X

Financial Planner Untuk Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

Apakah Anda sedang menyiapkan dana Pendidikan anak? Apakah perlu financial planner untuk menyiapkannya? Yuk, ketahui jawabannya pada artikel berikut.

 

Rubrik Finansialku

 

Dana Pendidikan Anak

Dana Pendidikan anak adalah salah satu kewajiban bagi orang tua. Tentunya setiap orang tua ingin memberikan pendidikan yang terbaik untuk anaknya. Mulai dari TK, SD, SMP, SMA, sampai kuliah.

Namun, seperti yang kita ketahui bahwa dana pendidikan itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi, biaya pendidikan mengalami kenaikan setiap tahunnya. Kenaikan biaya pendidikan bisa mencapai 10%-20% per tahun.

Oleh karena itu, dana pendidikan anak perlu direncanakan agar bisa dicapai dan sesuai dengan yang diinginkan. Semakin dini Anda menyiapkan dana untuk pendidikan anak maka semakin baik.

[Baca Juga: 6 Kesalahan saat Merencanakan Dana Pendidikan Anak]

 

Strategi Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

Kali ini Finansialku akan berbagi strategi-strategi untuk menyiapkan dana pendidikan anak. Berikut 2 strategi untuk menyiapkan dana pendidikan anak.

 

#1 Survei Biaya Sekolah

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk menyiapkan dana pendidikan anak adalah survei biaya sekolah. Tentunya Anda perlu mengetahui berapa dana yang perlu Anda siapkan untuk dana pendidikan anak Anda.

Untuk melakukan survei ini, Anda bisa mulai sejak anak Anda masih di dalam kandungan lho atau paling tidak 3 tahun sebelum anak siap untuk bersekolah.

Mengapa demikian? Agar Anda memiliki waktu yang cukup banyak untuk menyiapkan dana pendidikan anak sebelum masuk sekolah.

Anda bisa menghubungi sekolah yang Anda pilih atau bahkan mendatangi sekolah tersebut untuk menanyakan informasi biaya. Mulai dari biaya pendaftaran hingga biaya bulanan sekolah.

 

#2 Menginvestasikan Dana Pendidikan Anak

Setelah mengetahui berapa biaya yang kurang lebih perlu Anda siapkan untuk dana pendidikan anak maka, selanjutnya Anda perlu menyisihkan sebagian dari pendapatan Anda untuk dana pendidikan anak tersebut.

Selain disisihkan, sebaiknya Anda juga menginvestasikan dana pendidikan tersebut. Dengan berinvestasi, maka dapat membantu Anda untuk mencapai tujuan keuangan Anda (dana pendidikan anak).

Selain itu, dengan menginvestasikan dana pendidikan anak, Anda juga akan terlindung dari kerugian inflasi.

[Baca Juga: Investasi Apa Yang Cocok Untuk Siapkan Dana Pendidikan Anak?]

 

Lalu, dana pendidikan anak diinvestasikan kemana ya?

Apakah ke reksa dana pasar uang/tabungan pendidikan/reksa dana saham/instrumen investasi lainnya?

Mungkin  masih banyak orang yang kebingungan untuk menginvestasikan dana pendidikan anak kemana. Apakah Anda salah satunya?

Eitsss, tapi sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi. Mengapa? Karena Anda bisa konsultasi tentang perencanaan dana pendidikan anak Anda dengan financial planner yang sudah profesional.

Salah satunya adalah di Finansialku.com. Finansialku.com melayani jasa konsultasi dan perencanaan keuangan (personal financial planning services).

Sekarang Anda juga bisa berkonsultasi secara online dengan financial planner bersertifikasi melalui aplikasi Finansialku lho. Anda bisa download aplikasi Finansialku di google play store atau app store secara gratis ya.

 

Pentingnya Perencanaan Keuangan

Mengapa Anda harus merencanakan keuangan? Karena rencana keuangan (financial plan) bisa menjadi pemandu (guide). Perencanaan keuangan ibarat GPS yang membantu Anda untuk mengarahkan ke tujuan keuangan Anda. 

Dalam perencanaan keuangan, dibutuhkan waktu serta proses yang harus dilakukan secara berkelanjutan. Jadi, tidak ada kata terlambat dalam merencanakan keuangan Anda ya.

Baik karyawan, pekerja profesional, pengusaha, ataupun ibu rumah tangga perlu konsultasi perencanaan keuangan (contoh: perencanaan keuangan dana pendidikan anak).

 

Silakan Download ebook-nya, GRATIS!!!

