Diagram investasi (investment diagram) adalah alat yang berfungsi untuk mengetahui posisi seseorang dalam investasi, yang dilihat dalam 3 variabel waktu, uang dan pengetahuan. Finansialku.com akan mengulas diagram investasi dan silakan kenali posisi Anda sekarang dalam diagram tersebut.

Diagram Investasi Dimanakah Posisi Anda Sekarang

 

Diagram Investasi

Diagram ini dibuat oleh Aya Laraya, seorang penasihat keuangan di Filipina. Beliau membuat sebuah framework (kerangka kerja) yang menggambarkan model investasi. Menurut Beliau, sebuah investasi dibangun oleh 3 variabel yaitu: Time (waktu), Money (uang) dan Knowledge (pengetahuan). Ketiga variabel tersebut digambarkan dalam sebuah diagram yang saling bersinggungan. Penjelasan Aya Laraya mengenai diagram investasi:

 

Tiga Variabel

Menurut Aya Laraya, terdapat 3 variabel yang membentuk sebuah investasi yaitu waktu, uang dan pendidikan. Mari kita bahas penjelasannya satu per satu:

 

Waktu (Time)

  1. Menurut Aya, setiap investasi pasti membutuhkan waktu, rentang waktu (time horizon) agar investasi yang dilakukan dalam menelurkan hasil yang positif serta waktu untuk mengawasi investasi yang Kita lakukan.
  2. Setiap investasi membutuhkan waktu berjam-jam, berhari-hari, berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun untuk menumbuhkan dana yang Kita investasikan. Selalu ada waktu yang harus dibayar untuk sebuah investasi. Oleh sebab itu Aya Laraya menyarankan agar Kita mulai berinvestasi sejak dini (sesegera mungkin).

 

Uang (Money)

Menurut Aya ketika berbicara sumber uang yang digunakan untuk berinvestasi, terdapat dua macam. Pertama, jika Anda memiliki uang dalam jumlah besar dan Anda dapat berinvestasi secara sekaligus (lump sum). Kedua jika Anda menyisihkan sebagian uang setiap bulannya ke dalam investasi Anda. Cara kedua ini boleh dibilang strategi dollar cost averaging.

 4 Strategi Investasi Reksa Dana yang Paling Mudah Diterapkan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca juga : Strategi Investasi Reksadana Dollar Cost Averaging]

 

 

Pengetahuan (Knowledge)

Menurut Aya pengetahuan adalah variabel terpenting dalam setiap investasi. Kenyataannya pengetahuan (knowledge) adalah hal yang membedakan antara kaya (rich) dan makmur (wealthy). Seseorang yang memiliki pengetahuan di bidang investasi, cenderung dapat membedakan cara berinvestasi sebagai seorang professional dan terhindar dari investasi bodong (investasi palsu).

 

Dimana Posisi Anda saat Ini?

Dalam diagram investasi yang dibuat oleh Aya Laraya terdapat 4 daerah persinggung, seperti yang digambarkan berikut ini:

Diagram Investasi Dimanakah Posisi Anda Sekarang - Posisi

 

Daerah 1: Persinggungan Time (waktu) dan Money (uang)

Seorang investor yang memiliki waktu dan uang tanpa pengetahuan, akan mengalami kesulitan untuk menumbuhkan investasinya dengan maksimal. Orang-orang yang berada di kolom ini juga berpotensi menjadi korban penipuan investasi bodong.

 

Daerah 2: Persinggungan Time (waktu) dan Knowledge (pengetahuan)

Seseorang yang memiliki waktu dan pengetahuan tetapi tidak memiliki uang, langkah yang harus dilakukan adalah mulai menabung. Usahakan dapat menyisihkan pendapatan untuk ditabung dan kemudian diinvestasikan.

 

Daerah 3: Persinggungan Money (uang) dan Knowledge (pengetahuan)

Beberapa orang cukup sibuk dengan pekerjaan dan aktivitasnya. Salah satu solusi adalah menggunakan jasa professional untuk mengelola uang, seperti manajer investasi.

 

Daerah 4: Persinggungan Ketiga Variabel

Daerah ini adalah daerah yang paling ideal bagi seorang investor, karena seseorang yang berada di daerah ini memiliki waktu, uang dan pengetahuan untuk mengelola dan mengontrol investasinya.

 

Opini Penulis

Memulai investasi sejak dini adalah saran yang baik, jika orang tersebut telah memantaskan dirinya untuk siap berinvestasi. Berinvestasi seperti orang maju di medan tempur, jika tidak ada persiapan yang matang seorang prajurit tidak akan memiliki kontrol. Tentu saja Anda dapat menduga hasilnya, jika seseorang prajurit yang belum siap tempur maju di medan perang.

Penulis ingin menambahkan, kapan waktu yang paling tepat untuk berinvestasi? Sesegera setelah Anda memiliki pondasi atas investasi Anda. Hal minimal yang dilakukan adalah meningkatkan pendidikan atas investasi tersebut dengan belajar, seminar dan lainnya. Sekarang adalah saatnya yang tepat untuk Anda mulai meningkatkan kemampuan investasi Anda (investment skills). Setelah Anda memiliki pondasi yang cukup kuat, saatnya memulai jam terbang. Mulai dari kecil dan bertumbuh. Nikmati selalu prosesnya.

 

Kami akan sangat senang dan berterima kasih jika Anda mau berbagi kisah atau memberi komentar mengenai  investasi.

 

Sumber:

Tyrone Solee. 20 Juni 2012. “The Investment Diagram’: Where Are You?”, website: /www.millionaireacts.com.

 

 

Artikel Finansialku terkait dengan investasi:

finansialkuInvestasi Reksadana OnlineBaca
finansialkuInvestasi Sukuk RitelBaca
finansialkuImbal Hasil Investasi: Arus Kas atau Kenaikan HargaBaca

 

Jangan lupa baca artikel-artikel Finansialku:

finansialku20 Lagu Bertema UangBaca
finansialkuMasyarakat Ekonomi ASEAN tantangan IndonesiaBaca
finansialku8 Alasan Berinvestasi PropertiBaca