Putra Papua ditunjuk jadi Direktur Freeport oleh Erick Thohir. Pertama kali dalam sejarah!

Simak berita selengkapnya dari Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Putra Papua Ditunjuk Jadi Direktur Freeport

Setelah sebelumnya melakukan perombakan langsung pada tiga bank BUMN, Erick Thohir, selaku Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali melakukan perombakan di BUMN lain.

Kali ini, Erick melakukan perombakan jajaran di tubuh PT Freeport Indonesia. Dia menunjuk putra Papua untuk masuk ke dalam jajaran direksi Freeport sebagai Direktur.

Pertama Kali! Putra Papua Ditunjuk Jadi Direktur Freeport! 02

[Baca Juga: Erick Thohir Rombak Direksi Tiga Bank BUMN, Kenapa?]

 

Claus Wamafma adalah putra Papua yang ditunjuk untuk masuk ke dalam jajaran direksi di PT Freeport Indonesia.

Untuk pertama kali, putra asli Papua, Indonesia masuk ke dalam jajaran direksi di perusahaan tambang itu.

Penetapan direksi baru itu dilakukan pada Jumat (07/02) lalu di Gedung Kementerian BUMN, sebagaimana dilansir dari laman economy.okezone.com, Senin (17/02).

Dalam agenda tersebut, selain penetapan Claus Wamafma sebagai Direktur, ada beberapa pergantian pada jabatan lain seperti Wakil Presiden Komisaris, Wakil Direktur Utama, dan Direktur.

“Salah satu yang seru yakni putra Papua, Claus Wamafma yang sudah berkarir dua puluh tahun di Freeport dan diusulkan jadi direksi mewakili Mind ID. Sebelumnya, Claus menjadi SVP membawahi CSR, partnership fund dan community development.”

 

Claus Wamafma sendiri sudah mengabdikan dirinya selama dua puluh tahun bekerja di PT Freeport Indonesia.

Melansir laman cnbcindonesia.com Rabu (19/02), dia mengaku kalau dirinya tidak pernah menyangka sampai bisa ditunjuk sebagai direktur di PT Freeport Indonesia.

“Saya, kan kerja di situ, kemudian diminta berproses, saya kira normal. Lalu ditunjuk mewakili MIND ID di PTFI (PT Freeport Indonesia) ya sesuatu yang tadinya tidak terpikir karena kami dua puluh tahun bekerja di PTFI.”

 

Laki-laki lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) itu juga lebih lanjut mengatakan bahwa proses itu telah dimulai sejak awal 2020.

“Saya juga prosesnya cukup lama dan utuh dari fresh graduate, terpapar dengan operasi, keunikan di sana geografinya, percampuran orang bagian di Indonesia ada di sana dan kami bisa jalan. Kami harap bisa lebih bagus ke depan.”

 

Melansir laman tribunnews.com, sebelum ditunjuk menjadi Direktur, sejak 2014, dia menduduki jabatan sebagai Wakil Presiden Pengembangan Komunitas PT Freeport Indonesia, yang tugasnya berfokus pada kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) dan pemberdayaan masyarakat.

Dengan adanya perubahan yang historik ini, dia mengaku kalau ini dapat membuka peluang bagi putra asli Papua penerus untuk dapat menduduki jabatan tinggi di perusahaan tambang raksasa itu.

Ini sesuatu yang baik. Buat saya buat karyawan nasional untuk ambil porsi di level Direksi.

 

Mengenai penunjukan putra Papua di jajaran direksi ini, PT Freeport Indonesia, juga mengaku kalau pihaknya terus berupaya mendorong keterlibatan tenaga kerja asli Papua.

Hingga saat ini, jumlah tenaga kerja lokal di PT Freeport Indonesia ini sudah mencapai 40 persen.

Pertama Kali! Putra Papua Ditunjuk Jadi Direktur Freeport! 03

[Baca Juga: Bulan Ini, Divestasi Saham Freeport Diyakini Bisa Tuntas]

 

Tony Wenas selaku Presiden Direktur PT Freeport Indonesia dalam agenda Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Gedung DPR Komisi VII Jakarta, seperti yang dikutip dari laman finance.detik.com, Rabu (19/02), berkata;

“Semenjak tahun 1996 berkomitmen untuk menggandakan, terus melipatgandakan jumlah tenaga kerja Papua sehingga akhirnya saat ini 40 persen.”

 

Penunjukan ini, dikatakan Tony sebagai pembuktian bahwa putra Papua juga sanggup dan mampu duduk di jajaran direksi perusahaan besar seperti PT Freeport Indonesia.

Sebagai informasi tambahan, saat ini jumlah karyawan langsung PT Freeport Indonesia adalah sebanyak 7.096 orang dengan 2.890 di antaranya adalah karyawan asli Papua.

Sementara karyawan non Papua terdiri dari 4.061 karyawan, dan tenaga kerja asing sebanyak 145 karyawan.

Adapun total karyawan dan mitra mencapai 30.542 karyawan, yang terdiri dari putra asli Papua sebanyak 7.529 karyawan dan 22.184 non Papua, dengan tenaga kerja asing sebanyak 829 karyawan.

 

Finansialku ingin menyampaikan selamat untuk Claus Wamafma sebagai Direktur baru PT Freeport Indonesia!

Bagaimana pendapat Anda mengenai peristiwa historik ini? Sampaikan pada kami di kolom komentar Finansialku, ya!

Anda juga bisa menyebarkan kabar baik ini pada rekan-rekan Anda melalui platform di bawah ini, lho!

 

Ebook Perencanaan Keuangan ENTREPRENEUR & FREELANCE

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Achmad Dwi Afriyadi. 19 Februari 2020. Punya Direktur Putra Papua, Bos Freeport: Kita Bangga!. Finance.detik.com – http://bit.ly/2SXOVRx
  • Isnaya Helmi Rahma. 19 Februari 2020. Erick Thohir Tunjuk Putra Papua, Claus Wamafma, Jadi Direktur Freeport, Berikut Rekam Jejaknya. Tribunnews.com – http://bit.ly/2vIh1se
  • Giri Hartomo. 19 Februari 2020. Jadi Direktur di Freeport, Ini Cerita Claus Wamafma Putra Asli Papua. Economy.okezone.com – http://bit.ly/2V4Yktq
  • Taufik Fajar. 17 Februari 2020. Erick Thohir Angkat Putra Papua Claus Wamafma Jadi Direktur Freeport. Economy.okezone.com – http://bit.ly/39N1Z2Z
  • Admin. 19 Februari 2020. Menteri BUMN Erick Thohir Tunjuk Putra Papua, Claus Wamafma, Jadi Direktur PT.Freeport Indonesia. Manado.tribunnews.com – http://bit.ly/38EEIA4

 

Sumber Gambar:

  • Freeport – http://bit.ly/39PvW2i
  • Claus Wamafma 01 – http://bit.ly/2SVehzw
  • Claus Wamafma 02 – http://bit.ly/37FdXdp