Belum lama ini viral sebuah cuitan alumni UI yang tolak gaji 8 juta, memangnya berapa sih gaji fresh graduate terbaru?

Viralnya cuitan ini memang cukup menghebohkan dunia maya, hingga memancing banyak pendapat dari berbagai pihak. Penasaran?

Yuk simak ulasannya disini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Viral Tolak Gaji 8 Juta, Bagaimana Menurut Anda?

Belum lama ini dunia maya dihebohkan oleh sebuah cuitan di media sosial mengenai bagaimana seorang fresh graduate lulusan Universitas Indonesia (UI) menolak gaji sebesar 8 juta rupiah.

Dalam postingan tersebut, fresh graduate itu melontarkan kekecewaan karena dapat tawaran gaji Rp8 juta. Berikut cuitan lengkapnya:

“Jadi tadi gue diundang interview kerja perusahaan lokal dan nawarin gaji kisaran 8 juta doang. Hello meskipun gue fresh graduate gue lulusan UI, Pak. Universitas Indonesia. Jangan disamain sama fresh graduate dengan kampus lain dong ah. Level UI mah udah perusahan luar negeri. Kalau lokal mah oke aja, asal harga cocok.”

 

Cuitan ini lantas menarik pendapat dari berbagai pihak, hingga muncul tagar #gaji8juta yang per Kamis (25/7/2019) sore, menduduki posisi ketiga topik terpopuler di Indonesia.

Salah satu pihak yang berkomentar mengenai topik yang sedang ramai diperbincangkan ini adalah rektor Universitas Indonesia yang disebut-sebut dalam postingan tersebut.

Rektor Universitas Indonesia, Muhammad Anis mengungkapkan bahwa pernyataan salah satu alumni baru melalui media sosial yang menolak gaji 8 juta merupakan pilihan personal dan tidak menggambarkan sikap dari seluruh alumni Universitas Indonesia.

Intip Biaya Pendidikan Vokasi UI, Buat Rencana Keuangan Sekarang! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Para Fresh Graduate, Baca 9 Panduan Keuangan untuk Hidup Sukses]

 

Anis di Kampus UI, Depok, Rabu, 31 Juli 2019 mengungkapkan:

“Itu individu orang, tidak bisa digeneralisir.”

 

Saat ditanya mengenai standar gaji bagi lulusan baru Universitas Indonesia (UI), Anis menyebut tidak punya patokan besaran gaji minimal yang harus didapatkan.

“Kita serahkan pada pasar, itu individu orang saja.”

 

Kepala Carier Developement Center UI, Dr. Sandra Fikawati juga ikut memberikan pendapatnya mengenai hal ini, dimana menurutnya tidak terlalu berlebihan apabila seorang fresh graduate menolak gaji Rp8 juta.

Namun itu juga tergantung pada kualifikasi, kompetensi, bidang kerja, dan lokasi kerja yang hendak diambil fresh graduate itu sendiri.

“Biasanya mereka yang harus bekerja di remote area seperti di kilang minyak atau di pegunungan standar gajinya lebih tinggi dibanding yang di kantor dan di dalam kota.”

 

Sandra menjelaskan, lulusan UI memang dibekali pelatihan soft skill sebelum mencari pekerjaan. Dengan semua pelatihan tersebut, diharapkan mahasiswa memiliki bekal yang cukup saat memasuki dunia kerja, bukan hanya kemampuan di bidang ilmu yang dipelajari saat kuliah saja.

“Kami ajarkan pembuatan CV dan wawancara untuk mahasiswa, career talk dari berbagai perusahaan dan seminar alumni sebagai sharing pengalaman dan tips memasuki dunia kerja, dan program pemagangan.”

 

Ia juga menyarankan kepada fresh graduate UI untuk tak perlu memikirkan gaji terlebih dahulu apabila melamar pekerjaan.

“Jadi gaji sebenarnya bukan yang pertama kita ajarkan. Karena bisa saja nanti gajinya besar tapi pekerjaannya tidak sesuai dengan passion-nya atau kemampuannya, kan mending dia suka dengan pekerjaannya walau gajinya biasa saja.”

 

Bukan hanya pihak UI yang menyampaikan pendapatnya tentang topik viral tolak gaji Rp8 juta ini, banyak juga yang memberikan sindirannya soal hal sensitif tersebut.

