Kalau mau earn more money, maka Anda harus “menjual” dan bisa “memimpin”. Apa ya maksudnya? Kita akan bahas lengkap di Finansialku Podcast Episode 27 ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Proses Transformasi Diri

Pada Podcast Eps 27 ini, kita bakal ngobrolin secara detil Proses Transformasi Diri. Langsung aja dengerin podcast nya.

Finansialku Talk Podcast juga dapat kamu dengarkan di:

Logo Spotify

Curhat keuangan, akses di Aplikasi Finansialku, menu Tanya Perencana Keuangan, kirim kode: PODCAST CURHAT.

 

Gunakan kode voucher FINPODCAST untuk DISKON 10% upgrade Aplikasi Finansialku.

Salah satu cara sukses adalah transformasi diri menjadi seorang bermindset entrepreneur dan leader. Kalimat tersebut adalah penggalan dari nasehat dari salah satu mentor bisnis saya. Beliau berkata, jika kamu mau earn more money, maka kamu harus bisa MENJUAL dan MEMIMPIN.

 

Apakah Boleh Berinvestasi Emas?

Sebelum bahas lebih detil, Sobat Finansialku dapat mengirimkan pertanyaan atau curhat keuangan melalui fitur TANYA PERENCANA KEUANGAN di Aplikasi Finansialku. Jangan lupa kasih hashtag #CURHATKEUANGAN.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Salah satu curhatan kali ini adalah membahas:

Kak Melvin, saya kemarin sudah mendengar podcast kakak edisi emas, sangat inspiratif interviewnya. Kak Saya ingin bertanya jika masih mahasiswa dan belum punya penghasilan apakah boleh berinvestasi?

 

Jawaban Saya,

Ketika Kamu masih mahasiswa, fokus utama kamu adalah belajar dan lulus kuliah dengan nilai yang bagus. Setidaknya itu bentuk tanggung jawab kamu dengan orang tua yang sudah bekerja keras menyiapkan uang kuliah untuk kamu.

 

Ketika kamu masih kuliah, apakah boleh berinvestasi?

Jawabannya boleh saja dan saya sarankan mulai jalankan. Tujuannya tidak untuk kaya, melainkan untuk menambah pengetahuan dan pengalaman. Contoh kamu anak akuntansi atau management, tentunya kamu belajar mengenai manajemen keuangan, membacara laporan keuangan kan?

 

Sekarang coba buka akun investasi saham, mulai nabung saham dan belajar membaca laporan keuangan perusahaan yang sudah terbuka (public).

 

Kalau anak teknik gimana?

Tidak ada salahnya belajar, kan anak teknik juga perlu tahu uang kan?

 

Kamu bisa download ebook-ebook Finansialku mulai dari investasi reksa dana untuk pemula, investasi saham untuk pemula dan lain sebagainya. Atau kamu bisa baca buku yang saya tulis: Make A Plan and Get Your Financial Dreams Come True.

Buku Finansialku

 

Selain bicara mengenai investasi, saya ingin bicara satu hal yaitu HOW TO GET MONEY atau EARN MONEY. Dahulu saat saya kuliah, saya hanya tahunya mengajar menjadi asisten dosen. Pada saat itu saya tidak melihat atau tidak mampu membaca cara pikir teman-teman saya yang jadi agen asuransi, agen property, mulai jualan bantal selimut (balmut), ikut mlm madu dan lain sebagainya.

 

Setelah saya lulus kuliah, bekerja dan akhirnya mendirikan Finansialku.com aku mulai menyadari apa manfaat utama memulai belajar menjual di usia muda. Setiap orang harus bisa menjual, contoh: Anda melamar pasangan, Anda melamar pekerjaan, Anda mendirikan bisnis dan lain sebagainya.

 

Menurut pengalaman saya di Finansialku.com menjual adalah salah satu bagian dari komunikasi. Nah untuk lebih detailnya saya akan wawancara Bang Alwy Husen RFP, seorang agen asuransi yang memulai usahanya dari usia 18 tahun dan sekarang sudah memiliki ratusan tim di bawahnya.

Yuk kita dengar duka suka ceritanya?

Kok duka suka? Karena semua cerita entrepreneur diawali dengan DUKA baru setelah jadi baru SUKA.

 

Highlight Interview dengan Alwy Husen

Pandangan Bang Alwy dari hasil interview:

  • Jangan takut, mulai usaha dari usia muda, karena usia bukan halangan untuk sukses.
  • Belajar menjual sejak usia muda, karena setiap entrepreneur harus bisa berjualan.
  • Meskipun anak muda sudah bisa mencari uang, tetap harus TANGGUNG JAWAB, lulus kuliah. Kewajiban utama mahasiswa/I adalah lulus kuliah bukan cari uang. Buat bangga orang tua Kamu.
  • Tiga hal yang harus dimiliki seorang pemilik bisnis: membuka wawasan dan open mind, perlu tahu yang akan ada di masa yang akan datang.
  • Bangun mental, jangan pernah jadi pecundang yang kalah. Ketika jatuh langsung bangun.
  • Networking, networking, networking

 

Dan akhir kata, Make A Plan and Get Your Financial Dreams Come True