DIRE Kedua Ciptadana Telah Resmi Dirilis dan Siap Didistribusikan

Setelah berhasil dengan DIRE pertama yang telah dirilis 7 tahun silam, kini DIRE Kedua Ciptadana telah resmi dirilis dan siap didistribusikan di akhir Januari 2019 mendatang.

Penasaran dengan berita selengkapnya? Mari simak ulasannya melalui artikel Finansialku berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

DIRE Kedua Ciptadana: DIRE Properti Perhotelan Padjadjaran

7 tahun silam, PT Ciptadana Asset Management berhasil menerbitkan Dana Investasi Real Estate atau DIRE pertama pada tahun 2012 dengan aset Solo Grand Mall di kota Solo, Jawa Tengah.

Mengingat kesuksesannya yang membuahkan hasil yang banyak, kini PT Ciptadana berusaha untuk mendapatkan keberhasilan tersebut kembali dengan menciptakan DIRE yang kedua.

Produk baru ini telah diluncurkan pada 27 Desember 2018 silam dan diberi nama DIRE Properti Perhotelan Padjadjaran.

Isinya berupa aset Hotel Padjadjaran yang terletak di kota Bogor dengan luas tanah 3.684 m2 dan luas bangunan sebesar 11.148 m2.

Dilansir dari Bisnis.com Selasa (8/1/19), Paula Rianty Komarudin, Direktur Utama Ciptadana Asset Management mengatakan, sejak hari pertama penerbitan, jumlah investor DIRE Padjajaran telah mencapai lebih dari 100 investor.

“Ini adalah hadiah akhir 2018 bagi Pasar Modal Indonesia, sebagai bukti upaya kami dalam mendukung perkembangan dan pertumbuhan pasar modal Indonesia dengan produk-produk yang inovatif dan dapat menjadi pilihan investasi bagi investor.”

 

Selain itu, Charisma Siasi, Direktur Pemasaran Ciptadana Asset Manahement, menjelaskan bahwa mayoritas investor yang memutuskan untuk bergabung tersebut berasal dari investor ritel.

DIRE Kedua Ciptadana 02 - Finansialku

[Baca Juga: Jajal Blockchain, Transaksi Valas HSBC Tembus US$250 Miliar]

 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa DIRE kedua ini baru akan didistribusikan pada akhir Januari 2019, atau lebih tepatnya pada tanggal 28 Januari 2019 dan dicatatkan pada 29 Januari 2019.

Dalam keterbukaan di laman PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), Selasa (22/1) disebut, jumlah maksimum unit penyertaan dari DIRE tersebut sebesar Rp1,5 miliar dengan nilai aktiva bersihnya sebesar Rp100 per unit penyertaan.

Dikabarkan bahwa dana kelolaan dari produk ini ditargetkan mencapai sekitar Rp300 miliar.

 

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

DIRE Sebagai Wadah Penghimpun Dana Masyarakat Pemodal

Dilansir dari CNBC Indonesia, DIRE Padjajaran yang baru ini mendapatkan mandat untuk mengakuisisi dan menyewakan aset-aset yang digunakan oleh usaha perhotelan dan hospitality dan akan terus melakukan evaluasi atas aset-aset lainnya di seluruh Indonesia.

Paula juga menjelaskan bahwa terdapat rencana baru mengenai aset yang akan dibangun,

“Rencananya akan menambah 1-2 hotel lagi.”

 

Hanya saja, Paula masih enggan membeberkan lokasi dari bangunan properti yang akan dijadikan aset dasar (underlying) tersebut.

Sebelumnya, DIRE pertama berisi aset Solo Grand Mall di kota Solo, Jawa Tengah, yang telah diterbitkan yaitu DIRE Ciptadana Properti Ritel Indonesia yang juga diterbitkan oleh Ciptadana Asset Management pada 2012 silam.

DIRE pertama tersebut telah terdaftar dan diperjualbelikan di Bursa Efek Indonesia dengan kode Bursa XCID sejak 2013.

Sekedar informasi, Ciptadana Asset Management didirikan tahun 1991 dengan total dana kelolaan sebesar Rp5 triliun hingga Desember 2018. 

 

Bagi yang belum memahaminya, DIRE adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan pada aset real estate, aset yang berkaitan dengan real estate, dan/atau kas dan setara kas.

DIRE merupakan salah satu pilihan produk investasi bagi masyarakat baik ritel maupun institusi yang juga terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

 

Apakah Anda tertarik dengan DIRE? Apa pendapat Anda mengenai DIRE Padjadjaran ini? Sila tinggalkan pendapat dan komentar Anda melalui kolom di bawah ini. Jangan lupa untuk bagikan informasi penting dalam artikel ini kepada teman atau saudara Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Avanty Nurdiana. 23 Januari 2019. DIRE Baru Ciptadana Telah Dirilis. Koran Kontan.
  • Jane Aprilyani. 8 Januari 2019. Ciptadana Asset Management Ciptakan DIRE Kedua. Investasi.kontan.co.id – https://goo.gl/wHHRTh
  • Novita Sari Simamora. 8 Januari 2019. Ciptadana AM Rilis DIRE Padjajaran. Market.bisnis.com – https://goo.gl/U95b3m
  • Syahrizal Sidik. 8 Januari 2019. Rilis DIRE Kedua di Indonesia, Ciptadana Incar Rp 300 M. CNBCIndonesia.com – https://goo.gl/dZMwHR

 

Sumber Gambar:

  • DIRE Kedua Ciptadana 1 – https://goo.gl/DYV5SL
  • DIRE Kedua Ciptadana 2 – https://goo.gl/qqEwfo
By |2019-01-24T15:46:17+00:00January 24th, 2019|Categories: Berita, Investasi, Properti|Tags: , , , , |0 Comments

About the Author:

Dian Fauzi Utami
Dian Fauzi Utami ialah seorang mahasiswa yang sedang menempuh studi S1 di prodi Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Sedang menekuni salah satu hobinya di bidang radio untuk menjadi Announcer di salah satu radio komunitas di Jatinangor. Tertarik dengan segala hal yang berhuhungan dengan radio, tulisan, dan fashion.

Leave A Comment