Selama ini negara Thailand merupakan negara yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Sudah tahukah Kamu mengenai beberapa fakta unik negara Thailand?

Buat Kamu yang belum tahu fakta unik negara ini, yuk baca artikel berikut ini. Selain menambah ilmu pengetahuan, siapa tahu Kamu berminat untuk mempelajari bahasa dan budaya dari negara Thailand.

 

Fakta Unik Negara Thailand

Negara ini banyak diminati oleh para wisatawan loh, karena keindahan alamnya dan yang paling utama adalah karena biaya hidup yang murah membuat banyak orang berminat untuk travelling ke negara Thailand.

Negeri Gajah Putih ini sangat unik loh sobat Finansialku, mungkin ada beberapa hal yang gak Kamu ketahui mengenai hal-hal unik mengenai negara Thailand.

Nah ini beberapa hal unik yang mungkin belum Kamu ketahui.

 

#1 Arti Nama Negara Thailand

Nergara ini mempunyai sebutan dalam bahasa Thailand, yaitu Prathet Thai yang berarti Tanah Bebas.

Ternyata nama tersebut sangat berarti bagi Negara ini, karena Thailand tidak pernah dijajah oleh negara Eropa loh sobat Finansialku.

Mengapa negara Thailand tidak pernah dijajah? Ya karena pemimpin negaranya  sangat pintar untuk melakukan negosiasi dan menggunakan beberapa teknologi dari Eropa.

Sehingga terjalinlah kerja sama yang baik antara Thailand dengan bangsa Eropa.

 

22 Fakta Unik Thailand Yang Jarang Diketahui 02-Finansialku

Sumber: Unsplash.com – https://bit.ly/3hKQKPw

 

#2 Negara Thailand Memiliki Nama yang Berbeda-beda

Sebelum menjadi sebuah negara yang bernama Thailand, ternyata negara ini selama berabad-abad sempat berubah ubah nama loh.

Selama ratusan tahun, negara ini dikenal dengan nama kota-kota dominannya, seperti Sukhothai, Ayutthaya, dan Thonburi. Sejak tahun 1800-an, penyebutannya berulang kali beralih antara Siam (bahasa Sansekerta yang berarti gelap atau cokelat) dan Thailand.

 

#3 Kondisi Geografis dan Demografi

Tahukah Kamu bahwa Thailand merupakan peringkat ke-20 penduduk terbanyak di dunia dengan jumlah penduduk 67.091.089. Dengan penduduk sejumlah tersebut, negara ini memiliki luas wilayah sebesar 513.115 km persegi dan merupakan negara ke 51 terbesar di dunia loh.

Negara ini berbatasan dengan 4 negara yaitu, Myanmar di utara dan barat, Laos di utara dan timur, Kamboja di tenggara dan Malaysia di selatan.

Tujuh puluh lima persen penduduk Thailand adalah etnis Thai, 14% adalah Cina, dan 11% adalah lainnya.

Sedangkan agama mayoritas di negara ini adalah: agama Buddha dengan sekitar 94,6% populasi, Islam 4,6%, Kristen 0,7% dan lainnya 0,1%.

[Baca Juga: Nggak Ribet, Ini 3 Tips Ciptakan Keseruan Liburan Di Rumah Aja ]

 

#4 Thailand Memiliki Nama Kota Terpanjang

Ibu kota Thailand yaitu Bangkok memiliki nama kota terpanjang loh, coba nih apakah Kamu bisa menyebutkan nama kota ini dengan cepat.

Krungthepmahanakhon Amonrattanakosin Mahintharayutthaya Mahadilokphop Noppharatratchathaniburirom Udomratchaniwetmahasathan Amonphimanawatansathit Sakkathattiyawitsanukamprasit.

Terjemahannya adalah “Kota Malaikat, Kota Besar Keabadian, Kota yang Luar Biasa dari Sembilan Permata, Singgasana Raja, Kota Istana Kerajaan, Rumah Inkarnasi Dewa, Dibangun oleh Visvakarman di Behest Indra.”

 

#5 Bangkok Pernah Disebut “Venice of The East”

Bangkok mendapat julukan Venesia timur atau The East Venice.

Hal ini disebabkan karena banyaknya kanal-kanal yang berada di Bangkok dan banyak bangunan berdiri di atas panggung di atas Sungai Chao Phraya.

Tepatnya di area Ayuttya dimana keindahannya mirip seperti kota Venesia Italia lengkap dengan wisata airnya dengan menyusuri sungai di dalam kota.

Namun ketika Bangkok berkembang lebih besar, sebagian besar kanal diuruk dan diaspal.

