Apa saja fakta makanan pedas? Makanan pedas memang dinilai memiliki beberapa manfaat, apakah meredam kemarahan salah satunya?

Penasaran kan? Yuk cari tahu jawabannya di sini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Makanan Pedas Bisa Redam Kemarahan: Fakta

Kemarahan memang dapat timbul kapan saja, bisa saat pekerjaan kurang lancar, hubungan dengan pasangan sedang penuh masalah, hingga masalah keuangan. Tentu kemarahan ini tidak dapat kita hindari.

Tapi jangan salah, meski tidak dapat dihindari, kemarahan bisa dibantu untuk diredakan lho. Ada banyak cara untuk meredakan kemarahan, namun beredar kabar bahwa makanan pedas bisa redam kemarahan. Apakah ini fakta atau mitos?

Jawabannya adalah: FAKTA.

 

Melansir dari lifehack.org, makanan pedas merupakan salah satu cara ampuh dalam meredakan kemarahan dan kesedihan. Hal tersebut dikarenakan makanan pedas mengandung kapsaisin yang akan melekat di reseptor nyeri di selaput lendir mulut dan hidung.

Setelah muncul rasa nyeri akibat kapsaisin, sinyal rasa nyeri akan dikirim menuju otak sehingga tubuh dengan sendirinya memproduksi hormon endorfin yang membuat kita merasa lebih baik.

Makanan Pedas Bisa Redam Kemarahan Cari Tahu Faktanya Di Sini! 01 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Ide Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga (Salah Satunya Makanan Ringan)]

 

Seperti Anda ketahui, hormon endorfin merupakan hormon yang dapat dihasilkan secara alami oleh tubuh dan memiliki peran dalam membantu mengurangi rasa sakit dan memicu perasaan positif. Hormon endorfin diproduksi oleh kelenjar pituari dan sistem saraf pusat manusia.

Jadi, tidak aneh jika mengonsumsi makanan pedas dapat membantu Anda meredam rasa marah ataupun sedih.

Nah, jika Anda juga ingin mengisi waktu untuk meredakan kemarahan, coba deh aktivitas lainnya yang Anda gemari. Misalnya membaca untuk melupakan kemarahan.

 

Salah satunya dengan membaca artikel-artikel terbaru di Finansialku.com yang pastinya bukan hanya membantu mengalihkan pikiran dari kemarahan, tapi juga memperluas pengetahuan kita.

Yuk redam kemarahan Anda dengan memperkaya pengetahuan di Finansialku.com. Anda bisa mengunduh aplikasi Finansialku di sini:

playstore icon
appstore icon

 

Makanan Lain yang Bisa Meredam Kemarahan

Melihat pembahasan di atas tadi, tentunya Anda penasaran kan makanan apa lagi yang bisa membantu meredam kemarahan.

Nah, langsung simak ulasannya yuk:

 

#1 Dark Chocolate

Bagi para wanita tentu sudah tidak asing lagi dengan fakta bahwa cokelat mampu membantu meningkatkan mood kita kembali.

Betul sekali, dark chocolate mampu memancing produksi endorfin dan serotonin yang pastinya bisa membantu menurunkan tingkat emosi, stres dan kecemasan.

 

#2 Chamomile Tea

Chamomile tea mengandung zat antioksidan dan flavonoid sehingga membantu mengontrol emosi dan menenangkan sistem saraf. Seduh segelas chamomile tea saat stress atau marah dan nikmati hingga tubuh terasa lebih rileks.

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Entrepreneur & Freelance

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

 

#3 Buah Pisang

Buah yang satu ini memang banyak manfaatnya, selain merupakan sumber vitamin A, B, C, dan B6 ternyata pisang juga dapat membantu meredakan kemarahan lho!

Kandungan vitaminnya dapat membantu relaksasi. Selain itu, buah pisang memang mengandung dopamin yang bisa membantu memperbaiki suasana hati.

 

#4 Kopi

Secangkir kopi bukan hanya membantu Anda merasa lebih segar di pagi hari, namun ternyata juga dapat membantu meredakan amarah.

Kopi dipercaya dapat mengaktifkan sel induk otak untuk menghasilkan neuron baru. Kopi juga mengandung sejumlah neurotransmitter yang berguna untuk mengontrol suasana hati dan kegelisahan.

Makanan Pedas Bisa Redam Kemarahan Cari Tahu Faktanya Di Sini! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Peluang Usaha Rumahan dan Bisnis Sampingan Menjelang Lebaran]

 

Selamat Mencoba

Demikianlah daftar makanan selain makanan pedas yang dapat membantu meredam kemarahan Anda. Semoga daftar makanan di atas bisa menjadi alternatif kreatif kita dalam mengatasi kemarahan dan kesedihan.

Selamat mencoba!

Apabila Anda memiliki ide makanan yang dapat meredam kemarahan lainnya, jangan ragu untuk berbagi pada kolom komentar di bawah ya, terima kasih.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan tentang makanan pedas bisa redam kemarahan lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 17 November 2018. Hormon Endorfin: Penghilang Stres dan Pereda Rasa Sakit Alami. Alodokter.com – http://bit.ly/2w6jsFq
  • Admin. 2 Agustus 2018. Makan Pedas Bisa Hilangkan Kesedihan Secara Instan, Mau Coba? Fimela.com – http://bit.ly/3aU60mJ
  • Admin. 9 Januari 2020. Konsumsi Makanan ini Bisa Meredakan Amarah, Apa Saja? Indozone.id – http://bit.ly/2vXKSNT

 

Sumber Gambar:

  • Makanan Pedas 1 – http://bit.ly/2vlN9lz
  • Makanan Pedas 2 – http://bit.ly/33iGdSF
  • Makanan Pedas 3 – http://bit.ly/2wZFkCg