Sobat Finansialku yang ingin kerja, beberapa perusahaan ini sedang buka lowongan kerja, lho. Mulai dari Freeport Indonesia, PERURI, hingga BPJS Kesehatan.

Yuk, simak persyaratan dan posisi yang dibuka dalam artikel Finansialku berikut ini!

 

Freeport, Peruri, hingga BPJS Buka Lowongan Kerja

Para job seekers, sudah tahu belum kalau beberapa perusahaan besar di Indonesia sedang membuka banyak lowongan kerja, lho. Di antaranya adalah PT Freeport Indonesia, Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia atau Perum Peruri, dan BPJS Kesehatan.

Bagi lulusan Sarjana (S1) yang sudah berpengalaman, simak yuk apa saja posisi yang tersedia, beserta syarat dan cara daftarnya berikut ini. Scroll terus sampai bawah!

 

Informasi Lowongan Kerja Freeport

PT Freeport Indonesia (PTFI) membuka lowongan kerja bagi lulusan Sarjana (S1) dari jurusan Akuntansi, Keuangan, dan Administrasi Bisnis.

Lowongan kerja ini diperuntukkan bagi para calon pelamar yang sudah memiliki pengalaman kerja minimal 5-7 tahun di sebuah perusahaan minyak atau pertambangan.

Namun perlu kamu ingat, seluruh proses perekrutan ini berlangsung tanpa memungut biaya dalam bentuk apa pun. Karenanya PT Freeport Indonesia selalu menghimbau calon pelamar untuk berhati-hati atas penipuan yang mengatasnamakan perusahaan.

 

Syarat Lowongan Kerja

Berikut adalah persyaratan lowongan kerja untuk posisi Senior Accountant Surface Mine:

  • Pendidikan minimal S1 Akuntansi dengan pengalaman 5-7 tahun di perusahaan pertambangan atau minyak, atau Administrasi Bisnis atau Keuangan dengan pengalaman relevan 4 tahun.
  • Sangat baik dalam bahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan.
  • Memiliki keterampilan komputer.
  • Memiliki motivasi diri dan kreatif.
  • Memiliki keterampilan presentasi dan komunikasi.

[Baca Juga: 5 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Dilirik HRD, Pasti Diterima!]

 

Posisi yang Dibuka

Melansir dari situs resmi perusahaan, lowongan kerja ini tersedia hanya untuk posisi Senior Accountant Surface Mine.

 

Cara Apply

Untuk pendaftarannya, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Scroll ke bawah dan pilih lowongan Senior Accountant Surface Mine.
  • Klik ‘Apply’. Lalu, klik ‘Apply for Position’.
  • Isi data diri dan unggah dokumen seperti CV, Ijazah, dan KTP.
  • Kemudian klik ‘Apply’.
  • Tunggu pemberitahuan lewat kontak yang telah kamu lampirkan sebelumnya (Nomor HP/ Alamat Email).

 

Batas Waktu Apply

Lowongan kerja ini dibuka hingga 04 Februari 2024 mendatang untuk penempatan di Tembagapura, Papua.

 

Informasi Lowongan BPJS Kesehatan

Berikutnya, BPJS Kesehatan juga telah membuka rekrutmen pegawai untuk periode 2024. Pengumuman pembukaan rekrutmen pegawai tersebut sudah muncul dalam akun Instagram @bpjskesehatan_ri.

Sobat Finansialku yang tertarik mendaftar di BPJS Kesehatan, berikut adalah informasi selengkapnya mengenai persyaratan, posisi, cara daftar, hingga periode pendaftarannya. Simak, yuk!

 

Syarat Lowongan Kerja

Mengutip dari laman BPJS Kesehatan, berikut adalah kualifikasi serta syarat yang harus kamu penuhi untuk melamar sebagai pegawai BPJS Kesehatan dengan status karyawan kontrak.

Kualifikasi:

  • Bersedia bekerja secara penuh waktu (full time).
  • Usia maksimal 25 tahun.
  • Belum menikah.
  • Pendidikan minimal D3 semua jurusan.
  • IPK minimal 2,75 skala 4,00.
  • Akreditasi Perguruan Tinggi minimal B/Baik.
  • Bersedia ditempatkan di wilayah kerja Kantor Cabang BPJS Kesehatan, termasuk Kantor Kabupaten/Kota. Detail lokasi Kantor Cabang penempatan dapat kamu lihat pada halaman pendaftaran.

