Ada 3 cara meningkatkan pendapatan bulanan kamu dengan cepat dan bisa jadi kurang dari 1 tahun.

Salah satunya adalah cara yang direkomendasikan oleh Grant Cardone dan Dan Lok. Dan cara ini bisa dilakukan oleh entrepreneur, freelance dan karyawan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Bagaimana Cara Melunasi Utang dan Merencanakan Keuangan Saya?

Sebelum bahas lebih detil, Sobat Finansialku dapat mengirimkan pertanyaan atau curhat keuangan melalui fitur TANYA PERENCANA KEUANGAN di Aplikasi Finansialku. Jangan lupa kasih hashtag #CURHATKEUANGAN.

Salah satu curhatan kali ini adalah membahas:

Pak Melvin saya adalah seorang karyawan di Jakarta dengan income Rp16 juta dan istri juga bekerja dengan income Rp12 juta per bulan. Saya selalu dengarkan podcast Pak Melvin di Spotify. Saya ingin mencoba curhat keuangan.

 

Saat ini, kami sedang memiliki banyak cicilan, mulai dari cicilan kartu kredit, cicilan KPR dan cicilan mobil.

Total cicilan kami kurang lebih Rp15 juta per bulan. Pengeluaran bulanan kami saat ini Rp10 juta. Dan kami bisa menyisakan Rp3 juta. Dan angka itu saya rasa kurang sehat. Saya ingin bebas dari utang saya.

 

Di sisi lain, saya juga memiliki seorang anak yang tahun ini masuk SMP. Dalam waktu 3 tahun lagi, saya harus memasukkan dia ke SMA dan Kuliah. Bagaimana cara menambah pemasukan saya, supaya bisa menyiapkan dana untuk kuliahnya?

Ketahui Biaya Pendidikan SMA Serta Persiapan Penting Masuk SMA 01 - Finansialku

 

Dan saya mau tanya mengenai perencanaan dana hari tua? Apa yang harusnya saya lakukan untuk menyiapkan dana hari tua saya?

 

Terima kasih ya Mas, atas jawabannya. Sukses selalu untuk Finansialku.

 

Jawaban Melvin Mumpuni CFP®., QWP®

Pak, saya melihat permasalahan keuangan Bapak cukup kompleks. Saya tidak bisa jelaskan satu-persatu karena saya perlu breakdown data. Saya akan jawab lebih detailnya melalui tiket di Aplikasi Finansialku.

 

Namun ada beberapa poin yang bisa saya share di podcast ini, yaitu:

 

Poin 1 Memegang Kendali Keuangan, Managing Cash Flow

Masalah utama bukan income yang kecil, melainkan Anda belum bisa memegang kendali atas keuangan. Saya sarankan Anda baca penjelasan saya di buku Make A Plan bab 2.

 

Pada bab 2 saya membahas hubungan manusia dan uang. Seseorang yang bisa mengendalikan uang, maka dia dapat hidup tenang dan tidak diperbudak oleh uang. Jika ingin pesan bukunya silakan buka Instagram dan DM admin @Finansialku_com

 

Sebaliknya, seseorang yang tidak bisa mengendalikan uangnya, biasanya dia akan hidup dikendalikan uang.

 

Poin 2 Pinjaman

Sekarang ini rasio bayar utang terhadap penghasilan. Sekarang ini posisinya adalah 54%. Jujur angka ini sangat jelek dan akan merusak cash flow bulanan.

 

Jadi saya akan breakdown pinjaman yang ada dan saya coba lakukan untuk strategi pelunasan utang. Saya ingin lihat utang apa yang memberikan bunga terbesar dan bagaimana kita bisa perbaiki hal tersebut.

Butuh Dana Segera 02 Pinjaman - Finansialku

 

Poin 3 Dana Darurat dan Manajemen Risiko

Saya ingin tahu apakah likuiditas Anda sudah cukup. Apakah ada dana darurat dalam jumlah yang cukup, mengingat your savings cuma Rp3 juta per bulan. Setidaknya melihat latar belakang keluarga, seharusnya Anda memiliki dana darurat sebesar 12 kali pengeluaran (sekitar Rp300 juta).

 

Selain itu saya ingin tahu mengenai manajemen risiko yang sudah Anda lakukan. Seperti Anda beli mobil, tentunya berapapun harga safety menjadi your first concern right? Saya ingin tahu, apakah Anda sudah terproteksi dalam jumlah yang cukup?

 

Poin 4 Tujuan Keuangan Jangka Menengah

Seperti yang Bapak ceritakan, Bapak butuh perencanaan dana pendidikan anak. Saya setuju jika Bapak memprioritaskan pendidikan anak, karena pendidikan adalah warisan terbaik yang bisa diberikan orang tua ke anaknya.

