Kehidupan Manusia

Kredit sudah sangat sering disebutkan dalam kehidupan. Namun sebagian orang masih belum bisa menyebutkan apa definisi kredit itu sebenarnya. Misalnya: kredit rumah, kredit kendaraan atau pun kredit yang lainnya.

 

Definisi Kredit Menurut Beberapa Ahli

Kredit awalnya dilakukan dalam rangka tolong menolong guna mencapai kebutuhan pada suatu barang atau jasa. Selain itu kredit juga bertujuan untuk membawa dampak positif bagi segi ekonomi dalam kehidupan.

Nah, berikut ada beberapa pengertian kredit menurut para ahli.

 

#1 Definisi Kredit Menurut Rolling G. Thomas

Menurut Thomas, Kredit sebagai suatu kepercayaan dari si peminjam untuk membayar sejumlah uang di suatu hari masa yang akan datang.

 

#2 Definisi Kredit Menurut Firdaus dan Ariyanti

Kedua ahli ini menganggap kredit sebagai sebuah reputasi yang dimiliki oleh seseorang sehingga ia memperoleh uang, tenaga kerja atau pun berbagai barang.

Namun ini didapatkan dengan ketentuan dan perjanjian yang telah dibuat dan disetujui oleh kedua belah pihak dan berjanji akan membayar di suatu masa yang akan datang.

Definisi Kredit Menurut Para Ahli 02a - Finansialku

[Baca Juga: 3 Cara Mendapatkan Uang dan Penghasilan Tambahan untuk First Jobber dan Karyawan]

 

#3 Definisi Kredit Menurut Brymont P. Kent

Menurut Kent, kredit adalah suatu hak untuk mendapatkan pembayaran atau suatu kewajiban untuk melakukan pembayaran sesuai waktu yang telah ditentukan di masa yang akan datang, sebab barang-barang diserahkan dalam waktu sekarang.

 

#4 Amir R. Batubara

Berbeda lagi menurut Amir, dimana kredit sebagai bentuk pemberian prestasi dimana kontra prestasinya akan terjadi dengan sejumlah uang di masa yang akan datang.

 

#5 Anwar

Anwar mengungkapkan bahwa kredit menurut dia sebagai bentuk pemberian prestasi dalam hal ini seperti jasa oleh suatu pihak ke pihak yang lain.

Selanjutnya prestasi atau jasa ini harus dikembalikan lagi dalam jangka waktu yang telah ditentukan dan disepakati bersama lengkap dengan uang balas jasanya.

 

#6 Melayu S. P. Hasibuan

Pengertian kredit menurut Melayu ini seperti yang diyakini oleh masyarakat pada umumnya dimana kredit merupakan bentuk dari semua jenis pinjaman yang nantinya sesuai waktu yang telah disepakati bersama, maka pinjaman ini harus dibayar oleh peminjam lengkap dengan bunga.

Bank VS Leasing, Pahami Cara Terbaik Kredit Kendaraan Bermotor Anda!01

[Baca Juga: Para Karyawan, Gaji 3 Juta Ingin Kredit iPhone 6, Bagaimana Caranya?]

 

#7 Muljono

Selanjutnya menurut Muljono pengertian kredit adalah kemampuan untuk membeli atau meminjam dengan perjanjian  yang disepakati bahwa pinjaman ini akan dibayarkan sesuai waktu yang telah ditentukan.

 

#8 Thomas Suyatno

Menurut Thomas, kredit itu sebagai bentuk penyediaan uang dimana tagihannya disamakan atau disesuaikan berdasarkan apa yang disepakati oleh kedua belah pihak yaitu pihak peminjam dan pihak yang meminjamkan.

 

#9 Dr. Al-Ami Ahmad

Terakhir ada pengertian kredit dari Dr. Al-Amin Ahmad, dimana kredit menurut beliau ialah proses pembayaran hutang yang dilakukan secara berangsur-angsur sesuai waktu dan tempat yang telah ditentukan dan disetujui bersama.

 

Pembahasan Tentang Kredit dalam Undang-Undang

Selain menurut para ahli, sebenarnya kredit juga sudah dibahas dalam Undang-undang No 7 Tahun 1992 tentang Pokok Perbankan, dimana kredit merupakan penyediaan uang atau pun tagihan yang dapat disamakan dengan itu.

Sesuai kesepakatan dalam hal pinjam meminjam antara pihak bank dengan pihak lain, dalam hal ini masyarakat, pihak peminjam harus membayar pada masa yang telah ditentukan sesuai jumlah bunga yang disepakati sebagai imbalan.

 

Saat ini sudah banyak tujuan diterapkannya kredit, salah satunya sebagai langkah yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk meningkatkan modal.

Agar kredit ini dapat berjalan dengan lancar tentunya ada 5 unsur yang harus ada, yaitu kepercayaan, kesepakatan, jangka waktu, risiko serta balas jasa.

 

Apakah Anda sedang mengerjakan tugas mencari definisi kredit, dan baru saja Anda mendapatkan jawabannya dalam artikel ini?

Silakan share artikel ini kepada teman-teman Anda, yang mungkin juga sedang membutuhkan informasi yang sama seperti Anda.

 

Sumber Gambar:

  • Definisi Kredit 01 – https://bit.ly/2Re4JPo
  • Definisi Kredit 02 – https://bit.ly/30h28Z5