 

Catatan: Daftar Kantor Pusat, Kedeputian Wilayah, Kantor Cabang, dan Kantor Kabupaten/Kota BPJS Kesehatan dapat kamu lihat melalui tautan https://bit.ly/SatuanKerjaBPJSKesehatan.

 

Dokumen Pendaftaran:

  • CV
  • KTP
  • Bukti Akreditasi Perguruan Tinggi
  • Ijazah Pendidikan Terakhir
  • SKCK
  • Screenshot foto selfie di fasilitas kesehatan (faskes) yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.
  • Lalu, unggah di Feed Instagram dengan caption bertema “Transformasi Mutu Layanan” yang menceritakan pengalaman mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan yang mudah, cepat, dan setara. Kemudian kamu akhiri dengan tagar #MakinMudah #MakinCepat #SemuaSetara dan wajib melakukan tag + follow akun resmi @bpjskesehatan_ri. (Pastikan akun Instagram tidak terkunci).

 

Catatan: Dokumen pendaftaran harap di-scan dalam bentuk .pdf yang kamu simpan dalam cloud (Google Drive/Dropbox/dsb).

Lampirkan juga link cloud tersebut pada kolom yang tersedia saat mengisi formulir pendaftaran. Pastikan link cloud yang kamu lampirkan tidak terkunci dan dapat siapa pun akses melalui link tersebut.

 

Posisi yang Dibuka

Lowongan pegawai BPJS Kesehatan periode tahun 2024 tersedia untuk posisi staf. Berdasarkan deskripsi pekerjaan, BPJS Kesehatan membutuhkan pegawai untuk kegiatan administratif dan aktivitas pendukung terkait program kerja sesuai fungsinya.

Pekerjaan posisi staf di BPJS Kesehatan periode 2024 ini bersifat Work From Office (WFO). Artinya, pegawai tersebut harus bekerja dari kantor. Namun demikian, penempatan kantor akan mengikuti kebijakan BPJS Kesehatan.

Saat ini, BPJS Kesehatan memiliki 1 kantor pusat. Sementara itu, ada 12 kantor kedeputian wilayah. Adapun kantor cabang berjumlah 126 dan kantor Kabupaten/Kota berjumlah 389. Semua kantor tersebut tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Pelamar yang resmi lulus sebagai pegawai BPJS Kesehatan bisa ditempatkan di kantor sesuai pilihan. Namun, pelamar juga bisa mendapatkan kantor yang terdekat dengan domisili, asal sesuai kebutuhan BPJS Kesehatan dan aspirasi pelamar.

 

Cara Apply

Setelah menyiapkan sejumlah persyaratannya, Sobat Finansialku bisa mengikuti tata cara mendaftar rekrutmen pegawai BPJS Kesehatan 2024 sebagai berikut:

  • Klik ‘Apply Now!’ berwarna biru di tengah-tengah artikel penjelasan.
  • Masih di laman yang sama, scroll ke bawah dan temukan menu ‘Lowongan Pegawai BPJS Kesehatan Periode Tahun 2024’. Klik tulisan ‘Karyawan Kontrak’ yang berwarna biru.
  • Setelah klik, kamu akan membuka halaman yang memuat informasi tentang deskripsi pekerjaan dan persyaratan yang harus kamu penuhi untuk melamar pekerjaan tersebut. Tersedia pula tautan berisi daftar kantor BPJS.
  • Bila sudah membaca seluruh informasi, klik menu ‘Apply’ yang berwarna biru. Menu tersebut terletak di bawah setelah penjelasan informasi.
  • Selanjutnya, login di ‘Talentics’. Jika sudah punya kaun, login dengan email dan password. Bagi yang belum memiliki akun, silakan buat akun dengan Privy, Google, atau LinkedIn.
  • Apabila sudah berhasil masuk, kamu wajib mengisi data diri di formulir online yang tersedia. Terdapat pula kolom unggah CV dan link cloud (Google Drive/Dropbox) berisi Dokumen Pendaftaran dalam bentuk .pdf.
  • Pengisian formulir online merupakan bagian dari pendaftaran. Ikuti setiap tahapan ini hingga selesai.