 

Poin 5 Tujuan Keuangan Jangka Panjang

Saya apresiasi Bapak, karena Bapak tahu apa yang memang harus diprioritaskan. Saya memahami betul kondisi keuangan Bapak, karena beberapa dari klien saya juga mengalami masalah yang sama seperti Bapak saat ini.

 

Satu hal yang saya apresiasi adalah Bapak memikirkan pensiun atau dana hari tua. Banyak orang seusia Bapak, yang tidak memikirkan pensiunnya dan bisa menyebabkan new sandwich generation. Artinya ketika tua, Anda hidup bergantung dari penghasilan anak. 

 

Saya rasa kita perlu bertemu beberapa kali, karena permasalahan keuangan Bapak cukup kompleks. Semoga jawaban saya ini dapat membantu dan memberi gambaran untuk Bapak dan Sobat Finansialku yang mendengarkan podcast ini.

 

Active Income: Fixed and Variable

Warren Buffet pernah mengatakan bahwa:

Never depend on single income. Make investment to create a second source

 

Saya setuju sekali dengan nasehat tersebut. Saya selalu bilang ada tiga jenis pemasukan, yaitu:

 

Pemasukan Aktif

Pemasukan aktif adalah pemasukan yang didapat karena seseorang menukarkan waktu, tenaga, pikiran dan terkadang perasaan. Contoh pemasukan aktif adalah gaji, bonus, tunjangan, success fee, komisi, selisih harga jual beli dan lain sebagainya.

 

Pemasukan Investasi

Pemasukan investasi adalah pemasukan yang didapat karena uang kecil bekerja dan menghasilan uang yang lebih besar. Contoh Anda berinvestasi reksa dana, investasi saham dengan value investing, investasi saham dividen stock, investasi P2P Lending dan lain sebagainya. 

 

Pemasukan Pasif

Pemasukan pasif adalah pemasukan yang didapat karena aset kita bekerja. Contoh keuntungan dari sewa rumah di Airbnb, keuntungan dari rumah kos, keuntungan dari waralaba, keuntungan dari hak cipta dan lain sebagainya

Pendapatan Pasif Online 01 Finansialku

Podcast episode ini saya hanya akan fokus bahas mengenai active income. Kita akan bahas penghasilan investasi dan penghasilan pasif di episode lainnya ya :D

 

Why No Side Business?

Rudi seorang karyawan kantoran di Jakarta bagian keuangan. Dia memiliki penghasilan sebesar Rp 9 juta per bulan. Bagaimana cara meningkatkan penghasilan bulanan Rudi?

 

Dalam podcast kali ini saya tidak sarankan Rudi atau para karyawan memulai bisnis sampingan, kenapa?

 

Jika saat ini bekerja sebagai seorang karyawan (dan bukan orang sales marketing), memulai bisnis adalah pekerajaan yang membutuhkan 100% effort. Bahkan bisa lebih dari 100% effort.

 

Kamu harus mulai memikirkan brand, memikirkan produk, kegiatan pemasaran, penjualan, pengiriman dan lain sebagainya. Banyak yang harus diurus dan bisa jadi banyak trial and error.

 

Dan tentu saja memulai bisnis baru, mengorbankan banyak waktu, tenaga, pikiran, perasaan, uang dan juga kesehatan. Kecuali Anda orang sales yang terbiasa menjual barang atau jasa.

Lalu apa yang dapat dilakukan?

 

Meningkatkan Nilai Tambah di Fixed Active Income

Anda pernah mendengar nama Dan Lok? Saya sependapat dengan dia, pertama kamu harus naikkan keahlian dan value.

 

Apa yang dimaksud dengan value?

 

Begini, sebuah perusahaan membayar seseorang karyawannya karena ada dua hal:

  • Orang pertama dibayar karena waktunya
  • Orang kedua dibayar karena value yang dimilikinya, contoh: keahliannya atau network

 

So, make yourself more valuable. Perusahaan yang benar akan senang membayar karyawannya yang dapat bekerja melebihi target atau KPI (key performance indicator).

 

Kebanyakan orang bekerja sedikit lebih baik, supaya tidak dipecat.

Kebanyakan orang bekerja dengan minimum effort, karena apa pun effort yang diberikan penghasilannya tetap. Tidak banyak orang yang mau bekerja extra mile, memberikan lebih kepada bos.

 

Berangkat jam 8 lewat dikit, pulang cepat, target terpenuhi 80% dan yang penting mengisi rutinitas harian.

Di akhir bulan mengeluh, duhh…

Di akhir tahun mengeluh, minta gaji, duhh..

