Apa resolusi finansial kamu di tahun 2019? Hayo ngaku apakah kamu masih membawa resolusi finansial yang masih belum “kelakon” atau terwujud di 2018? Apa yang harus dilakukan di tahun 2019?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Resolusi Finansial: Indah Pada Waktunya vs Pada Waktunya Ya Sudahlah

Sebelum membahas podcast kali ini, saya ingin mengucapkan selamat tahun baru kepada seluruh Sobat Finansialku. Terima kasih atas dukungannya selama ini, sehingga kami bisa berkarya.

Finansialku Talk Podcast juga dapat kamu dengarkan di:

Logo Spotify

Curhat keuangan, akses di Aplikasi Finansialku, menu Tanya Perencana Keuangan, kirim kode: PODCAST CURHAT.

 

Gunakan kode voucher FINPODCAST untuk DISKON 10% upgrade Aplikasi Finansialku.

Ngobrol-ngobrol apa resolusi finansial atau resolusi keuangan kamu di tahun 2019?

Akhir tahun lalu saya sempat membaca buku bagus yang berjudul 28.000 Days, Make Everyday Count karya Dr. Sanjay Tolani.

Beliau mengatakan bahwa kita sebagai manusia memiliki waktu hidup 28.000 hari. Kalau saya hitung kurang lebih 79 an tahun. Biar gampang kita bulatkan saja menjadi 80 tahun.

Kemudian 80 tahun itu, jika kita bagi menjadi 4 maka akan ada empat kuadran. Coba perhatikan kuadran di bawah ini:

Asuransi Hari Tua, DPLK dan Anuitas 02 28.000 Hari dalam Kehidupan Manusia - Finansialku

Keterangan:

  • Kuadran pertama adalah usia 0-20 tahun, usia dimana kita fase belajar, bermain dan mulai nakal.
  • Kuadran kedua adalah usia 21-40 tahun, usia dimana kita mulai lulus kuliah dan mulai bekerja. Memasuki dunia kerja, menerima penghasilan, pergi berlibur ke luar negeri, membeli gadget atau smartphone pakai uang sendiri, membeli mobil pertama, menyiapkan DP rumah atau apartemen, menikah, memiliki anak pertama dan menyiapkan pendidikan anak.
  • Kuadran ketiga adalah usia 41-60 tahun, usia dimana kita akan mulai mapan. Mungkin kita akan pindah ke pekerjaan kedua atau ketiga, anak lebih dari satu, anak sudah mulai masuk SMA atau kuliah.
  • Kuadran keempat adalah usia 61-80, usia dimana kita akan pensiun. Masa-masa ini kita memiliki kekhawatiran, nanti gimana saya hidup? Belum lagi lihat anak-anak masih mulai berkarier dan perlu dibantu secara finansial?

 

Jadi kalau kamu sekarang di kuadran II atau usia 21-40 tahun, maka kamu sudah tahu derita orang tuamu yang mungkin sudah di kuadran IV.

Jadi kembali lagi, apa resolusi finansial kamu di tahun 2019? Silakan share pendapat kamu pada kolom komentar di bawah ini.

Setelah menjawab pertanyaan pertama, kita lanjut ke pertanyaan berikutnya. Apa pun resolusi finansial kamu, pastinya butuh uang untuk mewujudkannya, kan? Lalu #UangDarimana?

Guys, pilihannya ada dua:

Pertama, kamu mulai membuat rencana investasi, start investasi dan mendapatkan keuntungan. Jadi pas kamu butuh uangnya, pas uangnya cukup. Dengan kata lain: Indah pada Waktunya.

Kedua, kamu santai-santai aja, karena masih 365 hari. Eh salah, kurang dari 365 hari, karena ini sudah hari ke-8 di tahun ini. Dan kamu masih belum ngapa-ngapain. Jadi, pas kamu butuh uangnya, kamu cari pinjaman ke orang tua, saudara dan teman. Atau malah nunda resolusi finansial kamu. Dengan kata lain: Pada Waktunya, Ya Sudahlah.

Kamu pilih geng yang mana ni: Indah pada Waktunya atau Pada Waktunya Ya Sudahlah?

 

5 Cara Wujudkan Resolusi Finansial Kamu di 2019

Oke saya akan bahas bagaimana caranya agar kamu dapat secepatnya mewujudkan resolusi finansial kamu di 2019!

Sebelum masuk ke penjelasannya, kamu dapat melihat ilustrasi di Instagram saya @MelvinMumpuni atau @Finansialku_com. Saya akan share 5 tips untuk memegang kendali keuangan kamu dan cara wujudkan resolusi finansial di tahun 2019.

 

Pertama: Miliki Anggaran

Hal pertama yang harus WAJIB dimiliki adalah anggaran.

Jika kamu memiliki anggaran, maka kamu dapat memegang 100% control atas keuangan. Kamu tidak perlu lagi repot, memusingkan boleh ga ya belanja lagi? Boleh ga ya ganti tas? Boleh ga ya makan di resto?