 

#6 Pemerintahan Thailand

Pemerintahan Thailand saat ini adalah monarki konstitusional dengan raja sebagai kepala negara dan perdana menteri sebagai kepala pemerintahan.

Raja Thailand dan raja yang paling lama memerintah di dunia adalah Bhumibol Adulyadej, yang menjadi Raja Rama IX pada Juni 1946. Dia dilahirkan di A.S. pada 1927 ketika ayahnya belajar kedokteran di Harvard. Sang Raja juga bisa memainkan saksofon dan mengubah lagu kebangsaan Thailand.

 

#7 Bendera Thailand

Dua garis merah horizontal pada bendera Thailand melambangkan tanah dan rakyatnya.

Garis-garis horizontal putih melambangkan kemurnian agama Buddha. Pita biru lebar yang melintang di tengah melambangkan monarki.

[Baca Juga: 10 Tips Jitu Mengelola Keuangan Saat Liburan Natal dan Tahun Baru ]

Sebelum tahun 1917, bendera tersebut memiliki gambar gajah putih dengan latar belakang merah.

Bendera nasional Thailand selalu dinaikkan setiap pagi jam 08.00 dan diturunkan setiap sore jam 18.00. Tradisi ini dimulai pada tahun 1917 oleh Raja Vajiravudh (Rama VI).

 

#8 Tempat Wisata Di Thailand

Bangkok adalah salah satu tujuan wisata top Asia. Pada tahun 2005, lebih dari 11 juta turis asing mengunjungi kota ini.

Salah satu tempat wisata khas di Thailand adalah kuil. Terdapat sekitar 35.000 kuil di Thailand. Untuk mengunjungi situs-situs suci ini, pelancong harus berpakaian sopan. Celana pendek dan atasan tanpa lengan tidak diperbolehkan.

Tempat wisata yang cukup populer di Thailand adalah Doi Inthanon yang merupakan titik tertinggi di ketinggian 2.595 meter.

 

#9 Makhluk Unik di Thailand

Banyak sekali makhluk unik di negara Thailand, yang paling terkenal adalah mamalia terkecil di dunia yaitu bumble bat. Kelelawar berhidung babi ini panjangnya hanya 3 cm dan beratnya 2 gram.

Selain kelelawar, ternyata 10 persen dari spesies burung dunia hidup di Thailand loh, yang berarti memiliki proporsi lebih besar dibandingkan dengan Eropa atau Amerika Utara.

Hal unik lainnya adalah sepersepuluh dari semua spesies hewan di bumi hidup di Thailand loh.

Nah di Thailand ada loh makhluk paling aneh yaitu Mudskipper yang merupakan ikan yang mampu berjalan di darat dan memanjat pohon. Ikan ini menggunakan siripnya untuk “berjalan” dan dapat menyerap oksigen melalui kulitnya. Mudskipper menghabiskan sebagian besar waktunya keluar dari air, memakan ganggang di kolam pasang surut.

Yang terakhir adalah kucing yang disebut-sebut berasal dari Thailand, ya itu adalah kucing siam. Menurut buku puisi Thailand abad ke-14 menyebutkan terdapat 23 jenis kucing siam, sedangkan saat ini hanya enam jenis yang tersisa.

 

#10 Thailand Eksportir Anggrek Nomor 1 Dunia

Thailand merupakan eksportir anggrek nomor 1 di dunia loh sibat Finansialku.

Lebih dari 1.500 spesies anggrek tumbuh liar di hutan Thailand, kebayang betapa indahnya hutan Thailand yang ditumbuhi anggrek ya.

 

#11 Thailand Dijadikan Tempat Syuting

Thailand merupakan tempat yang diincar oleh banyak wisatawan, ternyata selain wisatawan Thailand dijadikan lokasi untuk syuting loh.

Berikut adalah film Hollywood yang menjadikan Thailand lokasi syuting : World in Eighty Days (1956), The Ugly American (1963), The Deer Hunter (1978), The Killing Fields (1984), Rambo: First Blood Part II (1985), Good Morning Vietnam (1987), Tomorrow Never Dies (1997), The Beach (2000), Alexander (2004), Bridget Jones: Edge of Reason (2004), Star Wars: Episode III Revenge of the Sith (2005), Stealth (2005), dan The Hangover Part II (2011).

[Baca Juga: Liburan Backpacker? Yuk, Hitung Dulu Biaya Travelling ke Labuan Bajo! ]

 

#12 Film yang Dilarang di Thailand

Film Hollywood dan drama Broadway, The King and I, dilarang di Thailand. Berdasarkan kisah penguasa Siam, Raja Mongkut, dan seorang guru bernama Anna Leonowens, film ini dipandang sebagai penghinaan terhadap raja.