 

Jika kamu bekerja sebagai karyawan, maka your boss is your customer.

 

Make it very simple ya, saya beri analoginya:

Saya menjual Aplikasi Finansialku dengan harga Rp350 ribu per tahun. Aplikasi ini bisa membantu kamu berhemat, mendapat pemasukan dengan investasi dan merencanakan keuangan.

Daftar Pengeluaran Harian Belajar Mengurus Cashflow dari Aplikasi Finansialku 01 - Finansialku

 

Misalkan sekarang kamu buka Google Play Store, download dan upgrade Aplikasi Finansialku, maka kamu berharap:

  • Kamu bisa berhemat lebih dari Rp350 ribu per tahun.
  • Kamu bisa mendapat keuntungan dari investasi lebih dari Rp350 ribu per tahun.
  • Kamu bisa merencanakan keuangan, buat liburan, beli kendaraan, beli rumah, dana pendidikan anak yang tentu saja nilainya lebih dari Rp350 ribu.

 

Begitu juga dengan boss kamu, misal: sekarang ini kamu digaji Rp10 juta per bulan oleh boss kamu (atau Rp120 juta setahun), maka:

  1. Apakah kamu bisa membantu bos kamu berhemat lebih dari Rp120 juta per tahun?
  2. Apakah kamu bisa membantu bos kamu mendapat keuntungan lebih dari Rp120 juta per tahun?

 

Kalau belum bisa, lalu apa alasan bos kamu menaikkan gaji?

Get my point?

 

Lalu apa yang harus saya lakukan?

 

Umum dan Spesialis

Sebelum saya bahas lebih lanjut, saya ingin bertanya menurut kamu mana yang lebih mahal, biaya berobat ke dokter umum atau dokter spesialis?

Yes, biaya berobat ke dokter spesialis pastinya lebih mahal daripada dokter umum.

 

Saatnya review:

  1. Saat ini apakah pekerjaan kamu dapat digantikan oleh semua orang (termasuk para fresh graduate)?
  2. Jika para fresh graduate menggantikan posisi Kamu, apakah hasil pekerjaan mereka kurang lebih sama dengan hasil yang kamu kerjakan?

 

Pengalaman + Keahlian + Track Record

Kedua, ada dua dokter spesialis bedah jantung.

  • Dokter pertama adalah dokter yang sudah buka praktik dari tahun 1990 an. Sudah menangani ratusan pasien operasi jantung dengan tingkat keberhasilan di atas 60%.
  • Dokter kedua adalah dokter yang baru buka praktik dan baru menangani belasan pasien.

Pekerjaan Gaji Tertinggi di Indonesia 07 Dokter Spesialis - Finansialku

 

Pertanyaannya dokter spesialis mana yang dibayar lebih mahal? Satu atau Dua?

Yes jawabannya dokter spesialis yang pertama.

 

Keduanya adalah dokter spesialis bedah jantung, namun dokter yang pertama dibayar lebih mahal daripada dokter yang kedua. Tentu saja ada yang membedakan, yaitu pengalaman, keahliannya dan track record.

You get the my point?

Jika kamu ingin menambah penghasilan fixed active income, maka kamu harus meningkatkan nilai tambah. Bagaimana caranya?

  1. Menjadi spesialis
  2. Menambah jam terbang
  3. Menambah network
  4. Menambah track record yang positif (achievement)

 

Bagaimana jika dipekerjakan yang sekarang saya hanya bagian operasional saja?

Contoh, saya adalah bagian keuangan, bagian designer, bagian admin, dan lain-lain.

 

Jawabannya adalah dengan menambah dari variabel active income.

 

Membuat Faktor Kali dari Variabel Active Income

Grant Cardone, seorang sales guy dari Amerika pernah mengatakan commission income adalah penghasilan yang paling menarik.

 

Menurut Grant Cardone, commission income memiliki empat keunggulan yaitu:

  1. Cara yang termudah dan paling efektif untuk meningkatkan pendapatan bulanan,
  2. Penghasilan komisi sangat likuid,
  3. Performance based
  4. Kamu dapat meleverage waktu serta uang

 

dan satu hal yang dibutuhkan untuk mendapat commission income yaitu KOMUNIKASI. Kamu perlu belajar bagaimana cara berkomunikasi dengan orang.

 

Beberapa waktu lalu, selepas acara roadshow Finansialku di Medan, saya pulang ke Bandung dengan pesawat. Sembari perjalanan perjalanan, kurang lebih 2-3 jam, saya membaca sebuah buku berjudul 10 Road to Riches, karya Ken Fisher.

