Komposer legendaris asal Italia, Ennio Morricone meninggal dunia di usia 91 tahun setelah memberi pengaruh besar terhadap seni musik dunia.

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

RIP, Ennio Morricone Meninggal Dunia

Dunia seni sedang berkabung. Komposer asal Italia, Ennio Morricone meninggal dunia pada usia 91 tahun.

Ennio merupakan salah satu pencipta musik yang paling fleksibel dan berpengaruh di dunia untuk sinema modern. Dirinya wafat pada Senin (06/07) kemarin di sebuah klinik Roma, Italia.

Menurut pengacara Morricone, Giorgio Asumma kepada ANSA, komponis itu dilarikan ke klinik setelah jatuh dan mengalami patah panggul.

Assumma juga membagikan pernyataan bahwa Mr. Morricone telah menulis sendiri, berjudul, “Saya, Ennio Morricone, sudah mati.”.

Komposer Italia, Ennio Morricone Meninggal Dunia, Ini Sosoknya 02

[Baca Juga: Download Instrumen Musik Klasik yang Cocok Untuk Belajar]

 

Sesaat setelah kematian Morricone dikonfirmasi, Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte mengucapkan bela sungkawa melalui akun media sosialnya.

“Kita akan selalu mengenang, dengan rasa terima kasih tak terhingga, genius artistik dari maestro Ennio Morricone. Lagunya membuat kita bermimpi, merasa semangat, merefleksi, menulis catatan berkesan yang akan tetap ada tak terhapuskan dalam sejarah musik dan film,” kata Conte dikutip dari CNN Indonesia, Selasa (07/07).

Melansir dari beberapa sumber, berikut ini profil dan dedikasi yang telah Ennio Morricone berikan, demi mengenang kepergiannya.

 

#1 Morricone Menelurkan 500 Music Scoring

Selama kurang-lebih lima puluh tahun, Morricone telah mencetak music scoring lebih dari 500 film untuk komedi, thriller dan drama sejarah.

Secara luas Ia dianggap sebagai salah satu komposer terhebat bioskop dan berhasil memenangkan piala Oscar.

Morricone juga menerima nominasi untuk Days of Heaven dari Terrence Malick (1978), Roland Joffe’s Mission (1986), The Untouchables karya Brian De Palma (1987), Barry Levinson’s Bugsy (1991) dan Gienaeppe Tornatore’s Malena (2000).

Dikenal sebagai “The Maestro“, Morricone diserahkan piala kehormatan Oscar oleh Clint Eastwood pada 2007, dengan Academy Awards memuji “kontribusinya yang luar biasa dan beragam untuk seni musik film”.

 

#2 Erat dengan Musik Sejak Dini

Lahir pada tahun 1928 di Italia ketika Benito Mussolini masih berkuasa, Morricone belajar musik dari ayahnya yang seorang peniup terompet.

Kemudian, ia bersekolah di Santa Cecilia Conservatory, di mana ia belajar di bawah Groffredo Petrassi, seorang komposer terkenal dari Italia. 

Setelah lulus, ia mencoba menulis musik pertamanya untuk teater dan program radio dan kemudian menjadi seorang arranger studio untuk label rekaman.

Karyanya itu kemudian diakui di dunia permusikan, dan ia pun diterima bekerja pada tahun 1950-1960-an untuk beberapa bintang pop terkenal di Negeri Romantis tersebut.

Seiring dengan berjalanannya waktu, ia menyadari bahwa setelah perang, industri film sangat berkembang pesat di Italia, namun tidak memiliki musik yang bagus.

Oleh karena itu, keputusan yang tepat jika ia memilih untuk membuat scoring untuk film-film yang ada.

 

#3 Besar Tanpa Tinggal di Hollywood

Morricone merupakan salah satu orang Italia yang menjadi legenda di Hollywood tanpa harus tinggal di sana. Padahal Morricone sempat ditawari villa mewah di California, tapi ia menolaknya.

Menurutnya, Roma merupakan rumahnya karena semua teman-temannya berada di sana, sama seperti beberapa sutradara yang menghargai pekerjaannya.

Kontribusi Ennio di dunia seni musik perfilman mendapat acungan jempol dari beberapa filmmaker hingga komposer terkenal lainnya. Sehingga saat dirinya dikabarkan wafat, banyak dari mereka yang merasa kehilangan.

Sebut saja sutradara Edgar Wright menuliskan pesan mendalam tentang kepergian Morricone.

“Di mana harus memulai dengan komponis ikonik Ennio Morricone? Dia bisa membuat film biasa menjadi film yang wajib dilihat, film yang bagus menjadi seni, dan film yang hebat menjadi legenda. Dia belum mematikan stereo saya seumur hidup. Apa warisan yang ditinggalkannya. Beristirahat dalam Damai,” kata Edgar.

 

Selamat Jalan, Morricone~

 

GRATISSS Download!!! Ebook Asuransi Kesehatan Bisa Menyelamatkan Hidup

Mockup Ebook Studi Kasus Asuransi Kesehatan

Download Ebook Sekarang

 

Bagikan setiap artikel Finansialku kepada kawan atau sanak saudara yang membutuhkan. Jika membutuhkan bantuan berupa solusi jitu tentang mengatur keuangan pribadi, bisnis atau keluarga, kamu dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku.

Semoga bermanfaat, ya.

 

Sumber Referensi:

  • Mia Chitra Dinisari. 07 Juli 2020. Komposer Italia Ennio Morricone Meninggal Dunia di Usia 91 Tahun. Bisnis.com – https://bit.ly/2CafNZR
  • Andika Aditia. 07 Juli 2020. Komposer Legendaris Ennio Morricone Meninggal Dunia pada usia 91 Tahun. Kompas.com – https://bit.ly/2Z3Eno8
  • Andri Guna Santoso. 06 Juli 2020. Komposer Italia Ennio Morricone Meninggal Dunia Pada Usia 91 Tahun. Kumparan.com – https://bit.ly/3e5BDeg
  • Lynda Hasibuan. 07 Juli 2020. Kabar Duka, Komposer Ennio Morricone Meninggal Dunia. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/2Ch2t5R
  • Admin. 07 Juli 2020. Maestro Komposer Ennio Morricone Meninggal Dunia di Usia 91. Cnnindonesia.com – https://bit.ly/3iFuvZu
  • Eno Dimedjo. 07 Juli 2020. Komposer Film Ennio Morricone Meninggal Dunia. Tagar.id – https://bit.ly/38zwqKP

 

Sumber Gambar:

  • Morricone 01 – https://bit.ly/2VT7XuG
  • Morricone 02 – https://bit.ly/2DbkhzS