Sebagai contohnya adalah artis-artis dan selebritis papan atas seperti Dian Sastrowardoyo, Feni Rose, hingga Melanie Subono yang sama-sama merupakan alumni UI.

Ini Gaji Fresh Graduate Terbaru 02 Dian Sastro - Finansialku

[Baca Juga: 10 Tips Cara Mengatur Keuangan Fresh Graduation, yang Seharusnya Kamu Lakukan]

 

Dian Sastrowardoyo, lulusan S1 Jurusan Filsafat Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya dan S2 Manajemen Keuangan Universitas Indonesia ini mengunggah postingan dengan komentar sebagai berikut:

“Jaman gua ngantor dulu gaji gue fresh graduate dibawah 8juta. 11 tahun lalu tapi asli gue bangga banget dan bersyukur diterima kerja di perusahaan konsultan multinasional. Tapi kesempatan belajar itu gak bisa divaluasi dengan uang. Dude jaman lagi susah, dapat kerjaan Alhamdulillah. People are getting laid off every day, gak ngaruh loe lulusan darimana. Gua juga #lulusanUI biasa aja kale.”

 

Dian pun menambahkan satu unggahan terakhir berbunyi:

“Woy lulusan ui, mana semangat juang loe, idup udah susah, prihatin, masa berjuang hidup dengan gaji segitu loe gak mau. Jangan bikin malu.”

 

Melanie Subono juga mengunggah sebuah postingan yang berbau sindiran namun tetap dengan nada bercanda berbunyi seperti ini:

“Dik minum ANGGUR gih skali kali ato piknik……… – Makasih Tuhan emak bapak saya kagak maksain gw sekolah di UI kalo keluar keluar otaknya dan bahasanya kek gini Kan dah gw bilang ….. sekolah tinggi, Duit banyak dll KAGAK JAMINAN hati ama mulut orang bener ……. – Mending sekolah setengah kek gw tapi masih punya akal dikit , mending gw #nguberanggur #anggurinajaah colek @bukuakik ”

 

Sedangkan Feni Rose memilih untuk berkomentar dalam postingan Melanie Subono tersebut dengan gayanya yang sedikit bercanda sebagai berikut:

“Gw sekolah UI…Gw pernah kerja kantoran.. Tp gw kok nggak tengil kayak gitu… (emoji tertawa) Itu UI jalur susah payah kali ya? Susah masuk susah keluar”

 

Ini Gaji Fresh Graduate Terbaru 03 Feni Rose - Finansialku

[Baca Juga: 10 Tips Sukses Wawancara Kerja atau Interview Kerja untuk Para Fresh Graduate]

 

Tidak hanya artis yang ikutan menyindir cuitan viral tersebut, Ditjen Pajak RI pun ikut meramaikan suasana dengan sindiran kocaknya berikut ini:

“Gaji 8 juta status jomblo, Sabtu-Minggu lembur tapi enggak dibayar, enggak punya program pensiun, begini hitung pajak penghasilannya.

 

Sang admin bahkan menambahkan satu aspek penghitungan PPh yang kocak, yakni Penghasilan Tidak Kena Pajak atau PTKP bagi jomblo, yang tentu saja tidak kawin dan tanpa tanggungan alias TK/0.

Berdasarkan penghitungan yang dibeberkan Ditjen Pajak, PPh 21 setahun untuk karyawan jomblo yang setiap bulan digaji Rp8 juta sebesar Rp1.860.000.

“Kerja sebagai karyawan jadi pajaknya dipotong perusahaan, tinggal minta bukti potong 1721 untuk lapor SPT tahunan.

 

Nah, bagaimana menurut Anda perihal fresh graduate yang menilak tawaran gaji Rp8 juta ini? Apakah menurut Anda ini merupakan sebuah keputusan yang gegabah, atau malah bijak?

Berikan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah ya!

 

Berapa Sih Gaji Fresh Graduate Terbaru?

Melihat viralnya cuitan tolak gaji Rp8 juta tersebut membuat banyak masyarakat yang penasaran, sebenarnya berapa sih standar gaji fresh graduate terbaru per tahun 2019 ini?

Badan Pusat Statistik (BPS) sempat merilis hasil survei soal rata-rata gaji bersih sebulan karyawan.  Survei itu disusun berdasarkan kategori kelompok umur dan jenis pekerjaan utama, bukan berdasarkan tingkat pendidikan karyawan.

