Selain berpuasa selama sebulan penuh, apa lagi fakta bulan Ramadhan yang kamu tahu? Yuk cari tahu di sini.

Ramadhan telah tiba! Bagi kamu yang memeluk agama Islam, bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah yang kamu jalani setiap satu tahun sekali.

Pastinya sudah tak asing lagi, bukan? Namun tahukah kamu fakta lain mengenai bulan Ramadhan ini? Berikut ulasannya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

20 Fakta Bulan Ramadhan

Marhaban ya Ramadhan. Untuk menyambut bulan suci yang penuh berkah ini, ada baiknya kamu mengetahui banyak hal tentangnya.

Setelah membaca artikel sebelumnya mengenai fakta-fakta menarik seputar bulan Ramadhan, berikut fakta lainnya yang akan membuat pengetahuanmu semakin bertambah.

Untuk kamu yang belum membaca fakta menarik Bulan Ramadhan part 1, baca di sini.

Ikhwan Ukhti, Udah Tahu Belum 20 Fakta Bulan Ramadhan Ini?

 

#1 Puasa Ramadhan Merupakan Rukun Islam

Puasa Ramadhan merupakan salah satu rukun Islam selain Syahadat, Shalat, Zakat, dan Haji ke Baitullah. Jadi jangan bolos puasa lagi, ya.

 

#2 Anjuran Shalat hingga Zakat

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang suci bagi umat muslim. Di bulan inilah, layaknya seseorang lebih mendekatkan diri kepada Tuhan dengan memperbanyak shalat, beramal, dan tentunya saling mengasihi satu sama lain.

Dianjurkan pula untuk memberi lebih banyak shodaqah dan membayar zakat Fitrah setelah bulan Ramadhan selesai.

 

#3 Waktu Berpuasa di Daerah Matahari Tengah Malam

Di bulan Ramadhan, umat muslim melakukan puasa pada siang hari. Nah, khusus untuk umat muslim yang tinggal di daerah matahari tengah malam, maka waktunya mengikuti waktu siang di Makkah, Saudi Arabia.

 

#4 Sunnah Santapan Manis untuk Berbuka

Momen yang paling ditunggu-tunggu saat berpuasa tentu adalah momen berbuka. Bagaimana tidak, pedagang yang menjajakan makanan akan melimpah ruah di jalan-jalan.

Kamu juga pasti pernah berdesakan untuk membeli jajanan ini kan? Lalu kenapa sebagian besar jajanan berbuka seperti takjil rasanya manis? Karena santapan manis saat berbuka adalah bagian dari sunnah.

Kandungan gula dalam makanan atau minuman manis juga akan menggantikan kadar gula darah yang sempat turun setelah seharian berpuasa.

 

#5 Tradisi Membangunkan Sahur di Beberapa Negara

Fakta bulan Ramadhan berikutnya, tahukah kamu istilah “ronda” saat bulan Ramadhan? Ronda merupakan sebuah tradisi membangunkan orang untuk sahur di Indonesia.

Biasanya sekumpulan pria akan berkeliling melewati rumah-rumah warga saat dini hari sambil memukul kentongan bambu dan alat-alat rumah tangga seadanya.

Ikhwan Ukhti, Udah Tahu Belum 20 Fakta Bulan Ramadhan Ini (Part 2) 02 - Finansialku

[Baca Juga: Raup Keuntungan Besar Dari Bisnis Takjil Selama Bulan Puasa]

 

Ternyata tradisi ini bukan hanya ada di Indonesia, lho. Turki, Maroko, dan India juga melakukan tradisi membangunkan sahur dengan cara yang tak jauh berbeda.

Di Turki, tradisi ini disebut dengan “Davulcusu” yang sudah ada sejak era Ottoman kuno. Para kelompok drummer berpakaian Ottoman akan berkeliling sambil menabuh drum dan bersenandung untuk membangunkan warga sekitar.

Sebagai imbalan, mereka akan diberikan bahşiş (uang persen) sebagai ucapan terima kasih. Tradisi yang sama juga dilakukan di Maroko dengan nama “Mesaharaty”.

Sedangkan di India, tradisi ini biasa disebut dengan “Seheriwalas” atau “Zohrida” yang merupakan warisan negara Mughal sebagai orang muslim pertama di India. Seru, bukan?

 

#6 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Puasa itu baik untuk kesehatan tubuh dan pikiranmu. Melakukan puasa dengan benar dapat membantu detoksifikasi untuk mengeluarkan racun dari tubuh.

Selain itu, puasa juga dapat menyehatkan sistem pencernaan, mengontrol gula darah, meningkatkan kinerja otak, hingga mengurangi berat badan.

