Punya pasangan susah diajak kompromi soal keuangan? Tenang, tidak perlu khawatir. Yuk bahas di artikel podcast kali ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Tips Pacaran Hemat

Apakah ada disini Sobat Finansialku yang sudah menikah? Eitss.. yang belum menikah, jangan sedih, percaya Tuhan akan berikan jodoh yang terbaik untuk kalian ya.

Sabar, sebentar lagi. Buat Sobat Finansialku yang sudah memiliki pasangan, tentunya kalian harus bisa dong merencanakan keuangan berdua. Cie.. so sweet banget sih. Hihi.

Kali ini, Melvin Mumpuni akan membahas mengenai perencana keuangan untuk pasangan.

 

Sebelum bahas lebih detail, Sobat Finansialku dapat mengirimkan pertanyaan atau curhat keuangan melalui fitur TANYA PERENCANA KEUANGAN di Aplikasi Finansialku. Jangan lupa kasih hashtag #CURHATKEUANGAN

 

Kali ini curhatan yang masuk adalah

“Halo Ko Melvin, beberapa waktu yang lalu saya melihat video Ko Melvin di youtube yang pake jaket Dilan gitu. Dan lihat youtube Ci Feli saya pengen nanya, gimana caranya berhemat saat pacaran? Anyway saya suka loh sama video koko dan Ci Feli, sukses selalu ya koh”

 

Jawaban Melvin Mumpuni,

#LetMeShareMyView, sejujuranya saya gak punya tips yang gimana-gimana untuk pacaran hemat, jadi saya bakalan share menurut pengalaman saya pribadi.

Di sini juga saya akan sebut beberapa merek, tapi saya gak di endorse ya ini pure pengalaman pribadi.

Pertama, saya punya budget khusus untuk pacaran. Untuk makan-makan cantik dan untuk liburan. Ya namanya orang sudah kerja, sudah punya penghasilan, dinikmati lah.

Budget ini tentunya gak mengganggu budget lainnya, termasuk budget untuk investasi. Kedua, saya menggunakan kartu kredit. Tapi pake nya yang bener. Setiap kartu kredit pasti ada promo yang menarik.

Kamu bisa dapet poin reward, dapet miles yang bisa ditukar dengan tiket pesawat.

Ketiga, saya juga pake traveloka experience, disitu banyak banget diskon kayak diskon ke waterboom, 3D games, potongan buat makan dan sebagainya. Kamu juga bisa gabungin combo TIX dengan DANA.

Kalau kamu mau bepergian, kamu pake promo Gojek atau Grab dan kamu juga bisa manfaatin poin reward dan sebagainya.

Nah itu dia, tips pacaran hemat dari aku, kalau kalian punya tips lainnya boleh share juga lewat Instagram @melvin_mumpuni

 

Sebenarnya, saya dan pasangan saya itu bukan termasuk pasangan yang suka berhemat. Ya hemat dikit atau pelit dikit boleh lah. Tapi kami tipenya bukan yang seperti itu, jangan kebangetan.

Lebih menarik ini jika kamu dan pasangan kamu bisa kerja bareng dan punya penghasilan bersama, ya side job gitu lah. Nah income di sini bisa kamu pake buat main dan seneng-seneng bareng pasangan. Keren kan!

Bagi Sobat Finansialku yang memiliki masalah keuangan soal investasi, asuransi atau apapun itu, kalian bisa curhat melalui podcast ini.

Caranya gampang banget kamu tinggal download Aplikasi Finansialku lalu kamu tanya lewat menu konsultasi keuangan di Aplikasinya.

Semoga penjelasan kali ini bisa membantu untuk Sobat Finansialku lainnya yang mempunyai permasalahan yang sama.

 

Merencanakan Keuangan Bersama Pasangan

Sebenarnya, mungkin agak gak nyaman juga kalau bahas soal keuangan bersama pasangan waktu masih pacaran. Sebaiknya sih kalau mau bahas jangan ngomongin spendingnya berapa, tapi lebih ke goalsnya apa?

Nanti keduanya bisa berkompromi untuk mencapai goals tersebut. Misalnya goalsnya untuk pernikahan, ya berarti sama-sama kalau hal tersebut yang menjadi prioritas.

Kamu juga bisa bahas sesuatu yang lebih penting bersama pasangan kamu mengenai keuangan ketika kamu akan melangkah ke arah yang lebih serius lagi. Misalnya setahun atau 2 tahun lagi akan menikah.

Tenang, untuk kamu yang masih single nih, kamu masih banyak waktu dan kesempatan untuk perbaiki keuangan kamu dulu. Benahi keuangan kamu dengan mengamankannya terlebih dahulu.

Keamanan keuangan ini yaitu mempersiapkan dana darurat. Kamu harus memiliki dana darurat untuk mengamankan keuangan.

Sobat Finansialku harus bisa mengalokasikan dana untuk tabungan minimal 20% dari pendapatan, kalau bisa lebih akan lebih baik.

Setelah alokasi untuk yang produktif kita bisa alokasi untuk sesuatu yang konsumtif seperti makan, transportasi, shopping dan lainnya.

Piramida-Perencanaan-Keuangan-Finansialku

Piramida Perencanaan Keuangan Finansialku, Prioritaskan Keamanan Keuangan

 

Dalam perencanaan keuangan ada yang namanya piramida keuangan. Pastinya Sobat Finansialku udah gak asing lagi kan?

Dalam piramida keuangan ini, ibaratnya bangun sebuah rumah, jika ingin rumahnya kuat otomatis pondasinya juga harus kuat dong?

Pertama adalah keamanan keuangan, disini bicara soal dana darurat, perbaikan cashflow, dan manajemen utang. Kedua adalah manajemen risiko yaitu asuransi. Lalu lanjut ke kenyamanan keuangan.

Di kenyamanan keuangan ini bicara yang namanya investasi, dana pensiun, menikah, pendidikan dan lain-lain. Hingga yang terakhir adalah warisan.

Sobat Finansialku, itu dia beberapa tips yang bisa kalian gunakan untuk merencanakan keuangan bersama pasangan.

Untuk yang single jangan berkecil hati, kamu bisa memperbaiki keuangan kamu dulu sambil menunggu pasanganmu datang.

 

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

 

Semoga bahasan kali ini dapat memberikan manfaat bagi Sobat Finansialku, dan akhir kata Make A Plan and Get Your Financial Dreams Come True!

 

Finansialku Talk Podcast juga dapat kamu dengarkan di:

Logo Spotify