 

Batas Waktu Apply

Batas waktu pendaftaran BPJS Kesehatan periode 2024 adalah 28 Februari 2024. BPJS Kesehatan menyebut kandidat yang sesuai dengan kualifikasi akan dihubungi sewaktu-waktu oleh panitia rekrutmen.

Seluruh proses rekrutmen pegawai BPJS Kesehatan 2024 tidak ada pungutan biaya alias gratis. Karena itu, BPJS Kesehatan mewanti-wanti terhadap setiap penipuan yang meminta biaya, seperti biaya tiket, dan akomodasi ke lokasi seleksi.

Setelah kamu apply, kamu bisa tetap produktif mendapatkan keuntungan sambil menunggu batas waktu apply. Salah satu caranya kamu bisa tonton video ini dan mencobanya.

 

 

Informasi Lowongan Peruri

Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia atau Perum Peruri juga sedang membuka lowongan kerja besar-besaran tahun 2024.

Melansir dari laman resminya, lowongan kerja Peruri 2024 ini untuk lulusan Sarjana (S1) berpengalaman dalam bidang IT.

Sebagai informasi, Perum Peruri merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bertugas untuk mencetak uang rupiah bagi Republik Indonesia. Peruri telah memulai perjalanan transformasinya ke dalam bisnis digital sebagai Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE) dengan status Berinduk ke Kementerian Kominfo.

Sejak 2019, Peruri telah meluncurkan 3 lini produk digitalnya, yaitu Peruri Sign, Peruri Code, dan Peruri Trust. Lini produk ini sebagai solusi untuk menjaminkan keaslian produk/dokumen elektronik juga identitas penggunanya.

Pada 2021, Peruri mendapatkan kepercayaan dari pemerintah untuk membuat dan mendistribusikan meterai elektronik sebagai bentuk transformasi digital pemerintah di bidang perpajakan bea meterai.

Selanjutnya, Peruri kembali mendapatkan kepercayaan untuk menjalankan penugasan yang lebih besar sebagai GovTech Indonesia. Ini berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2023 tentang Percepatan Transformasi Digital dan Keterpaduan Layanan Digital Nasional.

Untuk itu, BUMN Peruri sedang membuka lowongan kerja untuk talenta-talenta yang akan menjadi bagian dari GovTech Indonesia.

Adapun pendaftaran Peruri 2024 ini dilakukan secara online melalui https://www.peruri.co.id/karir sampai tanggal 05 Februari 2024.

Nantinya, pelamar harus membuat akun terlebih dahulu dan mengisi formulir pendaftaran serta mengunggah dokumen persyaratannya.

Berikut informasi selengkapnya terkait berbagai posisi dan syarat lowongan kerja BUMN Peruri 2024 yang perlu kamu ketahui:

 

#1 Program Manager

Persyaratan:

  • Memiliki gelar Sarjana di bidang Ilmu Komputer, Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Teknik Komputer, atau bidang terkait sering kali lebih disukai.
  • Pengalaman kerja minimal 10 tahun sebagai Manajer Program di bidang IT atau peran serupa.
  • Memiliki sertifikasi Project Management Professional (PMP) atau setara.

 

#2 Project Manager

Persyaratan:

  • Memiliki gelar Sarjana di bidang Ilmu Komputer, Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Teknik Komputer, atau bidang terkait sering kali lebih disukai.
  • Pengalaman kerja minimal 5 tahun sebagai Project Manager atau Scrum Master, memfasilitasi tim Agile/Scrum.
  • Certified Scrum Master (CSM) atau sertifikasi Agile serupa.

 

#3 Enterprise Architect

Persyaratan:

  • Memiliki gelar Sarjana di bidang Ilmu Komputer, Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Teknik Komputer, atau bidang terkait.
  • Pengalaman kerja minimal 5 tahun sebagai Enterprise Architect atau peran serupa.