Dengan berpuasa, tubuhmu juga melepaskan hormon endorphin yang mampu meningkatkan kesehatan mental, lho.

 

#7 “Ramadhan Mubarak, Ramadhan Kareem”

Ada sebuah kebiasaan pada negara-negara Islam di Timur Tengah mengenai ucapan selama bulan Ramadhan.

Ketika seorang non muslim bertemu dengan seorang muslim, maka orang tersebut akan mengucapkan “Ramadhan Mubarak” yang berarti “semoga Ramadhan memberkatimu” atau “selamat bulan Ramadhan”.

Ada pula yang mengucapkan “Ramadhan Kareem” yang artinya “Ramadhan yang mulia”. Jadi sekarang kamu tahu apa arti di balik ucapan tersebut.

 

#8 Cahaya Lentera Menyambut Bulan yang Suci

Jika kamu berkunjung ke negara-negara Islam seperti Arab dan Mesir saat bulan Ramadhan, maka kamu akan menemukan barisan lentera-lentera indah yang akan menghiasi jalan dan pusat keramaian di sana.

Lentera ini melambangkan sebuah harapan yang diasosiasikan dengan cahaya dalam kegelapan. Lentera ini dinamakan “fanous”. Fanous terbuat dari logam atau kaca yang dihiasi dengan warna dan tulisan yang indah.

Ikhwan Ukhti, Udah Tahu Belum 20 Fakta Bulan Ramadhan Ini (Part 2) 03 - Finansialku

[Baca Juga: Bosen Sama Menu Buka Puasa yang Gitu-gitu Aja? Coba Deh 7 Kreasi Resep Ini! Murah]

 

Menurut legendanya, lentera tersebut ada sejak tahun 969 ketika warga Mesir menyambut kedatangan Khalifah Moezz Eddin Allah ke Kairo dengan ratusan lentera yang indah.

Sejak saat itu, setiap rumah di Mesir diterangi dengan lentera baru untuk menyambut bulan suci Ramadhan.

 

#9 Melukis Bagian Tubuh dengan Henna

Fakta bulan Ramadhan seru lainnya berasal dari Pakistan. Apakah kamu tahu lukisan henna? Para wanita di Pakistan akan melukis tangan dan kakinya dengan henna tepat pada malam penghabisan puasa Ramadhan.

Perayaan ini dikenal dengan nama “Chaand Raat”Apakah kamu tertarik untuk mencoba lukisan henna juga?

 

#10 Perayaan Bulan Ramadhan Semarak Sekaligus Puitis di Maldives

Ketika bulan Ramadhan tiba, negara Maldive atau Maladewa menyambutnya dengan perayaan yang sangat menarik.

Menu sajian lokal seperti Kulhi Boakibaa (kue ikan), foniboakiba (kue tepung), dan Gulha (bola ikan) akan dihidangkan untuk menu berbuka puasa.

Tak sampai di situ, kemeriahan makan bersama tersebut akan diikuti dengan pembacaan Raivaru, yaitu syair atau puisi Ramadhan oleh penyair.

Ikhwan Ukhti, Udah Tahu Belum 20 Fakta Bulan Ramadhan Ini (Part 2) 01 - Finansialku

[Baca Juga: Menyambut Bulan Ramadhan Daftar Lagu Religi Terfavorit Selama Bulan Puasa]

 

Sambut Bulan Suci Penuh Berkah

Bulan suci Ramadhan memiliki banyak kebaikan. Tak hanya menjadikan seseorang lebih baik lagi dalam keimanan dan perbuatan, bulan Ramadhan juga dapat mendekatkan kita dengan sesama. Terlebih dengan orang-orang yang kita sayangi.

Jalani bulan yang penuh berkah ini sebaik mungkin, niscaya kamu akan menjadi seseorang yang semakin baik dari hari ke hari.

Selain itu, yuk ketahui tradisi unik bulan Ramadhan di Indonesia dalam video ini.

 

Demikian fakta-fakta mengenai bulan Ramadhan. Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu bersemangat menyambut Ramadhan kali ini?

Bagikan cerita tradisi bulan ramadhan kamu di kolom komentar ya. Sebarkan juga artikel ini jika bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 21 Mei 2019. 50 Fakta Unik Bulan Ramadhan. Semestafakta.com – https://bit.ly/39xt49I

 

Sumber Gambar:

  • Fakta Bulan Ramadhan 1 – https://bit.ly/2UwMPKg
  • Fakta Bulan Ramadhan 2 – https://bit.ly/39tHV57
  • Fakta Bulan Ramadhan 3 – https://bit.ly/3awPolr