Bagaimana cara membuat anggaran? Sebenarnya gampang saja, kamu cukup butuh kertas, pen dan kalkulator. Bikin list pengeluaran bulanan kamu, mulai dari penghasilan, kena pajak, donasi, investasi, bayar premi asuransi, bayar cicilan, buat hidup dan lainnya.

Kalau kamu mau lebih gampang lagi, tinggal buka Google Play Store dan download Aplikasi Finansialku. Pada menu dashboard, ada tulisan ANGGARAN. Tugas kamu cuma satu, yaitu tinggal di isi.

Youtube Finansialku

 

Kedua: Miliki Catatan Keuangan

Langkah kedua, kalau kamu sudah download Aplikasi Finansialku, sekalian buat akun di menu REKENINGKU dan mulai MENCATAT KEUANGAN (pemasukan dan pengeluaran).

Youtube Finansialku

 

Apa manfaatnya mencatat keuangan? Manfaat terbesar adalah kamu dapat mengetahui kemana uang pergi. Jadi kamu bisa track bagian apa saja yang membuat jebol tabungan atau investasi.

Kamu cukup ikuti video untuk mulai mencatat pengeluaran dan pemasukan.

 

Ketiga: Buat Financial Plan

Bicara mengenai resolusi finansial, pastinya ada yang ingin pergi berlibur, membeli mobil, menyiapkan DP rumah, menikah dan lain sebagainya. Apa pun resolusi finansial kamu, perlu direncanakan.

  • Kalau bukan kamu, siapa lagi?
  • Kalau bukan sekarang, kapan lagi?

Jadi langkah yang harus kamu lakukan adalah membuat rencana keuangan. Gampang kok, di Aplikasi Finansialku sudah ada bagian perencanaan keuangan. Kamu dapat mulai merencanakan dana darurat, dana membeli barang, dana membeli rumah, kendaraan, dana pendidikan, dana hari tua dan lain sebagainya.

Silakan ikuti panduan membuat rencana keuangan di video berikut ini:

Youtube Finansialku

 

Keempat: Mulai Berinvestasi

Rencana doank tidak akan membuat INDAH pada waktunya. Kamu perlu yang namanya berusaha, salah satunya cari penghasilan tambahan dan mulai berinvestasi.

Sebagai pemula, ada banyak pilihan produk investasi yang bisa kamu ikuti. Kamu dapat mulai berinvestasi reksa dana, investasi di peer to peer lending dan terakhir menabung saham.

Tapi kan, ada risikonya kalau investasi itu.

Jawabannya saya: YES betul, semua investasi mengandung potensi risiko. Sayangnya, jika kamu berdiam diri dan tidak berbuat apa pun, maka 100% risiko sudah pasti kena.

 

Jadi gimana kalau kamu mulai belajar investasi reksa dana? Coba deh download ebook Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula. GRATIS.

Free Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Kalau mau yang lanjutan, nanti saya bahas di kursus online ya. Atau webinar reksa dana di Facebook Group.

 

Kelima: Cari Teman Diskusi

Terakhir, kamu perlu orang yang dapat menjadi teman curhat dan menguasai keuangan. Dan untungnya kamu cukup membayar Rp350 ribu per tahun, untuk dapat ngobrol sama perencana keuangan.

Untuk rokok Rp500 ribu per bulan saja bisa, kok untuk ngurus keuangan kamu Rp350 ribu masih mikir?

 

Apa itu profesi perencana keuangan?

Intinya perencana keuangan bantu kamu untuk wujudkan tujuan keuangan kamu.

 

Bagaimana caranya?

Dengan menggunakan pendekatan-pendekatan sistematis, dari mulai perencanaan, teman diskusi saat pelaksanaan, membantu review dan analisis untuk perbaikan.

 

Jadi, Kamu Masih Mau Diam SAJA?

Ga kerasa saya sudah bicara cukup panjang. Jangan sampai kamu masih diam saja dan tidak melakukan apa apa.

Jadi kesimpulan kita episode kali ini: 5 cara wujdukan resolusi finansial di 2019:

  1. Miliki anggaran
  2. Miliki catatan keuangan
  3. Mulai membuat rencana keuangan
  4. Mulai berinvestasi
  5. Jangan ragu diskusi dengan perencana keuangan.

 

Terima kasih sudah mendengarkan podcast kali ini, semoga podcast kali dapat bermanfaat buat kamu. Sebelum menutupnya, saya ingin setelah mendengar podcast episode ini, kamu langsung buat anggaran kamu untuk Januari 2019.

Ow ya di tahun 2019, Finansialku.com akan memiliki banyak agenda, seperti: menerbitkan buku, event offline dan online di beberapa kota. Banyak upgrade di aplikasi Finansialku.

Kalau kamu ada pertanyaan keuangan, kamu boleh tanya lewat menu Tanya Perencana Keuangan di Aplikasi Finansialku. Jangan lupa kasih #CurhatPodacst! Saya akan jawab pertanyaannya di episode selanjutnya.

Oke semoga di tahun 2019, seluruh resolusi finansial kamu dapat terwujud. Dan akhir kata Make A Plan and Get Your Financial Dreams Come True.