E-IPO rekan yang menguntungkan dalam dunia investasi? Eits… tunggu dulu, tahu gak apa itu E-IPO? Mari kita simak dalam artikel berikut ini.

Selamat membaca dan selamat belajar.

 

Pengertian E IPO

Apa yang dimaksud dengan E IPO? E IPO itu singkatan dari Electronic Indonesia Public Offering. Bisa saja diartikan sebagai sistem yang dikeluarkan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk meluncurkan IPO secara online.

Sistem online itu adalah sebuah sistem yang dilambangkan dari IPO terdahulu. Ada banyak sekali manfaat menggunakan sistem platform tersebut.

Berikut ini adalah manfaatnya:

  1. Memperlebar akses antara investor dan pelaksana investasi.
  2. Informasi penting terkait dengan IPO dapat diraih dengan mudah.
  3. Publikasi penawaran saham bisa dilakukan dengan sangat mudah, cepat, dan lebih praktis.
  4. Memperluas hubungan kerja dan jaringan investor dengan investor lain.

Manfaat itu akan Anda dapat jika menggunakan platform online ini. Untuk melakukan hal itu, tentunya Anda harus melakukan pendaftaran.

Langkah apa saja yang harus dilakukan untuk E IPO daftar online? Simak penjelasan berikut ini.

 

Cara Daftar 

Sebelum mendapatkan manfaatnya tentunya Anda harus menggunakan platform jual beli saham ini. Untuk itu Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu.

Melakukan registrasi untuk bisa menggunakan platform ini tidaklah sulit. Hanya membutuhkan beberapa langkah saja dan Anda pun bisa melakukan jual beli saham di platform tersebut.

Lantas, bagaimana cara melakukan registrasi tersebut? Penjelasan mengenai cara registrasi di bawah ini.

  1. Buka situs resmi IPO di Google atau di aplikasi lainnya yang serupa.
  2. Buka menu situs tersebut.
  3. Masukan email untuk melakukan registrasi.
  4. Masukan tipe investor perorangan atau investor institusi.
  5. Lalu, masukan data diri atau perusahaan Anda dengan benar dan lengkap.
  6. Simpanlah data, lalu lakukan autentifikasi dengan menggunakan email yang terdaftar tadi.
  7. Tunggu beberapa saat untuk mendapatkan kode OTP yang dikirimkan melalui via email.
  8. Setelah itu lakukan autentifikasi menggunakan kode OTP tersebut.
  9. Masukan password Anda.
  10. Lalu klik opsi Broker.
  11. Pilih broker yang Anda mau.
  12. Pilih registrasi SID/SRE untuk pendaftar yang sudah memiliki ataupun belum memilikinya. 
  13. Setelah itu registrasi sudah selesai dan Anda pun bisa melakukan login untuk menggunakan platform ini.

Registrasi sudah selesai, kini saatnya login untuk meluncurkan IPO secara mudah dan praktis. Hanya dengan sentuhan jari di platform online ini.

Baca Juga: Definisi E-IPO Adalah

 

Cara Login

Setelah mendaftar, bagaimana cara untuk login-nya? Mudah, cukup dengan memasukkan alamat email yang sudah terdaftar, lalu masukan password.

Jangan lupa pula untuk mencentang kotak reCAPTCHA, saya bukan robot. Untuk itu pilihlah gambar yang tepat sesuai persoalan kemudian verifikasi. Setelah kotak reCAPTCHA tercentang maka, Anda harus mengklik tombol login untuk bisa masuk. 

Dalam melakukan login ini sering kali ada orang yang melakukan beberapa kesalahan sepele. Kesalahan tersebut bisa menyebabkan aktivitas login gagal. Seperti halnya salah memasukkan password.

Atau salah email dan tidak menggunakan huruf kecil saat memasukkan alamat email.  Maka dari itu perhatikanlah penggunaan huruf saat memasukkan email dan gunakan huruf kecil saat memasukkan alamat email. 

Jangan lupa pula untuk memasukkan alamat email dan password dengan benar dan lengkap. Namun jika Anda lupa dengan passwordnya, Anda bisa klik opsi lupa password untuk mengganti password Anda.

