Senin (8/3), Finansialku diundang menjadi narasumber pada siaran Instagram Live Herstory yang membahas seputar wanita dan keuangan.

 

Finansialku X Herstory: Wanita Harus Merdeka Finansial

JAKARTA – Dalam memperingati International Women’s Day atau Hari Perempuan se-dunia, Finansialku dan Herstory berkolaborasi membuat HerTalk Instagram Live. Acara dipandu oleh Nada Saffana dan dimeriahkan oleh Perencana Keuangan Finansialku, Rista Zwestika, CFP®.

Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih satu jam ini bertema “Wanita Harus Merdeka Finansial”. Sejauh ini keterkaitan antara wanita dan keuangan masih sangat erat di Indonesia. Peran wanita sebagai ibu rumah tangga sekaligus menjadi manajer keuangan keluarga menuntut wanita harus melek secara keuangan.

Namun, apakah wanita bisa merdeka secara keuangan?

Finansialku X Herstory Wanita Harus Merdeka Finansial 00 (1)

 

Dalam siaran Live Rista Zwestika, CFP® menjelaskan setiap orang termasuk wanita berhak merdeka secara finansial. Bagi Rista, merdeka finansial yaitu ketika kita sudah mencapai keamanan keuangan.

“Merdeka finansial adalah ketika kita bebas mau melakukan apa saja tanpa menyulitkan orang lain, tidak khawatir besok makan apa, bagaimana melunasi utang, dll.  Setelah keuangan aman maka bagi saya itu lah merdeka finansial.” – Rista

Perbedaan keamanan keuangan dan merdeka finansial terletak pada subjeknya. Keamanan keuangan berlaku secara umum. Di mana dalam piramida keuangan keamanan keuangan merupakan fondasi utama dalam merencanakan keuangan.

Keamanan keuangan akan tercapai ketika arus kas sehat, sudah mempunyai dana darurat, melunasi pinjaman, dan manajemen resiko sudah teratasi dengan asuransi.

Sedangkan, menurut Rista, merdeka finansial memiliki standar yang berbeda bagi setiap orang tergantung dari tujuan keuangannya. Ada yang tujuannya memiliki harta berlimpah, namun ada juga yang mengartikannya sebagai sebuah keadaan di mana semua utangnya telah dilunasi.

Finansialku X Herstory Wanita Harus Merdeka Finansial 1

 

Saat ini, wanita mulai banyak yang meniti karir dan itu merupakan hal yang bagus. Namun, bagaimana jika seorang ibu rumah tangga yang hanya mengandalkan penghasilan suami bisa merdeka secara keuangan?

Berikut adalah tips yang dibagikan oleh Rista Zwestika, CFP:

  • Lihat peluang untuk mendapat income atau pendapatan lebih. Bagi yang telah berkeluarga, jangan lupa untuk meminta izin suami terlebih dahulu.
  • Jangan lupa untuk mengatur keuangan. Dapat dimulai dengan mencatat setiap pendapatan dan pengeluaran.
  • Bergaya sesuai kemampuan. Jangan sampai lifestyle kamu melebihi kapasitasmu.
  • Menyiapkan mitigasi risiko, seperti perlindungan asuransi.
  • Buat tujuan keuangan baik jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

 

Selain bahasan tentang merdeka finansial, terdapat banyak pertanyaan yang berasal dari penonton Instagram Live. Salah satunya, pertanyaan bagaimana jika pendapatan istri lebih besar daripada suami.

Menjawab pertanyaan tersebut, Rista mengatakan bahwa tidak ada yang salah dengan pendapatan istri yang lebih besar. Asalkan harus ada komunikasi tentang pembagian tugas keuangan antara suami dan istri.

 

banner -Bagaimana Membantuk Money Habit yang Sehat (1)

 

Nantikan event – event kami selanjutnya! Tertarik untuk berkolaborasi dengan Finansialku dalam meliterasi keuangan masyarakat? Hubungi 0819 1151 6119.