 

Tahapan Perencanaan Keuangan Dengan Financial Planner

Ada beberapa tahap yang perlu Anda lalui dalam melakukan perencanaan keuangan. Berikut tahap perencanaan keuangan di Finansialku.com.

 

#1 Diskusi Awal

Pada tahapan ini, financial planner di Finansialku akan menjelaskan tentang perusahaan yang diwakili, kompetensi, serta pengalaman yang dimiliki.

Selain itu, jasa- jasa yang ditawarkan, konsekuensi melakukan konsultasi perencanaan keuangan, serta baimana cara kerja konsultasi perencanaan keuangan juga dijelaskan.

Pada tahap ini Anda diharapkan memiliki pemahaman yang sama tentang peran, tugas, serta pelayanan yang akan diberikan ya.

 

#2 Mengumpulkan Data

Tahapan selanjutnya, Anda akan ditanyakan informasi mengenai situasi / kondisi keuangan Anda. Setelah itu, financial planner Finansialku dan Anda akan menetapkan tujuan keuangan dan jangka waktu pencapaiannya.

Tentunya, financial planner juga akan menyampaikan pertimbangan-pertimbangan dari sisi keuntungan (benefit) dan juga risikonya.

Misalnya, tujuan keuangan Anda adalah untuk menyiapkan dana pendidikan PAUD dengan biaya Rp 20 juta. Jangka waktu pencapaiannya adalah 3 tahun lagi.

 

#3 Pembuatan Rencana Keuangan

Informasi yang didapatkan dari tahap sebelumnya akan dianalisa dan dievaluasi oleh financial planner Finansialku. Analisa tersebut dilakukan sesuai dengan permasalahan dan kondisi keuangan anda.

Hasil dari analisa dan pembuatan rencana keuangan adalah sebuah laporan rencana keuangan (book plan).

 

#4 Menyajikan Rekomendasi

Financial planner Finansialku dan Anda akan bersama-sama mempelajari laporan rencana keuangan serta rekomendasi yang diberikan.

Anda akan dibantu oleh financial planner untuk memahami rekomendasi yang diberikan. Dengan begitu, Anda bisa mengambil keputusan yang tepat.

Financial planner Finansialku juga akan mendengarkan hal-hal yang menjadi pertimbangan Anda. Bahkan jika diperlukan, financial planner Finansialku akan melakukan revisi atas rekomendasi tersebut.

[Baca Juga: Menyiapkan Dana Pendidikan Saat Pandemi, Gimana Caranya?]

 

#5 Implementasi Saran

Financial planner Finansialku dan Anda akan membuat kesepakatan bersama tentang rekomendasi yang disampaikan serta sepakat untuk melakukan rekomendasi tersebut.

Financial planner Finansialku juga bisa melakukan koordinasi dengan jasa profesional lainnya apabila diperlukan dan tentunya harus sesuai dengan persetujuan Anda.

 

#6 Meninjau dan Memantau

Perencanaan keuangan Finansialku dan Anda akan menyepakati siapa yang harus memantau perkembangan Anda dalam mencapai tujuan-tujuan keuangan Anda.

Salah satunya adalah dana pendidikan anak. Peninjauan kembali (review) rencana keuangan akan dilakukan setiap 1 tahun sekali atau jika terjadi perubahan yang signifikan.

 

Mewujudkan Dana Pendidikan Anak Dengan Perencanaan Keuangan yang Baik

Jadi, jika Anda masih bingung bagaimana cara menyiapkan dana pendidikan anak agar dapat terwujud maka Anda bisa konsultasikan ke financial planner yang ada di Finansialku.com ya.

Para financial planner akan membantu Anda untuk membuat rencana keuangan Anda. Dengan begitu, bisa memudahkan Anda untuk mencapai tujuan keuangan (dana pendidikan anak) Anda.

Yuk, konsultasikan persiapan dana pendidikan anak dengan financial planner profesional di Finansialku.com.

Anda dapat mengecek pertanyaan seputar dana pendidikan Anda pada halaman FAQ Dana Pendidikan Anak.

 

Jadi, apakah Anda sudah pernah konsultasi dana pendidikan anak dengan financial planner? Silahkan bagikan pengalaman Anda di kolom yang telah tersedia. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Tri Sulistiowati. 22 September 2019. Agar Tidak Perlu Berutang, Begini Cara Ortu Menyiapkan Dana Pendidikan. Kontan.co.id – https://bit.ly/3n6w9Wo
  • Yosephine P. Tyas. 5 Juli 2015. Pentingnya Menyiapkan Dana Pendidikan Anak. Bisnis.com – https://bit.ly/3jltFBg