 

Buku itu menjelaskan 10 jalan yang dapat membuat seseorang kaya, benar-benar kaya. Menurut mu, kira-kira bagaimana cara kaya nomor 1?

 

Chapter 1, The Richest Road is Entrepreneur

Apa yang dimaksud dengan entrepreneur?

 

Seorang entrepreneur yang sukses adalah seorang komunikator yang hebat.

  • Jeff Bezos, founder Amazon.com
  • Bill Gates, founder Microsoft
  • Almarhum Steve Jobs, founder Apple
  • Jack Ma, founder Alibaba

 

Semuanya adalah komunikator yang cerdas dan tentu saja permainan mereka berawal dari COMMISSION. Mereka dibayar atas performa mereka, bukan jam kerja.

 

Kalau di Indonesia gimana cara menjalankannya?

Ada banyak kok, contoh:

  1. Datangi bagian sales atau marketing di perusahaan tempat kamu bekerja tanyakan berapa komisi yang saya dapat kalau jualan produk?
  2. Kedua cari lowongan menjadi reseller.
  3. Ketiga jadi agen, contoh agen asuransi agen property dan lain sebagainya.

 

Vin sekarang ini fixed active income saya sudah mentok.

Selain itu saya malas untuk menambah pemasukan dari variabel active income, jadi bagaimana donk?

Jawabannya dengan trading.

Langkah Membuat Trading System yang Sederhana dan Profitable 02 Forex - Finansialku

 

Trading: Saham, Forex, Indeks, Future

Waitwaitwait

Trading bukannya penghasilan investasi?

 

Bukan, trading bukan penghasilan investasi.

Trading adalah penghasilan aktif karena kalau Kamu tidak trading maka tidak ada pemasukan, betul?

 

Trading jika diterjemahkan bebas dalam bahasa Indonesia artinya berdagang.

Namanya orang berdagang ya pasti ada modal, bedanya ini berdagang secara online.

 

Ilmu yang harus kamu pelajari adalah analisis teknikal (technical analysis).

 

Lalu apa yang harus di-trading kan? Bisa saham, valuta asing (forex), komoditi, indeks, cryptocurrency dan lain sebagainya.

 

Jika kamu bekerja kantoran pagi hari, maka saya tidak sarankan Kamu trading saham. Tentu saja itu akan mengganggu kerjaan utama. Kamu masih bisa trading forex, indeks, komoditi dan cryptocurrency selepas jam kerja.

 

Ingat: Saya tidak suka orang yang KORUPSI WAKTU KERJA.

 

Masalah utamanya bukan apa yang ditrading kan, tetapi bagaimana bisa sukses sebagai seorang professional trader.

Position Sizing Tips Membuat Porsi Trading Anti Ribet nan Profitable 01 - Finansialku

 

Saya ingin garis bawahi TRADING itu tidak cocok untuk semua orang, karena butuh empat hal yaitu:

  1. Kemampuan mengendalikan diri dari rasa takut dan tamak.
  2. Menguasai analisis teknikal. Jika belum menguasai, maka kamu harus mau belajar analisis teknikal. Menurut saya analisis teknikal bukanlah ilmu yang mudah untuk dipelajari.
  3. Mampu manajemen uang, namanya trading atau dagang harus tahu ngitung modal.

 

Kesimpulan: Meningkatkan Pendapatan Bulanan

Jika sekarang ini penghasilan aktif kamu dirasa masih terlalu kecil, maka kamu bisa meningkatkan pendapatan bulanan.

 

Ada tiga cara yang sarankan yaitu dengan:

  1. Meningkatkan nilai tamah di fixed active income Kamu, artinya ya kamu tingkatkan pengalaman, network, keahlian dan track record. Dengan meningkatkan nilai tambah, maka kamu digaji karena value bukan karena waktu.
  2. Membuat factor kali dari variable active income Kamu, artinya kamu mencari opportunity (bisa dikerjaan kamu sekarang atau pekerjaan luar) untuk mendapatkan penghasilan dari komisi.
  3. Kamu bisa meningkatkan pendapatan bulanan dengan trading, di saham, forex, indeks, komoditas atau cryptocurrency. Namun trading hanya cocok untuk orang yang bisa mengendalikan dirinya (dari faktor takut dan tamak), menguasai teknikal analisis, mampu mengatur uang dan disiplin.

 

Memang meningkatkan pendapatan bulanan itu tidak mudah, tetapi saya yakin Kamu bisa. Semoga setelah mendengarkan podcast ini, Kamu bisa mendapat insights untuk meningkatkan pendapatan bulanan Kamu.

 

Dan akhir kata,

Make A Plan and Get Your Financial Dreams Come True