Jumlah WNI positif virus corona bertambah menjadi enam orang yang melakukan kontak langsung dengan orang asing.

Yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

WNI Positif Virus Corona Jadi 6 Enam Orang

Kasus positif virus corona yang menjangkit WNI bertambah. Setelah sebelumnya ada empat orang, kini jumlah pasien menjadi enam orang.

Hal tersebut diumumkan oleh Juru Bicara Penanganan Kasus Virus Corona, dr. Achmad Yurianto (Yuri), pada Minggu (08/03) sore.

Mengutip VOA Indonesia, Yuri mengatakan salah satu dari pasien tersebut berasal dari pengembangan kasus virus corona yang ada di Jakarta.

Sedangkan lainnya merupakan anak buah kapal (ABK) Diamond Princess yang sebelumnya bekerja di Jepang. Kasus baru ini disebut Yuri sebagai kasus 05 dan kasus 06.

“Hari ini dari hasil pemeriksaan laboratorium, nambah lagi dua kasus positif. Yang pertama adalah kita sebut sebagai kasus 05, laki-laki, 55 tahun. Ini adalah hasil pemeriksaan lanjutan dari tracing kasus yang Jakarta, yang tadi saya laporkan suspect. Tadi kita sudah dapat data laboratoriumnya, bahwa yang bersangkutan confirmed positif covid-19,” kata Yuri.

Kemudian, lanjutnya, yang kedua telah terkonfirmasi terjangkit virus corona.

“Positif covid-19 yang kita sebut sebagai kasus 06, laki-laki 36 tahun. Ini adalah imported cases, yang dia dapatkan dari Jepang pada saat dia bekerja sebagai ABK Kapal Diamond Princess,” tambah Yuri.

Update Virus Corona_ Enam WNI Dinyatakan Positif Corona 02

[Baca Juga: Terinfeksi, Siapa yang Tanggung Biaya Berobat Virus Corona?]

 

Sejauh yang tercatat dua dari enam pasien tersebut pernah melakukan kontak langsung dan berdekatan dengan warga asing.

Selain itu, Achmad Yurianto juga menyebut jumlah suspect virus corona (Covid-19) per hari minggu kemarin bertambah menjadi 23 orang di seluruh wilayah Indonesia.

Jumlah tersebut bertambah, dari angka suspect sebelumnya 11 orang.

Yuri menjelaskan suspect tersebut baru akan dinyatakan negatif setelah paling tidak menjalani pemeriksaan hingga delapan kali.

Pemeriksaan berulang itu, kata Yurianto, dilakukan karena dalam beberapa kasus pasien dinyatakan positif pada pemeriksaan keenam hingga ke-8.

“Kita tidak boleh mengatakan itu negatif meskipun pemeriksaan negatif, kita harus melakukan serial pemeriksaan negatif berkali-kali. Pada umumnya, kita akan melaksanakan seminggu, 7 kali pemeriksaan, mudah-mudahan pemeriksaan ke-8 negatif,” Ungkap Yuri mengutip dari CNN Indonesia, Senin (09/03).

Sementara itu, pasien dengan kasus 01, 02, 03, dan kasus 04 dikabarkan kondisinya dalam keadaan stabil.

Jika dalam waktu beberapa hari waktu ke depan hasil laboratoriumnya bagus, mereka pun akan diperbolehkan pulang.

“Empat positif, dalam kondisi baik. 01 dan 02 tidak panas dan masih menunggu hasil lab. Kalau sudah negatif, maka dengan dua kali pemeriksaan negatif, maka sudah boleh dipulangkan. 03 dan 04 sudah tidak demam lagi kemarin kita laporkan demam,” Lanjut Yuri mengutip dari VOA Indonesia.

 

Bertambahnya angka positif virus corona di negeri ini tentu bikin khawatir. Yang bisa kita lakukan adalah menjaga diri agar tetap sehat. Kami tak akan bosan mengingatkan ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya, Semoga bermanfaat, ya!

GRATISSS Download!!! Ebook Asuransi Kesehatan Bisa Menyelamatkan Hidup

Mockup Ebook Studi Kasus Asuransi Kesehatan

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 08 Maret 2020. Pasien Positif Virus Corona Bertambah Jadi 6 Orang. CNN Indonesia – https://bit.ly/3cJzQMs
  • Bayu Galih, Haryanti Puspa Sari, Tsarina Maharani. 09 Maret 2020. Kronologi dan Urutan Munculnya 6 Orang Positif Virus Corona di Indonesia. Kompas.com – https://bit.ly/3cJUYSH
  • Marlinda Oktavia Erwanti. 08 Maret 2020. Bertambah 2, Pasien Positif Virus Corona di RI Jadi 6 Orang. Detik.com – https://bit.ly/38D6dt0
  • Ghita Intan. 08 Maret 2020. Pemerintah Umumkan Dua Kasus Baru Positif Virus Corona, Total Enam Kasus. VOA Indonesia – https://bit.ly/2TAoyTp
  • Admin. 08 Maret 2020. Suspect Virus Corona di Indonesia Bertambah Jadi 23 Orang. CNN Indonesia – https://bit.ly/2v6lAfZ

 

Sumber Gambar:

  • Update Virus Corona Indonesia 01 – http://bit.ly/3cS880i
  • Update Virus Corona Indonesia 02 – http://bit.ly/2v9L0t8