Sementara film menggambarkannya sebagai tidak berbudaya, Raja Mongkut diyakini sebagai penguasa Asia pertama yang bisa berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa Inggris dengan lancar. Dia juga dianggap sangat cerdas, berbudaya, dan banyak membaca serta dikenal sebagai bapak ilmuwan Thailand.

 

#13 Tata Krama di Thailand

Jika Kamu berencana untuk wisata ke Thailand, Kamu perlu mengetahui beberapa tata karma berikut.

Jangan sampai Kamu nanti bisa masuk ke Thailand, tapi ga bisa pulang ya sobat Finansialku.

Berjabat tangan tidak umum di Thailand. Salam khas Thailand adalah “Wai”. Tangkupkan kedua tangan bersama-sama dan angkat ke atas ke arah wajah sambil sedikit menundukkan kepala.

Semakin tinggi mengangkat tangan saat melakukan Wai, maka akan semakin sopan. Ini mewakili status orang yang sedang disapa. Misalnya, tangan harus diangkat hingga ke ujung hidung saat menyapa orang tua, tetapi hanya di dada untuk teman sebaya.

 

Di Thailand, kepala adalah bagian terpenting dari tubuh. Itu sebab, hindari untuk menyentuh kepala orang lain, bahkan seorang anak. Orang Thailand selalu berusaha menjaga agar kepalanya lebih rendah dari kepala orang yang lebih tua atau lebih penting untuk menunjukkan rasa hormat.

Sedangkan kaki dianggap rendah karena melambangkan keterikatan pada tanah yang merupakan penyebab penderitaan manusia. Karena itu, seseorang tidak boleh duduk dengan kaki menunjuk ke sebuah patung di kuil atau mengarah pada orang lain. Kaki harus selalu berada di bawah tubuh.

Nah satu hal lagi yang penting, jangan sampai Kamu menginjak uang Thailand ya, karena terdapat gambar raja pada mata uang Thailand. Kalau Kamu menginjaknya berarti Kamu dianggap tidak mengharga0069 raja Thailand.

 

#14 Terdapat 18 Jenis Kelamin di Thailand

Di setiap negara kebanyakan hanya melegalkan 2 jenis kelamin saja, kecuali di Thailand yang memiliki 18 jenis kelamin.

 

  • Pria

Seorang pria yang menyukai wanita

  • Wanita

Seorang wanita yang menyukai pria

  • Tom

Seorang wanita yang berpenampilan seperti pria dan menyukai dee

  • Dee

Seorang wanita yang menyukai tom

  • Tom Gay

Seorang wanita yang menyukai tom dan dee

  • Tom Gay King

Seorang tom yang gagah, tapi sebenarnya adalah wanita

  • Bi

Seorang wanita yang menyukai semua, termasuk wanita juga pria

  • Boat

Seorang pria yang menyukai semua, termasuk pria juga wanita

  • Gay Queen

Seorang pria feminim yang menyukai pria

  • Gay King

Seorang pria gagah yang menyukai pria

  • Tom Gay Queen

Seorang tom yang menyukai tom feminin

  • Tom Gay Two Way

Seorang tom yang merupakan tom gay king atau tom gay queen

  • Lesbian

Seorang wanita yang suka wanita

  • Kathoey atau Lady Boy

Seorang pria yang dioperasi plastik menjadi wanita

  • Adam

Seorang pria yang menyukai tom

  • Angee

Seorang lady boy yang menyukai tom

  • Cherry

Seorang wanita yang menyukai pria gay dan lady boy

  • Samyaan

Seorang wanita yang suka tom dan lesbian atau wanita

[Baca Juga: 10 Rekomendasi Film Thailand Terbaik 2021 ]

 

#15 Bahasa Nasional Thailand

Bahasa nasional Thailand disebut Thai yang diyakini adalah sebentuk bahasa Cina yang secara bertahap dibawa ke daerah itu antara abad ke-7 hingga 13.

Seperti bahasa Lao, Vietnam dan Cina, Thailand adalah bahasa yang sangat ‘tonal’. Alfabetnya memiliki 32 vokal dan 44 konsonan.

 

#16 Simbol di Thailand

Gajah adalah simbol Thailand. Pada awal abad ke-20, lebih dari 300.000 ekor gajah hidup di alam liar. Saat ini, jumlah gajah diperkirakan tinggal 6.000 ekor, dengan setengahnya berada di penangkaran.

