Deputi Gubernur Senior (DGS) BI terbaru telah terpilih. Destry Damayanti akan menjadikan bank sentral jadi lebih adaptif dan inovatif. Apa saja tugas yang akan dilakukan Destry?

Agar lebih jelas, mari simak penjelasannya berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

DPR Tetapkan Destry Damayanti Jadi DGS BI

Komisi XI DPR RI telah memilih Destry Damayanti sebagai Deputi Gubernur Senior (DGS) Bank Indonesia periode 2019-2024. Keputusan ini diambil dalam rapat yang telah digelar pada Kamis (117).

Ketua Komisi XI DPR RI Melchias Marcus Mekeng mengatakan, pihaknya menyetujui Destry menjadi BI-2 karena memiliki kemampuan dalam bidang tersebut.

Melchias berharap Destry bisa membantu perekonomian Indonesia melalui tugasnya di bank central.

Banyak hal yang bisa diambil BI dalam menjaga pertumbuhan misalnya dengan mendatangkan lebih banyak investor terutama ke pasar keuangan domestik dan mengoptimalkan penerbitan surat utang korporasi.

DPR pun berharap BI bisa lebih adaptif dalam merespon tren suku bunga global. DPR juga menilai masih banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus dilakukan Destry saat menjadi pejabat BI kelak. Salah satunya mengusulkan kebijakan yang tak terduga.

Terpilih Jadi DGS BI, Destry Damayanti Akan Banyak Berinovasi 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Apa Itu Daftar Hitam Bank Indonesia dan Cara Menghindarinya!]

 

Menurut Melchias, Destry harus menjalin kerja sama yang lebih kuat dengan pemerintah dan otoritas terkait untuk membawa uang-uang orang Indonesia yang ada di luar negeri. Melchias mengatakan:

“Misalnya duit-duit dolar kita yang diparkir di luar negeri. Tentunya kita berharap BI keluarkan keputusan untuk membawa duit-duit dolar yang ada di luar negeri kembali ke kita.”

 

Anggota Komisi XI DPR RI Amir Uskara menjelaskan kesepakatan ini diputuskan setelah komisi XI menggelar rangkaian fit and proper test dan rapat dengar pendapat (RDP) dengan sejumlah lembaga terkait.

Dalam fit and proper test pada awal Juli lalu, Destry memaparkan lima strategi jika menjabat DGS.

Diantaranya, optimalisasi kebijakan moneter, pendalaman sektor keuangan, pengembangan sistem pembayaran, pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, dan sinergi dengan pemangku kepentingan.

Dalam paparannya, tema yang dibawa Destry adalah ‘Menjadi Bank Sentral yang Adaptif dan Inovatif’.

Menurutnya, saat ini bank sentral perlu bersikap inovatif dan adaptif dalam menghadapi kondisi global yang penuh dengan ketidakpastian dan volatilitas yang tinggi. Destry menceritakan visi dan misinya:

“Tantangannya ke depan pertama dari sisi pembayaran sudah beralih dari tunai ke non-tunai, pelakunya dari bank menjadi non-bank. Ini bagaimana kebijakannya? Apa yang perlu dilakukan?”

 

Dalam sektor keuangan, Destry berjanji akan mencoba memperkaya instrumen keuangan domestik untuk melengkapi instrumen yang telah dikeluarkan BI.  

Ia melihat instrumen moneter yang ada sudah cukup memadai, namun terkendala oleh suplai yang masih terbatas, seperti instrumen interest rate swap.

Sedangkan dalam sistem pembayaran, Destry ingin ada inovasi lain dengan perkembangan ekonomi digital dan perkembangan finansial yang menyebabkan perubahan pola transaksi.

 

Perjalanan Karir Destry Damayanti

Destry Damayanti merupakan lulusan Ilmu Ekonomi, Konsentrasi Uang dan Bank di Universitas Indonesia pada 1989.

Kemudian dia melanjutkan jenjang pendidikan Master of Science, Field of Regional Science Cornell University, New York, USA dan selesai pada 1992.

Destry sendiri bukanlah orang baru di sektor keuangan.

Sebelum menjabat di Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (2015-2019), Destry menjabat sebagai Kepala Ekonom PT Bank Mandiri Tbk pada 2011-2015, Kepala Ekonom Mandiri Sekuritas, Direktur Eksekutif Mandiri Institute.

Tak hanya di bidang keuangan, wanita kelahiran Jakarta tahun 1963 ini pun pernah menjadi Ketua Panitia Seleksi Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi.

Bahkan, Destry pernah mencicipi jabatan sebagai Ketua Satuan Tugas Ekonomi Kementerian Badan Usaha Milik Negara pada periode 2014-2015.

Dia juga pernah menjadi kepala Sub-Divisi Biro Analisa Keuangan Daerah, Badan Analisa Keuangan dan Moneter (BAKM) di Kementerian Keuangan. 

Berbicara mengenai keuangan, sudahkah Anda merencanakan keuangan dengan baik? Tenang, Anda bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS, agar tujuan keuangan Anda bisa tercapai sesuai rencana..

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca berita di atas? Berikan tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat, terima kasih..

 

Sumber Referensi:

  • Sylke Febrina. 11 Juli 2019. Profil Destry Damayanti, Deputi Gubernur Senior BI Terpilih. Finance.detik.com – http://bit.ly/2XI2Tr5
  • Lidya Julita. 12 Juli 2019. Tugas Berat Destry Damayanti Sebagai DGS BI, Apa Saja? Cnbcindonesia.com – http://bit.ly/30uwtC5
  • Kontan. DPR Setujui Destry Damayanti DGS BI. Tabloid Kontan

 

Sumber Gambar:

  • Destry Damayanti 1 – http://bit.ly/2Ljz8ek
  • Destry Damayanti 2 – http://bit.ly/2LjcKC2