BPS melakukan survei terkait gaji pada Agustus 2018. Namun, data ini sudah diperbaharui per Maret 2019 kemarin.

Ternyata, melalui survei BPS tersebut diperoleh hasil bahwa rata-rata gaji bersih karyawan di kelompok umur 20-24  tahun hanya Rp2.240.116 per bulan.  Asumsinya, di kelompok umur inilah fresh graduate seperti lulusan UI yang menolak gaji Rp8 juta sebulan itu berada.

Gaji paling tinggi bagi fresh graduate menurut survei BPS ada di jenis pekerjaan tenaga kepemimpinan dan ketatalaksanaan. 

Gaji bersih rata-rata di jenis pekerjaan tenaga kepemimpinan dan ketatalaksanaan ini adalah Rp3.327.742 per bulan. Selisihnya denga rata-rata gaji bersih kelompok umur 20-24 tahun sekitar Rp1,1 juta.

Sementara rata-rata gaji bersih terendah diterima oleh fresh graduate yang bekerja sebagai tenaga profesional, teknisi, dan yang sejenis. Gaji yang diterima fresh graduate di jenis pekerjaan ini sebesar Rp1.701.183 per bulan.

Quiz Ketahui Tipe Kepribadianmu Saat Menyimpan Uang Di Dompet 02 - Finansialku

[Baca Juga: Konsultasi: Bagaimana Cara Memulai Investasi Pertama Untuk Saya Fresh Graduate]

 

Melihat survei BPS di atas, tampaknya gaji 8 juta rupiah sudah jauh di atas rata-rata gaji bagi fresh graduate.

Meski tampaknya sang penulis cuitan mengasumsikan lulusan UI memiliki kualitas yang lebih tinggi sehingga pantas diberikan gaji yang lebih tinggi.

Lagi-lagi, bagaimana menurut Anda?

Jika Anda juga merasa gaji saat ini kurang, Finansialku mengajak Anda untuk mencari solusinya daripada hanya menyampaikan cuitan di dunia maya. Yuk kita cek seperti apa solusi tersebut.

 

Gaji Kurang, Saya Harus Bagaimana?

Bagi sebagian orang gaji di atas mungkin sangat menarik. Namun tidak jarang gaji habis di tengah bulan dan Anda kelabakan mengelola keuangan. Jadi harus bagaimana?

Finansialku telah merangkum beberapa tips yang bisa Anda aplikasikan langsung untuk mengatur keuangan sebagai fresh graduate yang gajinya masih kurang berikut ini:

 

#1 Fokus Pada Pekerjaan Anda Sekarang, Jangan Mencabang

Sebagai fresh graduate, jangan berpikir bahwa Anda perlu mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus untuk memperoleh uang lebih.

Fokus dengan satu pekerjaan dan lakukan yang terbaik untuk meningkatkan spesialisasi dan memperoleh kenaikan upah.

Meskipun tujuannya untuk mempersiapkan masa depan dengan baik, Anda harus bisa membagi waktunya dengan adil agar pekerjaan dan kehidupan bisa berjalan bersamaan.

Dalam tahap inilah Anda harusnya banyak-banyak bergaul untuk memperluas network dan memperbaiki diri.

Tips Menyelesaikan Pekerjaan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Siapa yang Ingin Kerja di Luar Negeri? 9 Hal Terpenting Ini Harus Anda Siapkan!]

 

#2 Tambah Pengetahuan, Pengalaman, dan Network

Seperti yang telah diungkapkan oleh Robert T. Kiyosaki, kini saatnya bekerja untuk menambah pengetahuan, pengalaman, dan network.

Bekerja keras demi uang hanya akan menghasilkan sesaat, dan akan Anda sesali di kemudian hari.

Justru sebaiknya Anda bekerja dengan cerdas untuk mencari ilmu, pengalaman, dan jaringan saat ini sehingga Anda memiliki bekal yang cukup untuk ke depannya.

Yakinlah bahwa bekal tersebut akan memberikan Anda lebih banyak dibandingkan hanya bekerja membanting tulang di saat ini.

 

#3 Mulai Mencatat Pengeluaran #LangsungCatat

Langkah lainnya adalah dengan selalu mencatat pengeluaran dan pemasukan.

Hanya dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran, Anda bisa membuat anggaran.

Anda kemudian bisa melakukan review dan evaluasi setiap bulannya demi keuangan yang lebih baik lagi.