[Baca Juga: 10 Daerah Penghasil Emas Terbesar di Indonesia, Luar Biasa!]

 

#4 Software Architect

Persyaratan:

  • Gelar Sarjana di bidang Ilmu Komputer, Teknologi Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Informasi, Teknik Komputer, atau bidang terkait.
  • Pengalaman kerja minimal 5 tahun sebagai Software Architect atau peran serupa.

 

#5 Security Architect

Persyaratan:

  • Gelar Sarjana atau Magister Keamanan Siber, Keamanan Informasi, Ilmu Komputer, Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknik Komputer, atau bidang terkait.
  • Pengalaman kerja minimal 5 tahun sebagai Arsitek Keamanan atau peran serupa.
  • Sertifikasi keamanan siber yang relevan (misalnya, CISSP, CISM, Certified Ethical Hacker).
Ilustrasi Melamar Pekerjaan

Ilustrasi Melamar Pekerjaan. Sumber: Freepik/Ijeab

 

#6 Data Architect

Persyaratan:

  • Gelar Sarjana di bidang Ilmu Komputer, Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknik Komputer, atau bidang terkait.
  • Pengalaman kerja minimal 5 tahun sebagai Arsitek Data termasuk peran Kepemimpinan atau peran serupa.
  • Sertifikasi yang relevan (misalnya, Certified Data Management Professional, AWS Certified Big Data – Speciality) merupakan nilai tambah.

 

#7 Infrastructure Architect

Persyaratan:

  • Gelar Sarjana di bidang Ilmu Komputer, Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknik Komputer, Teknik Elektro, atau bidang terkait.
  • Pengalaman kerja minimal 5 tahun sebagai Arsitek Infrastruktur atau peran serupa.

 

#8 Network Architect

Persyaratan:

  • Gelar Sarjana di bidang Ilmu Komputer, Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknik Komputer, Teknik Jaringan, atau bidang terkait.
  • Pengalaman kerja minimal 5 tahun sebagai Arsitek Jaringan atau peran serupa.
  • Sertifikasi yang relevan (misalnya, Cisco Certified Design Professional, Juniper Networks Certified Design Associate) merupakan nilai tambah.
  • Pemahaman yang kuat tentang konsep jaringan, protokol, dan teknologi.
  • Keahlian dalam mengonfigurasi dan mengelola router, switch, firewall, dan perangkat keras jaringan lainnya.
  • Pengetahuan mendalam tentang praktik terbaik keamanan dan persyaratan kepatuhan.
  • Familiar dengan teknologi dan standar jaringan nirkabel.
  • Mahir dalam pemantauan jaringan dan alat optimasi.

 

#9 Cloud Architect

Persyaratan:

  • Gelar Sarjana di bidang Ilmu Komputer, Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknik Komputer, atau bidang terkait.
  • Pengalaman kerja minimal 5 tahun sebagai Cloud Architect atau peran serupa.

[Baca Juga: 15 Contoh CV Lamaran Kerja yang Menarik Bagi HRD!]

 

#10 Lead UX Designer

Persyaratan:

  • Gelar Sarjana di bidang yang relevan seperti Interaksi Manusia-Komputer (HCI), Desain Interaksi, Desain Grafis, atau bidang terkait.
  • Pengalaman kerja minimal 5 tahun dalam pengalaman profesional dalam desain UX/UI.
  • Kemahiran dengan alat desain seperti Sketch, Adobe XD, Figma, atau sejenisnya.
  • Portofolio yang kuat dan beragam menampilkan berbagai proyek desain UX.
  • Pengalaman sebelumnya dalam kepemimpinan atau peran senior dalam tim desain UX/UI.

 

#11 Policy & Transformation Specialist

Persyaratan:

  • Gelar Sarjana di bidang Administrasi Bisnis, Kebijakan Publik, atau bidang terkait.
  • Pengalaman kerja minimal 5 tahun dalam pengembangan kebijakan, implementasi dan pemantauan kepatuhan.
  • Bersertifikat terkait kebijakan dan transformasi menjadi nilai tambah seperti Certified Change Management Professional (CCMP), Certified Public Policy Analyst (CPPA), Sertifikasi Lean Six Sigma (Green Belt, Black Belt, Master Black Belt), atau sejenisnya.
  • Keterampilan manajemen proyek yang kuat dengan rekam jejak keberhasilan memimpin inisiatif transformasi.
  • Pola pikir analitis dengan kemampuan menafsirkan data dan membuat rekomendasi berdasarkan data.
  • Familiar dengan prinsip dan metodologi manajemen perubahan.