Setelah itu Anda akan digiring untuk bisa mendapatkan password yang baru. Jika login sudah berhasil, maka Anda bisa melakukan berbagai aktivitas mengenai IPO di sana. Seperti halnya jual beli saham secara online.

Sebelum lanjut mari dengarkan terlebih dahulu audiobook berikut ini.

banner_jangan_asal,_ketahui_ini_dulu_sebelum_investasi_saham

 

Cara Pesan E IPO

E-IPO Bursa Efek Indonesia atau E IPO IDX sudah memberikan alternatif yang mudah dan praktis untuk bisa membeli saham yang dijual oleh Initial Publik Offering atau IPO. Cara alternatif tersebut bisa dilakukan secara online dengan sangat mudah dan simple. 

Cukup dengan menggunakan platform online yang bernama Electronic Indonesia Public Offering. Namun, bagaimana cara melakukan  pemesanan saham Initial Public Offering dengan menggunakan platform online ini? Lakukanlah beberapa langkah mudah berikut untuk bisa membeli saham yang Anda inginkan.

 

Registrasi Terlebih Dahulu

Sebelum melakukan pemesanan untuk membeli saham Initial Public Offering, sebaiknya Anda registrasi terlebih dahulu. Registrasi tersebut dapat Anda lakukan dengan cara yang telah disebutkan di bagian atas tadi. 

 

Pilih Broker

Registrasi telah usai, ini saatnya memilih broker atau sekuritas yang Anda inginkan. Bagi Anda yang memiliki Single Investor Identification atau SID, maka pilihlah SID 7. 

Namun, bagi Anda yang belum  memiliki Single Investor Identification, maka pilihlah Sub Rekening Efek atau SRE.

Setelah melakukan hal ini, maka Anda bisa melakukan login. Anda pun bisa melakukan pemesanan saham IPO dengan menggunakan platform yang diluncurkan oleh Bursa Efek Indonesia ini.

 

Pesan Saham

Jika Anda telah usai registrasi, login, dan memilih broker, maka Anda bisa melakukan pemesanan saham IPO. Anda akan melihat berbagai tawaran saham mentereng yang siap jual di platform online tersebut. Sehingga Anda bisa menentukan pilihan yang cocok. 

Setelah itu klik Info Lebih Lanjut untuk mendapatkan informasi tentang saham yang akan Anda beli dan untuk melakukan pemesanan. Klik bagian Place Order, lalu isi formulir dengan benar, klik kirim, dan yang terakhir masukan kode OTP dengan benar pula.

 

Siapkan Dana pada Rekening Dana Nasabah atau RDN 

Order saham IPO telah usai, itu berarti pemesanan Anda sedang diproses. Membutuhkan beberapa waktu untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai pemesanan saham tersebut. Biasanya informasi tersebut dikirimkan melalui via email. 

Setelah  pesan tersebut, verifikasi bisa dilakukan dan Anda pun bisa mengetahui dan menyetujui prospektus pada saat bookbuilding. Maka dari itu siapkanlah dana di Rekening Dana Nasabah sebelum masa offering 7 berlangsung.

 

Terima Saham IPO

Hasil penjatahan dari pembelian saham IPO Anda, bisa dipantau melalui menu history. Jika Anda mendapatkan saham sesuai pesanan, maka status Allotted akan terlihat.

Adapun status Not Allotted yang berarti tidak bisa memperoleh penjatahan. Sedangkan Not Carried Over berarti pemesanan tidak diproses lebih lanjut untuk bisa mendapatkan penjatahan.

Setelah Anda mengetahui beberapa hal mengenai Electronic Indonesia Public Offering, akankah Anda tertarik untuk berinvestasi saham? Jika iya, platform keluaran Bursa Efek Indonesia ini siap membantu memilih saham yang tetap untuk Anda.

 

Nah sekarang Anda sudah mengerti mengenai E-IPO bukan? Siap menggunakannya? Yuk berikan tanggapan Anda di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa dalam artikel lainnya.

 

Sumber Referensi:

  • Shifa Nurhaliza. 21 Agustus 2021. Gak Perlu Bingung, Ini Cara Beli Saham e-IPO yang Mudah. Idxchannel.com – https://bit.ly/3qzT7Jo

Sumber Gambar: 

  • Cover – https://bit.ly/3rrxcTP