Sedangkan simbol nasional Thailand adalah burung Garuda yang merupakan makhluk mitologi dari agama Hindu.

 

#17 Kisah Penting di Thailand

Setiap negara pasti ada kisah yang pastinya gak bisa dilupakan.

Salah satu kisah masa lalu yang tidak bisa dilupakan warga Thailand adalah semua pemuda Thailand termasuk raja menjadi biksu Buddha setidaknya untuk waktu singkat sebelum ulang tahun ke-20. Pada zaman sekarang masih ada yang masih menjalani tradisi ini loh.

Kisah lainnya adalah kisah saudara kembar yang menjadi asal istilah kembar siam. Dua saudara kembar lahir pada tahun 1811 di sebuah desa dekat Bangkok. Si kembar Eng dan Chang dempet (saling menempel) di dada dan meninggalkan Thailand menuju AS ketika berusia 17 tahun. Keduanya menikah dan memiliki total 22 anak. Pada tahun 1873, Eng terserang pneumonia dan meninggal. Chang meninggal beberapa jam kemudian.

 

#18 Sungai Mekong, Sungai Habitat Ikan Tawar Terbesar Di Dunia

Sungai Mekong berada di perbatasan timur Thailand yang memiliki lebih dari 1.300 spesies ikan.

Sungai ini menjadi habitat beberapa ikan air tawar terbesar di dunia, termasuk ikan lele raksasa yang mencapai panjang hampir 3,5 meter.

[Baca Juga: Duh, Thailand Resesi Ikuti Beberapa Negara Asia Berikut ]

 

#19 Polisi di Bangkok Selalu Menggunakan Masker

Sebelum pandemic terjadi, ternyata polisi di Thailand selalu menggunakan masker loh saat bertugas.

Hal ini disebabkan karena polusi udara yang sangat berbahaya, dimana lebih dari 20 persen polisi Bangkok mengalami penyakit paru-paru.

Sebuah bank Thailand memperkirakan pencemaran di Bangkok memicu kerugian 2,3 miliar dolar AS per tahun untuk produktivitas yang hilang, energi yang terbuang, dan biaya kesehatan.

 

#20 Kendaraan Tuk-Tuk Asal Dari Thailand

Tuk Tuk adalah kendaraan umum terbuka roda 3, berasal dari Thailand dan merupakan moda transportasi yang umum di Bangkok. Nama “Tuk Tuk” adalah onomatopoeia, meniru suara dari mesin 2-tak yang biasa digunakan.

[Baca Juga: Murah Meriah! Pahami 11 Tips Backpacker ke Thailand Sendirian ]

 

#21 Thailand Dijadikan Wisata Seks

Turisme seks meningkat secara signifikan selama tahun 1960-an dan 1970-an selama Perang Vietnam.

Selain itu prostitusi di Thailand dianggap illegal secara teknis, sehingga menyebabkan Thailand menjadi prevalensi HIV tertinggi di Asia.

 

#22 Muay Thai Olahraga Asal Thailand

Muay thai merupakan olahraga seni bela diri yang berasal dari Thailand.

Muay thai adalah olahraga dengan menggunakan tangan kosong, alias menggunakan tinju saja dan ternyata olahraga satu ini merupakan salah satu olahraga yang mematikan di dunia loh.

[Baca Juga:  Saham Bank Maspion Dijual ke Bank Thailand, BMAS Meroket!]

 

Unik Sekali Kan Negara Thailand

Gimana menurut Kamu, negara tersebut sangat unik bukan?

Dengan keunikannya Thailand dapat menarik para wisatawan untuk berwisata ke Negara tersebut.

 

banner -perencanaan keuangan usia 30an

 

 

Bagaimana setelah membaca artikel ini, apakah Kamu jadi tertarik untuk mengetahui Thailand lebih dalam? Atau tiba-tiba jadi ingin berwisata ke negara Thailand?

Semoga setelah membaca artikel ini Kamu jadi tahu mengenai keunikan negara Thailand ya.

Jika menurut Kamu artikel ini sangat bermanfaat, bagikan artikel ini agar dapat bermanfaat bagi banyak orang lain.

 

Editor: Julius Fallen

Sumber Referensi:

  • Admin. 2021. 56 Fakta dan Informasi Menarik tentang Thailand. Bladjar.com – https://bit.ly/3gVWhCk
  • Tyas Titi Kinapti. 3 Maret 2019. 18 Jenis Kelamin di Thailand yang Jarang Diketahui, Serupa tapi Tak Sama. Liputan6.com – https://bit.ly/3jpWfEe

 

Sumber Gambar:

  • Cover – https://bit.ly/3ijeM34