 

#12 Business Analyst

Persyaratan:

  • Gelar Sarjana di bidang Ilmu Komputer, Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknik Komputer, Manajemen Bisnis, atau bidang terkait.
  • Pengalaman kerja minimal 5 tahun dalam membuat, mengembangkan, dan merekomendasikan rencana dokumentasi dan spesifikasi perangkat lunak.

 

#13 Associate Business Analyst

Persyaratan:

  • Gelar Sarjana di bidang Bisnis, Pemasaran, Komunikasi, Psikologi, atau bidang terkait.
  • Pengalaman kerja minimal 5 tahun di bidang layanan pelanggan, hubungan pelanggan, atau bidang terkait (sebagai QA/ Pemimpin Tim, UKM/ Agen Senior/ dll).
  • Tersertifikasi terkait pengalaman pelanggan menjadi nilai plus seperti Customer Experience Professional (CCXP), Certified Customer Service Professional (CSSP), atau Certified Customer Experience Professional (CCEP).
  • Familier dengan alat manajemen pengalaman pelanggan, sistem CRM, dan teknologi relevan lainnya.
  • Keterampilan komunikasi tertulis dan verbal yang kuat untuk berinteraksi dengan anggota tim, manajemen tingkat atas, dan pelanggan secara efektif.
  • Kemampuan untuk mengidentifikasi masalah, memecahkan masalah, dan menerapkan solusi efektif untuk meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan.
  • Keterampilan kepemimpinan yang terbukti untuk membimbing dan memotivasi tim untuk mencapai tujuan pengalaman pelanggan.

 

Sudah Menyiapkan Berkas Persyaratannya?

Demikian informasi selengkapnya mengenai rekrutmen PT Freeport Indonesia, Perum Peruri, hingga BPJS Kesehatan, khusus buat kamu yang ingin kerja.

Jangan sampai kamu melewatkan momen rekrutmen besar-besaran ini dan segera melamar sesuai kompetensi dan keahlian kamu, ya!

Nah, buat kamu yang membutuhkan advice terkait cara mengatur keuangan, Perencana Keuangan Finansialku siap membantu kamu agar tujuan keuangan dapat terwujud.

Segera konsultasikan bersama Perencana Keuangan Finansialku dengan menghubungi melalui WhatsApp di nomor 0851 5866 2940. Manfaatkan juga promo free konsultasi 20 menit (seharga Rp250.000) dengan klik banner ini!

Free FCU

 

Disclaimer: Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi.

Finansialku bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

 

Apakah Sobat Finansialku sudah menyiapkan berkas persyaratan untuk mengikuti rekrutmen beberapa perusahaan di atas? Coba bagikan pendapat kamu di kolom komentar.

Share juga artikel ini ke media sosial agar orang lain dapat mengetahui informasi terkait pendaftaran PT Freeport Indonesia, Peruri, dan BPJS Kesehatan. Semoga bermanfaat!

 

Editor: Ratna Sri H.

Sumber Referensi:

  • Ahmad Yasin. 01 Januari 2024. Rekrutmen Pegawai BPJS Kesehatan 2024: Cara Daftar dan Syarat. Tirto.id – https://shorturl.at/xIQ36
  • Nur Jamal Shaid. 31 Januari 2024. Peruri Buka Lowongan Kerja hingga 5 Februari 2024, Simak Posisi dan Syaratnya. Kompas.com – https://shorturl.at/lzKMP
  • Gilang Romadhan. 31 Januari 2024. Lowongan Kerja PT Freeport Buka hingga 4 Februari 2024, Begini Syarat dan Cara Daftarnya. Kompas.tv – https://shorturl.at/orJQ4

 

Sumber Gambar:

  • Cover – Freepik/Ijeab