Untuk lebih jelasnya, Finansialku sudah merangkum mengenai manfaat mencatat pengeluaran.

 

#4 Mulai Membuat Anggaran Bulanan

Seperti telah diungkapkan sebelumnya, membuat anggaran akan membantu Anda membatasi diri dan mengontrol pengeluaran bulanan.

Hasilnya? Anda bisa mengatur pengeluaran sebatas kemampuan Anda dan menghindari berutang.

Percayalah, utang adalah hal yang paling ingin dihindari oleh semua orang, termasuk bagi fresh graduate.

 

#5 Mulai Membuat Rencana Keuangan #MakeAPlan

Setelah bekerja dan memperbaiki kondisi keuangan saat ini, kini saatnya membuat perencanaan untuk ke depannya.

Dengan merencanakan keuangan dan membuat tujuan, Anda akan termotivasi untuk melakukan lebih baik lagi.

Jangan Galau Lagi! Tips Keuangan Freelance Milenial Khusus Buat Kamu! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Membuat Profil LinkedIn Tampak Profesional dan Dilirik Para Pencari Kerja untuk Karyawan dan Fresh Graduate]

 

Jika Anda masih fresh graduate dan bingung harus mulai merencanakan keuangan dari mana, jangan khawatir. Perencana keuangan Finansialku siap membantu Anda.

Dengan berbagai fakta keuangan, perencana keuangan Finansialku akan merangkum kemungkinan terbaik Anda dalam merencanakan masa depan keuangan Anda.

Jadi, tunggu apa lagi, langsung hubungi perencana keuangan Finansialku melalui fitur/menu Tanya Jawab pada Aplikasi Finansialku.

 

Jika Anda ingin mendapatkan online course mengenai perencanaan keuangan, Anda bisa upgrade aplikasi Finansialku menjadi akun premium.

Gunakan saja kode voucher POTONG50RIBU untuk mendapatkan potongan harga Rp50.000. Jadi, Anda hanya membayar Rp300.000 per tahun atau Rp850 per hari.

Dengan adanya Aplikasi Finansialku di smartphone Anda, maka Anda akan mendapatkan manfaat, keuntungan dan solusi keuangan! Dijamin!!!

 

Kesimpulan

Melihat banyaknya pendapat berseliweran mengenai fresh graduate UI yang menolak gaji Rp8 juta tersebut, tentunya dapat disimpulkan bahwa gaji memang satu hal yang pantas dipertimbangkan saat mencari kerja.

Tetapi melihat hasil survei BPS, nilai tersebut ternyata sudah cukup besar loh untuk rata-rata gaji fresh graduate.

Ditambah Anda tidak boleh lupa, bahwa uang bukanlah segalanya. Saat ini, Anda justru harus membekali diri untuk menambah pengetahuan, pengalaman, dan network.

Jadi, apakah Anda setuju atau tidak dengan cuitan viral tersebut? Yuk berikan pendapat Anda!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai heboh tolak gaji Rp8 juta lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

 

Sumber Referensi:

  • Serambinews. VIRAL Lulusan UI Tolak Gaji 8 Juta, Pihak Kampus UI Angkat Bicara hingga Artis Ikut Nyinyir. Tribunnews.com – https://bit.ly/2YGXogP
  • Admin. 25 Juli 2019. Komentar Pedas Feni Rose dan Dian Sastro Soal Viral Lulusan UI Tolak Gaji 8 Juta: Bikin Malu! Tribunnewswiki.com – https://bit.ly/2YGUzIL
  • Reza Gunadha, Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana. 25 Juli 2019. Viral Lulusan UI Protes Gaji Rp 8 Juta, Ditjen Pajak Beri Sindiran Kocak. Suara.com – https://bit.ly/2KmI14b
  • Cynthia Lova. Viral Fresh Graduate Tolak Gaji Rp 8 juta, Ini Besar Gaji Alumni UI. Kompas.com – https://bit.ly/3105mPw
  • Admin. Viral Tolak Gaji Rp 8 Juta, Ini Gaji Fresh Graduate Versi BPS. Kompas.com – https://bit.ly/2YD8F1D

 

Sumber Gambar:

  • Gaji Fresh Graduate Terbaru – https://bit.ly/2YKhfvy
  • Dian Sastrowardoyo – https://bit.ly/2MB39pR
  • Feni Rose – https://bit.ly/2T5OOmH